Setiap orang dewasa pasti sudah memahami bahwa tugas anak- anak adalah bermain. Kegiatan ini sendiri memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Ketika ia sedang seru dengan kesibukannya, sangat disarankan untuk orangtua ikut bermain bersama anak.

Meskipun si kecil masih bisa bermain tanpa melibatkan orangtua, tetapi bermain bersama anak justru semakin bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang ditimbulkan jika anak bermain bersama orangtua. Ini dia ulasannya.

1. Membantu mengembangkan bakat anak

Credit: parenting.orami.co.id

Dalam masa pertumbuhan, yang dibutuhkan anak adalah mengembangkan bakat yang ada dalam dirinya. Hal ini tentu akan memerlukan dukungan dari orangtua. Kamu bisa membantu si kecil untuk mengembangkan bakatnya agar bisa diterapkan di kehidupan sehari- hari.

Misalnya, kamu bisa mengajak si kecil bermain dengan menyelipkan nilai- nilai kepemimpinan di lingkungan kecil atau ketangkasannya dalam membereskan peralatan yang berantakan. Proses ini membantu anak untuk memahami emosinya sendiri dan mengurangi stress dalam dirinya.

2. Sambil menjaga

Credit: klikdokter.com

Ini bukan berarti membatasi ruang gerak anak, tetapi kamu perlu mengawasi si kecil saat ia sedang bermain. Tanpa disadari, ada beberapa jenis mainan yang berbahaya untuknya. Tetapi, jangan sampai hal ini membuatmu berlebihan dalam menjaga si kecil dan membuatnya jadi tidak nyaman, ya.

3. Memahami anak

Credit: glitzmedia.co

Bermain bersama anak bisa membantu kamu untuk memahaminya lebih dekat lagi. Sambil bermain bersama, kamu bisa mengetahui jenis permainan apa yang disukai oleh si kecil. Menyenangkan bukan?

4. Sesuatu yang ‘spesial’

Credit: parenting.orami.co.id

Mungkin kamu sekarang berpikir bahwa sepertinya sama saja ketika orangtua atau saudaranya yang mengajak bermain si kecil. Tetapi hal ini salah. Ada sesuatu yang dimiliki orangtua yang tidak dimiliki orang lain, bahkan kakak atau adiknya sendiri.

Jika kamu bermain dengan si kecil, ini akan memberikan kontribusi lebih untuk membangun interaksi sosialnya. Hal inilah yang disebut dengan ‘sentuhan spesial’. Bahkan, anak pra sekolah yang bermain bersama orangtua cenderung memiliki sikap yang lebih sopan, dibandingkan dengan yang tidak.

5. Meningkatkan hormon Bahagia

Credit: tribunnews.com

Tanpa disadari, ketika anak bermain bersama orangtua, akan meningkatkan hormon oksitosin atau hormon Bahagia pada keduanya. Hormon Bahagia pada orangtua meningkat saat menyentuh dan tertawa bersama anak.

Jadi, setelah mengetahui manfaat dari bermain bersama anak. Jangan lupa untuk menyempatkan bermain bersama si kecil ya!

 

Featured Image - happyfamilies.com.au