5 Manfaat Olahraga di Kantor, Bikin Tubuh Tetap Sehat!

5 Manfaat Olahraga di Kantor, Bikin Tubuh Tetap Sehat!

font size A Ǎ

Duduk terlalu lama sembari menatap layar komputer atau laptop memang merupakan rutinitas yang sering dilakukan para pekerja kantoran. Apakah kamu juga termasuk? Bahkan, terkadang karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya, kamu pun sering lupa melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga dan peregangan.

Olahraga di jam kerja terdengar sulit dilakukan, ya? Namun, jika tidak dilakukan, maka hal ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan sampai meningkatkan risiko mengalami gangguan otot, seperti sakit pada bagian tulang punggung dan nyeri di leher.

Nah, untuk menghindari risiko tersebut, kamu dianjurkan meluangkan waktu sejenak untuk melakukan olahraga kecil atau sekedar peregangan. Namun, sebenarnya, apa saja manfaat berolahraga ringan di sela-sela waktu kerja?

Berikut informasinya.

 

 

Membantu Tubuh Tetap Sehat – dan Menurunkan Risiko Obesitas

5 Manfaat Olahraga di Kantor, Bikin Tubuh Tetap Sehat!

Credit Image - liputan6.com

Ternyata bekerja di kantor dapat menyebabkan berat badan seseorang bisa naik lho. Hal ini disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan seseorang sebagai pekerja kantoran yang hanya sedikit melakukan gerakan sehingga metabolisme tubuh berjalan lebih lambat.

Ditambah lagi sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula yang cukup tinggi dan ngemil secara berlebihan bisa-bisa membuat tubuh seseorang mengalami kenaikan berat yang signifikan.

Agar tubuh tetap ideal dan terhindar dari obesitas, kamu bisa kok melakukan gerakan lari ringan di sekitar meja kerjamu selama beberapa menit. Hal ini akan mengurangi lemak yang menumpuk dan membuat tubuhmu tetap sehat.

 

Membuat Pikiran Lebih Rileks

Aktivitas di kantor sering dihadapkan oleh banyaknya tugas yang menumpuk, bertambahnya jam kerja, deadline tugas yang pendek, serta tekanan dari atasan, menyebabkan seseorang sering mengalami depresi saat bekerja.

Ada beberapa cara untuk meredakan stres akibat pekerjaan di kantor. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Walaupun berolahraga di kantor tidak memungkinkan, kamu bisa kok melakukan gerakan ringan di sekitar ruang kerjamu. Hanya dengan gerakan ringan, ternyata dapat membantu melepaskan hormon endorfin di dalam tubuh sehingga dapat mengubah mood  kamu menjadi lebih baik. 

 

Meregangkan Otot-otot yang Tegang

5 Manfaat Olahraga di Kantor, Bikin Tubuh Tetap Sehat!

Credit Image - cnnindonesia.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pekerjaan sebagai karyawan kantoran yang cenderung menetap di kursi sambil menatap layar komputer merupakan aktivitas sehari-hari yang cukup monoton. Bekerja di kantor hanya memerlukan sedikit gerakan sehingga hal ini akan menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan kaku.

Untuk mengatasinya, melakukan gerakan ringan di sekitar meja kerjamu seperti mengangkat bahu, memutarkan leher, dan mengayunkan tangan dapat mencegah kekakuan pada otot, lho. Cobalah melakukan gerakan ini ketika kamu merasa mengalami kekakuan pada area otot.

 

Membuatmu Lebih Semangat

Ketika kamu mengalami kelelahan saat bekerja di kantor, kamu akan merasa produktivitas kerjamu menurun. Hal ini disebabkan oleh aktivitas kamu yang monoton dan kurang bergerak sehingga suplai oksigen ke otak juga mengalami penurunan.

Nah, agar pekerjaanmu tidak terbengkalai karena kurangnya semangat, cobain dulu deh melakukan gerakan ringan seperti melakukan triceps stretch atau menyentuh tulang belikat dengan tangan yang ditekuk, gerakan memutar leher, dan menggoyangkan bahu. Dijamin kamu akan kembali bersemangat melanjutkan pekerjaanmu.

 

Menambah Energi dan Fokus

5 Manfaat Olahraga di Kantor, Bikin Tubuh Tetap Sehat!

Credit Image - sehatq.com

Ketika aktivitas bekerja di kantor begitu sibuk, membuat kamu lebih banyak menguras energi, sehingga tingkat kefokusan kamu terhadap tugas yang dikerjakan menjadi menurun.

Untuk mencegah hilangnya tingkat kefokusan dan konsentrasi, cobalah lakukan gerakan olahraga ringan selama beberapa menit. Kamu bisa melakukan push up dan sit up ringan di dekat meja kerjamu. Hal ini akan meningkatkan kembali energi yang terkuras dan meningkatkan kefokusan terhadap pekerjaan kamu.

Selain dengan melakukan olahraga ringan di kantor, kamu juga dianjurkan menerapkan gaya hidup sehat yang berperan untuk menjaga energi tubuh. Konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan penuhi kebutuhan vitamin serta mineral.

Kedua nutrisi tersebut, yaitu vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Rutin melakukan olahraga ringan di kantor dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Sudahkah kamu melakukan kegiatan yang satu ini?

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source - idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!