Ini Alasan Mengapa Varian dan Subvarian Virus Corona Terus Bermunculan

Ini Alasan Mengapa Varian dan Subvarian Virus Corona Terus Bermunculan

font size A Ǎ

Sejak dinyatakan sebagai pandemi pada akhir tahun 2019 silam, berbagai varian virus corona terus bermunculan. Mulai dari Alpha, Beta, Delta – yang menjadi menyebabkan banyak korban meninggal dunia, hingga Omicron yang menular lebih cepat.

Belum lama, kembali subvarian Omicron terbaru, yaitu BA.4 dan BA.5 yang diprediksi bisa membuat lonjakan kasus Covid-19 pada pertengahan Juli mendatang. Lantas, mengapa Covid-19 terus bermunculan?

Berikut penjelasannya.

 

 

Mengapa Varian Virus Terus Bermunculan?

Ini Alasan Mengapa Varian dan Subvarian Virus Corona Terus Bermunculan

Credit Image - alodokter.com

Berdasarkan penjelasan dari dokter Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso Adria Rusli mengatakan varian tersebut muncul, karena sifat virus yang memiliki keinginan untuk bertahan hidup. Sejumlah virus ini mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan terutama dengan manusia sebagai inangnya.

Perlu diketahui, virus terus bermutasi lantaran kebutuhannya sebagai makhluk hidup. Jadi, mutasi ini biasa, karena hal tersebut merupakan sifat alami dari makhluk hidup. Manusia memang memberi pengaruh paling besar berkaitan dengan kemunculan varian-varian baru dari Covid-19. Sifat virus yang tidak bisa hidup tanpa inang ini akan terus menyesuaikan diri sesuai kondisi dari manusia yang dihinggapi.

Jika manusia hidup “seenaknya”, seperti tidak mendapat dosis vaksin – atau minum obat yang tidak sesuai anjuran, maka antibodi yang terbentuk jadi tidak sempurna. Kondisi inilah yang membuat virus lebih mudah bermutasi di dalam tubuh.

Selain itu, vaksinasi yang dilakukan juga memengaruhi kemunculan subvarian baru ini, meski secara tidak langsung. Bukan membuat varian baru muncul, namun vaksinasi membuat virus yang berkembang semakin lemah.

 

Peran Masyarakat dalam Menghindari Omicron BA.4 dan BA.5

Ini Alasan Mengapa Varian dan Subvarian Virus Corona Terus Bermunculan

Credit Image - suarasurabaya.net

Mengantisipasi BA.4 dan BA.5, Prof. Wiku mengatakan bahwa penyebarannya bisa ditekan dengan menerapkan protokol kesehatan serta pola hidup bersih dan sehat. Untuk mengingatkan masyarakat, prokes terhadap Covid-19 meliputi:

  • Menggunakan masker berlapis ganda.
  • Menjaga jarak di kerumunan 1,8 sampai 2 meter.
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun maksimal 20 detik.
  • Tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan penting atau tidak fit.
  • Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Diharapkan bahwa masyarakat Indonesia belajar dari menghadapi varian Covid-19 dari gelombang sebelumnya dan terus memperketat prokes di tengah maraknya BA.4 dan BA.5. Mulai terlihat kendur, prokes harus diterapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Langkah Penting Menghindari Virus

Ini Alasan Mengapa Varian dan Subvarian Virus Corona Terus Bermunculan

Credit Image - kompas.com

Langkah paling efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan beragam mutasi virus, termasuk Omicron – dan turunannya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan berupa menjaga jarak, memakai masker, rutin mencuci tangan, hingga membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi dan menghindari tempat yang ramai.

Selain itu, mendapatkan vaksinasi secara lengkap sekaligus booster juga tak kalah pentingnya. Nantinya, setelah vaksin, kamu juga masih disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

Menjaga kekebalan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah alasan mengapa varian dan subvarian virus corona terus bermunculan. Untuk menghindari risiko penularannya, terus lakukan langkah pencegahan – dan jaga kesehatan tubuh.

 

 

Featured Image – japantimes.co.jp

Source – cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!