Kenali Kompetensi Serta Pengaruhnya Dalam Dunia Kerja

Kenali Kompetensi Serta Pengaruhnya Dalam Dunia Kerja

Di dunia profesional, tak bisa dipungkiri, kompetensi adalah sesuatu hal yang perlu dimiliki oleh setiap pekerja. Pasalnya, hal ini akan membuat karirmu di tempat kerja berkembang dengan lebih cepat. Apakah kamu sudah memilikinya?

Nah, kompetensi adalah suatu hal yang juga mengindikasikan keberhasilan suatu organisasi juga tergantung pada kompetensi dan kemampuan yang dimiliki tenaga kerja karyawan. Untuk itu, kebanyakan rekruter dan HRD kini lebih mengutamakan kandidat yang mampu menunjukkan kompetensi, lho.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan kompetensi – dan apa saja manfaat yang ditawarkan bagi pekerja dan perusahaannya? Berikut informasi lengkapnya.

 

 

Apa itu Kompetensi?

Kenali Kompetensi Serta Pengaruhnya Dalam Dunia Kerja

Credit Image - linovhr.com

Sebelum membahas jenis dan cara meningkatkannya, pertama-tama kita perlu mengulas definisi dari kompetensi terlebih dahulu. Kompetensi adalah deskripsi keterampilan, atribut, atau perilaku yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu.

Hal ini digunakan rekruter untuk mendefinisikan dan mengukur efektivitas kandidat untuk suatu peran. Kompetensi biasanya disusun ke dalam kerangka kerja yang menyatukan sejumlah pekerjaan dan kemampuan yang diperlukan.

Nantinya, kandidat yang mendaftarkan diri harus memiliki rangkaian kemampuan yang tertera dalam kerangka kerja tersebut. Jika ternyata sang kandidat memenuhi semua persyaratan dalam kerangka kerja, mereka dianggap dapat bekerja secara efektif oleh pihak rekruter.

Kompetensi sendiri sekarang menjadi prinsip yang sangat populer pada organisasi besar. Pasalnya, ia mampu memberikan pendekatan yang adil dan konsisten untuk keterlibatan dan pengembangan karyawan.

Prinsip-prinsip tersebut juga memungkinkan usaha yang lebih kecil untuk fokus pada manajemen dan kinerja operasional karyawan.

 

Pengaruh Kompetensi di Dunia Kerja

Kenali Kompetensi Serta Pengaruhnya Dalam Dunia Kerja

Credit Image - myrobin.id

Seperti yang sudah disebutkan kompetensi adalah suatu aspek yang memiliki peranan penting di dunia kerja. Menurut Harvard Business Review, hal tersebut disebabkan karena kompetensi akan selalu berbanding lurus dengan perkembangan suatu perusahaan.

Berdasarkan fakta tersebut, semakin tinggi nilai kompetensi yang dimiliki perusahaan, semakin tinggi pula peluang mereka untuk mencapai tujuan utamanya.

Di sisi lain, kompetensi juga dapat membantu perusahaan untuk memahami kualitas kerja karyawan. Hasilnya, bila memang tidak memuaskan, perusahaan dapat menyediakan langkah untuk memperbaiki kualitas kerja karyawan.

Dengan itu, produktivitas meningkat, dan perusahaan bisa mencapai visi dan misi mereka dengan cepat.

 

Cara Meningkatkan Kompetensi

Kenali Kompetensi Serta Pengaruhnya Dalam Dunia Kerja

Credit Image - quipper.com

Setelah membaca definisi dan pengaruhnya, jelas bahwa kompetensi adalah suatu hal yang penting untuk dimiliki para pekerja. Pasalnya, selain menjadi cara untuk menarik perhatian rekruter, kompetensi juga akan membuat kariermu lebih cepat untuk berkembang.

Namun, kompetensi bukanlah suatu hal yang dapat diraih dengan mudah. Pekerja perlu menyediakan waktu dan tetap konsisten jika ingin mengembangkan kompetensi mereka.

Nah, agar bisa maksimal, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk tingkatkan kompetensimu:

  • Identifikasi area peningkatan atau keterampilan yang ingin kamu kembangkan. 
  • Bergabunglah dengan network atau komunitas yang mempelajari skill tertentu.
  • Tantang diri melalui latihan dan tindakan.
  • Mintalah umpan balik secara konsisten dari atasan.
  • Pertimbangkan setiap keadaan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri.
  • Manfaatkan dan kuasai teknologi terkini.

Agar kompetensi semakin meningkat – sekaligus menjaga produktivitas, pastikan kamu sudah memiliki asupan energi yang cukup. Jadi, kamu pun tetap merasa fokus dalam.

Memiliki energi yang cukup juga dapat mendukung produktivitas, jadi memperoleh masa depan yang sukses bukan lagi sekedar impian! Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Kompetensi adalah suatu hal yang penting, pastikan kamu sudah memiliki aspek yang satu ini agar jenjang karir terus meningkat!

 

 

Featured Image – plus.kapanlagi.com

Source - glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!