Apakah kamu termasuk yang gemar melakukan olahraga dengan intensitas sedang sampai tinggi? Jika iya, aktivitas fisik berupa senam merupakan pilihan yang tepat untukmu, lho. Olahraga yang satu ini dapat membuat aliran darah terpompa dengan baik, serta membuat otot bekerja secara maksimal. Jadi, bisa dikatakan ada berbagai manfaat senam yang perlu kamu ketahui, nih.

Senam merupakan olahraga yang melibatkan pola gerakan gesit dan dipadukan dengan musim berirama kencang serta cepat. Aktivitas fisik ini termasuk olahraga yang sempurna, apalagi untukmu yang aktif dan punya banyak energi untuk dibakar. Tenang, manfaat senam pun ada beragam, apalagi kalau dilakukan secara rutin.

Mengutip dari Providence Health & Services, untuk mencapai kebugaran tubuh dengan melakukan senam, kamu harus rutin melakukan aktivitas ini setidaknya 3 sampai 7 kali dalam seminggu. Olahraga senam pun bisa berupa jogging, berjalan, bersepeda, menaiki tangga, atau berenang.

Untuk pemula, disarankan berolahraga selama 15 sampai 20 menit terlebih dahulu, ya. Dan pastikan kamu memilih intensitas rendah. Perlahan, kamu bisa menaikkan intensitas – dan juga durasi olahraga. Jadi, manfaat senam bisa diperoleh secara maksimal.

Berbicara soal manfaat senam, setidaknya ada 5 dampak baik yang dapat kamu peroleh, jika dilakukan secara rutin. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Membantu Memperkuat Imun Tubuh

Credit Image - journal.sociolla.com

Manfaat senam yang bisa kamu peroleh, yaitu sistem kekebalan tubuh dapat semakin kuat. Para peneliti di Pennysylvania State University meneliti kelompok wanita aktif – dan tidak aktif, serta dampak olahraga terhadap sistem kekebalan tubuh para peserta penelitian. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Neuroendocrinology Letters.

Peneliti mengamati satu kelompok berolahraga di atas treadmill selama 30 menit, sementara kelompok lainnya melakukan aktivitas intens selama 30 detik, dan kelompok terakhir tidak berolahraga. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa olahraga senam yang dilakukan dalam intensitas sedang – dan secara teratur dapat meningkatkan antibodi tertentu dalam darah yang disebut sebagai imunoglobin.

Sementara itu, kelompok wanita yang tidak berolahraga tak menunjukkan peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kadar kortisol pun jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan kelompok aktif. Jadi bisa disimpulkan bahwa manfaat senam termasuk bisa meningkatkan imun tubuh.

 

Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga senam merupakan aktivitas yang direkomendasikan oleh American Heart Association – bahkan, olahraga ini sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang memiliki risiko terkena penyakit jantung. Manfaat senam dapat membantu menguatkan jantung dan membantu kinerjanya. Hal ini juga bisa membuat darah terpompa secara maksimal ke seluruh tubuh.

Selain itu, manfaat senam pun dapat membantu menjaga pembuluh darah agar bersih dengan meningkatkan kolesterol baik – atau disebut sebagai HDL. Sementara, senam secara rutin juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam darah.

Untuk memperoleh manfaat senam yang satu ini, kamu direkomendasikan melakukannya sebanyak lima kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit setiap sesinya.

 

Berat Badan Lebih Terjaga

Credit Image - halodoc.com

Kamu pasti sudah tahu kalau olahraga dan pola makan yang baik merupakan tips alami untuk menurunkan berat badan? Nah, sama halnya dengan rutin melakukan aktivitas yang satu ini. Manfaat senam dapat menurunkan berat badan, serta membantumu dalam mempertahankan berat badan ideal.

Namun, hal tersebut tetap bergantung pada jumlah berat dan kecepatan senam yang kamu lakukan. Untuk menurunkan berat badan, mungkin kamu perlu membakar 400 sampai 600 kali per harinya. Jadi, tak perlu ragu melakukan olahraga yang satu ini, untuk yang tengah menjalani program diet, olahraga senam merupakan pilihan yang tepat!

 

Membantu Meningkatkan Mood

Di masa pandemi Covid-19, setiap orang pasti lebih sering merasa bad mood, bosan, cemas, hingga stres. Apakah kamu setuju? Hal ini wajar dialami, mengingat kamu lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah saja. Ruang lingkup pun semakin terbatas, ya. Nah, manfaat senam juga bisa membantumu mengatasi perasaan tersebut, lho.

Menggerakan tubuh dapat meningkatkan suasana hati – dan membuat perasaan lebih bahagia. Ini bisa menjadi manfaat senam yang tidak kalah menarik, kan? Melakukan olahraga dalam intensitas tinggi akan berpengaruh terhadap mood, meskipun hanya dilakukan dalam durasi singat. Seperti diketahui, olahraga juga termasuk salah satu cara untuk melepas rasa stres.

 

Tidur Pun Menjadi Lebih Nyenyak

Credit Image - alodokter.com

Masalah susah tidur – atau disebut juga sebagai insomnia merupakan salah satu gangguan yang kerap kali dialami. Namun, kamu harus segera mengatasinya, jika tidak insomnia bisa memberi pengaruh buruk, termasuk melemahkan sistem kekebalan tubuh, lho. Ada pun salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur, yaitu rutin melakukan olahraga senam.

Manfaat senam yang satu ini dapat kamu peroleh jika dilakukan secara rutin, ya. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok orang dengan masalah tidur kronis, mengungkapkan bahwa melakukan olahraga senam secara teratur merupakan pengobatan efektif untuk insomnia. Jadi, manfaat senam ini juga tak kalah pentingnya, lho.

Biar manfaat olahraga ini bisa dirasakan secara maksimal, pastikan kamu sudah menjaga stamina dan energi tubuh, sehingga aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

 

Nah, itulah kelima manfaat senam yang perlu diketahui. Yuk, rutin untuk lakukan olahraga yang satu ini dan rasakan sejumlah dampak baiknya!

 

 

Featured Image - dbs.com