5 Jenis Vitamin untuk Kesehatan Otak yang Wajib Rutin Dikonsumsi

5 Jenis Vitamin untuk Kesehatan Otak yang Wajib Rutin Dikonsumsi

font size A Ǎ

Agar bisa berkembang – dan bisa berfungsi dengan baik, otak memerlukan berbagai nutrisi, terutama vitamin. Untuk itu, penting bagimu mengetahui berbagai jenis vitamin buat otak dan bagaimana cara memenuhinya.

Vitamin untuk otak bermanfaat bagi perkembangan, terlebih bagi anak-anak. Sekaligus menjaga fungsinya untuk orang dewasa. Tanpa asupan vitamin yang cukup, maka otak pun tidak bisa bekerja secara optimal.

Bagi orang dewasa, ada beberapa jenis vitamin yang diketahui bisa membantu meningkatkan daya ingat serta kemampuan kognitif. Selain itu, vitamin untuk otak ini juga dapat mengurangi risiko berkembangnya gangguan otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Berikut ini 5 jenis vitamin buat otak yang penting dikonsumsi.

 

 

1. Vitamin B1

5 Jenis Vitamin untuk Kesehatan Otak yang Wajib Rutin Dikonsumsi

Credit Image - limone.id

Kekurangan vitamin B1 atau tiamin dapat menyebabkan gangguan otak yang disebut Sindrom Wernicke-Korsakoff. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami kebingungan, amnesia atau hilang ingatan, sulit memahami informasi yang diterima, hingga gejala yang lebih berat, seperti gangguan koordinasi gerakan tubuh dan berhalusinasi.

Untuk mengurangi risiko gangguan otak tersebut, kamu bisa memperoleh asupan vitamin B1 dari kacang-kacangan, nasi, daging, ikan, makanan beragi – dan juga berbagai sereal yang difortifikasi vitamin B1.

 

2. Vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin, yaitu lapisan pelindung saraf otak. Vitamin ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, mencegah hilang ingatan, serta menjaga kestabilan suasana hati dan daya konsentrasi.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B12, kamu bisa mengonsumsi berbagai macam sumber makanan, seperti daging ayam, ikan, susu rendah lemak, keju, yoghurt, dan telur.

 

3. Vitamin B6

5 Jenis Vitamin untuk Kesehatan Otak yang Wajib Rutin Dikonsumsi

Credit Image - jovee.id

Vitamin yang banyak terkandung pada pisang, kentang, kacang, dan gandum utuh ini, berperan dalam menjaga agar otak dapat berfungsi dengan baik dan membantu perkembangan otak pada anak serta menjaga kesehatan otak bagi orang dewasa.

Tidak hanya itu, vitamin B6 juga berperan dalam proses produksi serotonin dan norepinephrine yang berfungsi untuk menjaga suasana hati dan membantu otak mengendalikan stres. Vitamin B6 juga berfungsi untuk menunjang produksi hormon melatonin yang berguna untuk mengatur jam tidur dan waktu istirahat tubuh.

 

4. Folat – atau Vitamin B9

Folat atau asam folat adalah nama lain vitamin B9. Meski masih dalam penelitian lebih lanjut, beberapa ahli meyakini bahwa asam folat dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat, sekaligus menurunkan risiko gangguan pada otak.

Folat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, hati sapi, telur, makanan laut, dan sayuran hijau, termasuk brokoli dan bayam. Jika dibutuhkan, suplemen asam folat juga bisa dikonsumsi untuk menambah asupan vitamin untuk otak yang satu ini.

 

5. Vitamin C

5 Jenis Vitamin untuk Kesehatan Otak yang Wajib Rutin Dikonsumsi

Credit Image - klikdokter.com

Vitamin C memiliki sifat antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas dan mencegah penyakit Alzheimer. Tidak hanya itu, vitamin C juga diduga dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan kognitif seseorang.

Makanan yang merupakan sumber vitamin C adalah buah dan sayuran, seperti pepaya, mangga, jeruk, jambu, brokoli, tomat, bayam, dan kentang.

Selain dari sumber makanan, vitamin C juga bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti suplemen dari Enervon.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Pastinya, kandungan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan fungsi otakmu, ya. Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks pada  Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Nah, untuk memperoleh produk Enervon yang tepat, kamu bisa segera kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Itulah deretan vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan otak. Pastikan kamu sudah rutin mengonsumsinya!

 

 

Featured Image – carevo.id

Source - alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!