Ada Cara Efektif untuk Mencari Lowongan Kerja, Ini 5 di Antaranya!

Ada Cara Efektif untuk Mencari Lowongan Kerja, Ini 5 di Antaranya!

font size A Ǎ

Sering gagal dalam mendapatkan lowongan pekerjaan yang kamu inginkan? Mungkin, kamu masih kerap melewatkan beberapa hal tertentu. Untuk itu, ada berbagai tips mencari kerja yang efektif – dan penting untuk diterapkan.

Memang, mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah. Jika kamu masih belum mendapatkannya, jangan putus asa, ya. Kali ini Enervon bakal memberikan 5 tips mencari pekerjaan yang efektif, simak informasi lengkapnya sampai habis, ya!

 

 

Buat CV yang Menarik

Ada Cara Efektif untuk Mencari Lowongan Kerja, Ini 5 di Antaranya!

Credit Image - hot.liputan6.com

Cara pertama yang harus kamu lakukan saat mencari kerja agar efektif adalah membuat CV yang menarik. Menurut The Balance Careers, CV yang menarik adalah CV yang mencakup skills dan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar.

Artinya, kamu mungkin perlu membuat beberapa CV jika ingin melamar ke beberapa posisi yang berbeda. Tidak hanya menyesuaikan CV dengan posisi yang akan kamu lamar, kamu juga harus memastikan CV tersebut telah up-to-date.

Hal yang sama juga berlaku jika kamu memiliki portofolio. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperbarui CV dan portofoliomu secara berkala.

 

Cari Lowongan yang Sesuai Pekerjaan

Setelah membuat CV yang menarik dan up-to-date, cara yang efektif selanjutnya untuk mencari kerja adalah mencari lowongan kerja yang sesuai dengan skills dan pengalamanmu.

Selain itu, gunakan fitur search pada mesin pencari – atau platform lowongan kerja. Kamu hanya perlu mengetikkan posisi yang ingin kamu lamar, misalnya content writer. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur filter untuk mempersempit pencarianmu.

Misalnya, dengan memfilter hasil pencarian untuk menampilkan lowongan kerja yang ada di sekitarmu atau sesuai dengan lama pengalamanmu. Cara ini akan mempersempit pencarianmu dan membuatmu lebih mudah melamar lowongan kerja yang sesuai dengan skill, pengalaman, bahkan tempat tinggalmu.

 

Pastikan Nomormu Dapat Dihubungi

Ada Cara Efektif untuk Mencari Lowongan Kerja, Ini 5 di Antaranya!

Credit Image - thejakartapost.com

Ketika skills dan pengalamanmu sesuai dengan kriteria dari lowongan kerja yang kamu lamar, rekruter akan menghubungimu melalui beberapa cara. Ada rekruter yang akan menghubungimu melalui email, panggilan telepon, ataupun pesan WhatsApp.

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa rekruter dapat menghubungimu. Ini adalah cara yang efektif agar kamu segera mendapatkan panggilan interview ketika mencari kerja. Jadi, pastikan nomor telepon dan WhatsApp-mu selalu aktif. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengecek emailmu secara setiap hari agar tidak ada email dari rekruter yang terlewatkan.

 

Gunakan Koneksimu

Salah satu cara lain yang efektif untuk mencari kerja adalah dengan memanfaatkan koneksimu. Networking atau koneksi sampai sekarang masih menjadi salah satu cara kebanyakan orang menemukan pekerjaan. 

Untuk melakukan ini, kamu perlu menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang, baik secara online maupun offline. Jalinlah hubungan yang baik dengan semua orang yang kamu kenal.

Pasalnya, kamu tidak akan pernah tahu dari koneksi mana yang dapat membantumu mendapatkan pekerjaan. Koneksi itu juga mungkin menghubungkanmu dengan seseorang yang dapat membantumu mendapatkan pekerjaan.

Jika memungkinkan, jalinlah hubungan yang baik dengan para profesional yang ada di bidang karier yang kamu inginkan. Ini akan memudahkanmu untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat mengenai lowongan kerja sesuai dengan skill dan kemampuanmu.

 

Meningkatkan Kemampuan Selagi Menunggu Panggilan Wawancara

Ada Cara Efektif untuk Mencari Lowongan Kerja, Ini 5 di Antaranya!

Credit Image - glints.com

Meski telah melakukan berbagai cara mencari kerja yang efektif, proses ini tetap bisa memakan waktu, lho. Mulai dari menunggu panggilan untuk mengikuti rekrutmen, hingga menunggu hasil rekrutmen itu sendiri.

Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu menunggu ini untuk mempelajari skill baru yang mungkin akan bermanfaat untuk kariermu nantinya.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk meningkatkan skill yang telah dimiliki. Misalnya, kamu menemukan banyak lowongan kerja yang mensyaratkanmu memiliki pengetahuan mengenai software tertentu yang belum pernah kamu gunakan.

Ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mempelajari software tersebut. Atau, kamu juga bisa mengikuti kelas, seminar, workshop, membaca buku, atau bahkan bekerja dengan teman untuk mempelajari skill baru.

Nah, agar kegiatan mencari pekerjaan bisa berjalan dengan baik, pastikan pula kamu sudah memiliki asupan energi yang cukup. Jadi, kamu pun tetap merasa fokus dalam.

Memiliki energi yang cukup juga dapat mendukung produktivitas, jadi memperoleh masa depan yang sukses bukan lagi sekedar impian! Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Itulah deretan tips mencari pekerjaan yang efektif. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – rukita.co

Source - glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!