6 Sayuran Untuk Bantu Kuatkan Imun Tubuh, Kamu Sudah Rutin Konsumsinya?

6 Sayuran Untuk Bantu Kuatkan Imun Tubuh, Kamu Sudah Rutin Konsumsinya?

font size A Ǎ

Secara sederhana, sistem imun adalah fungsi tubuh yang berperan untuk melawan penyakit. Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme – atau kuman yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Jika imunitas tubuh dalam kondisi lemah, akhirnya tubuh pun akan lebih mudah terserang penyakit. Untuk itu, agar kekebalan semakin kuat, kamu harus menjaganya dengan baik. Salah satu cara mudahnya, yaitu dengan mengonsumsi makanan tertentu, terutama sayuran.

Berikut ini 6 jenis sayuran yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

 

 

Paprika Merah

6 Sayuran Untuk Bantu Kuatkan Imun Tubuh, Kamu Sudah Rutin Konsumsinya?

Credit Image - healthline.com

Jika di buah-buah ada buah jeruk sebagai bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Di kubu sayuran, ada paprika sebagai bahan makanan yang menyediakan banyak vitamin C.

Melansir Health Line, jika dibandingkan dengan berat bahan yang sama, paprika merah bahkan mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk florida. Satu ons paprika merah bisa mengandung 127 mg vitamin C. Kandungan vitamin C ini telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga bisa berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Selain banyak mengandung vitamin C, paprika merah termasuk makanan sumber senyawa beta karoten yang baik. Di dalam tubuh, beta karoten dari paprika ini dapat diubah menjadi vitamin A, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mata.
 

Brokoli

Selanjutnya, sayur brokoli juga dianjurkan dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, brokoli juga kaya akan serat dan banyak zat antioksidan lainnya, sehingga sangat berguna untuk menunjang kekebalan tubuh.

Perlu diingat, kunci untuk mempertahankan kandungan nutrisi brokoli ini adalah dengan mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk menjaga lebih banyak nutrisi dalam makanan. Kamu bahkan bisa mengonsumsi brokoli hanya dengan membersihkannya terlebih dahulu.



Bawang Putih

6 Sayuran Untuk Bantu Kuatkan Imun Tubuh, Kamu Sudah Rutin Konsumsinya?

Credit Image - recipemarker.com

Bawang putih adalah bahan makanan yang hampir tersedia di setiap masakan di dunia. Bawang putih nyatanya bukan hanya dapat meningkatkan cita rasa makanan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Peradaban awal mengakui kandungan senyawa dalam bawang putih dalam memerangi infeksi.

Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah, dan ada bukti yang menyatakan bahwa sayuran ini bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sedangkan sifat dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dari bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin di dalamnya.
 

Cabai

Hampir serupa dengan paprika, cabai adalah bahan makanan yang sanggup menyediakan banyak vitamin C. Vitamin C ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit.

Satu buah cabai hijau berukuran besar bisa mengandung 109 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan harian vitamin C hingga 121 persen. Sebagai perbandingan, satu buah cabai merah bisa menghasilkan 65 mg vitamin C atau mencukupi kebutuhan harian 72 persen.

Tak hanya mengandung vitamin C tinggi, cabai juga kaya akan capsaicin, senyawa yang bertanggung jawab atas rasanya yang panas. Capsaicin ini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Ada juga bukti bahwa sekitar satu sendok makan (10 gram) bubuk cabai merah dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak.

 

Sayur Kale

6 Sayuran Untuk Bantu Kuatkan Imun Tubuh, Kamu Sudah Rutin Konsumsinya?

Credit Image - alodokter.com

Secangkir kale mentah cincang bisa menyediakan 80 mg vitamin C atau sanggup memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 89 persen. Kandungan vitamin C ini telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  

Vitamin C Sayuran ini juga dapat memasok vitamin K dalam jumlah tinggi dan karotenoid lutein dan zeaxanthin. Sementara, satu cangkir kale matang bisa menyediakan 53 mg vitamin C atau memenuhi 59 kebutuhan harian.

 

Bayam

Melansir Medical News Today, bayam termasuk sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan penting, termasuk:

  • Flavonoid
  • Karotenoid
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Vitamin C dan vitamin E ini dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu biasa pada orang sehat. Sama seperti brokoli, konsumsi bayam paling sehat adalah dengan cara dimasak sesederhana mungkin sehingga bisa mempertahankan kandungan nutrisinya.



Optimalkan Kebutuhan Vitamin dengan Rutin Konsumsi Suplemen!

6 Sayuran Untuk Bantu Kuatkan Imun Tubuh, Kamu Sudah Rutin Konsumsinya?

Credit Image - americanbonehealth.org

Rutin mengonsumsi sayuran untuk menjaga kekebalan sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, kamu juga disarankan rutin mengonsumsi suplemen – yang akan mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan vitamin harian.

Ingat, memenuhi sejumlah asupan vitamin dengan mengonsumsi sumber makanan saja belum tentu cukup, lho. Jadi, sangat disarankan rutin mengonsumsi suplemen, seperti Enervon-C dan Enervon Active, ya.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Mengonsumsi sayuran memang menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Pastikan kamu sudah rutin mendapatkan asupan makanan yang satu ini!

 



Featured Image – honestdocs.id

Source - kompas.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!