Moms dan dads, memenuhi kebutuhan gizi anak berperan penting untuk mendukung tumbuh kembangnya. Selain memberikan makanan yang kaya akan nutrisi – untuk anak usia 1 tahun, kamu juga perlu memberikan berbagai jenis vitamin untuk anak 1 tahun.

Salah satu kebutuhan nutrisi mikro yang penting bagi anak-anak, yaitu vitamin. Asupan nutrisi yang satu ini pun bisa diperoleh dari berbagai makanan dan suplemen tambahan. Vitamin ini pun sama pentingnya dengan zat gizi makro, seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Lantas, apa saja vitamin untuk anak usia 1 tahun yang baiknya diperoleh Si Kecil? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Vitamin A

Credit Image - klikdokter.com

Vitamin untuk anak usia 1 tahun yang pertama, yaitu vitamin A – untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuh bayi serta menjaga kesehatan kulit, rambut, dan matanya. Bayi berusia 6 bulan sampai 3 tahun memerlukan 400 mcg vitamin A per harinya.

Sumber vitamin A secara alami terdapat pada beberapa jenis makanan, seperti wortel, ubi, kuning telur, bayam, brokoli, hati ayam, ikan, minyak ikan, dan hati sapi.

 

Vitamin B1 – Tiamin

Tiamin adalah nama lain dari vitamin B1 yang membantu tubuh mengubah karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan menjadi energi. Energi tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan, serta menunjang fungsi sel-sel tubuh bayi, terutama sel saraf. Berdasarkan pedoman angka kecukupan gizi, bayi harus memenuhi vitamin B1 sekitar 0,3 miligram (mg) setiap hari.

Secara alami, sumber tiamin bisa diperoleh dari nasi, daging sapi, hati sapi, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Beberapa produk sereal dan makanan bayi juga sudah diperkaya dengan vitamin B1.

 

Vitamin B2 – Riboflavin

Credit Image - alodokter.com

Riboflavin sama-sama berperan dalam menghasilkan energi tubuh. Bukan cuma itu, vitamin B2 pun membantu tubuh dalam menggunakan energi tersebut dan melindungi sel dari kerusakan. Riboflavin juga dapat melindungi kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf anak.

Anak disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B2 sebanyak 0,3 mg setiap hari. Sejumlah jenis makanan yang mengandung vitamin B2 tinggi adalah susu, daging sapi, telur, dan sayuran.

 

Vitamin B3 – Niacin

Niasin diperlukan tubuh untuk mengubah protein dan lemak menjadi energi. Selain itu, niacin menunjang fungsi serta menjaga kulit dan sistem saraf. Mereka membutuhkan sekitar 2 – 4 mg asupan vitamin B3 setiap harinya.

Daging dan hati ayam, ikan, jamur, alpukat, kentang, dan kacang polong adalah sumber asupan vitamin B3 yang bisa ditambahkan dalam menu MPASI bayi Anda.

 

Vitamin B9 – Folat

Credit Image - limone.id

Folat merupakan salah satu jenis vitamin untuk anak 1 tahun yang sangat penting bagi kesehatan. Asupan folat yang cukup sejak dalam kandungan dapat mengurangi risiko bayi terlahir cacat. Setelah bayi lahir, folat memainkan peran penting dalam membentuk sel darah merah dan sistem kekebalan tubuh bayi, serta mencegah anemia.

Bayi membutuhkan asupan folat sebanyak 65 – 80 mcg setiap harinya. Mikronutrien satu ini bisa diperoleh dari bayam, brokoli, kacang-kacangan, jagung, alpukat, dan telur. Beberapa jenis susu dan sereal bayi juga sudah diperkaya dengan asam folat.

 

Vitamin C – Asam Askorbat

Yang terakhir, vitamin untuk anak 1 tahun ini penting dipenuhi. Asam askorbat dapat melindungi tubuh terhadap infeksi, mengoptimalkan penyerapan zat besi, membangun tulang dan otot, serta membantu menyembuhkan luka.

Asam askorbat yang dibutuhkan anak sebanyak 40-50 mg per hari. Sumber makanan yang secara alami mengandung vitamin C, yaitu buah dan sayuran, seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, mangga, jambu biji, kembang kol, kentang, dan brokoli.

 

Vitamin D

Credit Image - healthshots.com

Dikenal juga dengan “sunshine vitamin”, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan serta memperkuat tulang dan gigi. Rekomendasi kebutuhan vitamin D yang perlu dicukupi bayi setiap harinya adalah sekitar 5 mcg.

Sumber utama vitamin D sebetulnya adalah sinar matahari. Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, bayi akan mendapatkan asupannya. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti daging atau hati sapi, kuning telur, ikan, susu kedelai, dan sereal atau jus yang difortifikasi vitamin D.

Selain dari sumber makanan, vitamin untuk anak 1 tahun juga bisa dipenuhi dengan memberikan multivitamin tambahan seperti, Enervon-C Plus Sirup, lho. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

 

Jadi, itulah deretan vitamin untuk anak 1 tahun yang perlu dipenuhi. Pastikan moms dan dads sudah memberikan jenis nutrisi tersebut, ya!

 

 

Featured Image – honestdocs.id

Source - jovee.id