Tahukah kamu bahwa memiliki rasa percaya diri adalah salah satu aspek yang dapat mendukung jenjang karir? Ya, memang, dalam pekerjaan tentu dibutuhkan perasaan ini, sehingga kamu dengan mudahnya bisa menunjukkan kemampuan tanpa harus takut diabaikan – atau tidak dihargai oleh rekan kerja maupun atasan.

Meski demikian, sayangnya rasa percaya diri adalah sifat yang tidak bisa dimiliki secara alami, lho. Bahkan, tidak semua orang dibesarkan menjadi pribadi dengan kepercayaan diri yang penuh. Lalu, bagaimana caranya agar percaya diri tersebut bisa muncul dalam dirimu?

Berikut ini tips yang patut disimak!

 

 

Menghargai Diri Sendiri

Credit Image - kesatu.co

Pertama-tama, penting sekali mengetahui apa saja yang menjadi kemampuan kita. Kita bisa diterima bekerja sebagai karyawan karena kualitas dan kemampuan diri sendiri. Oleh sebab itu, janganlah rendah diri dan selalu merasa bahwa kamu tidak memiliki suatu keahlian.

Intinya, bagaimana bisa kamu mengharapkan mendapat pujian dari orang lain, sementara kamu belum bisa menghargai diri sendiri? Jadi, kuncinya adalah menghargai diri sendiri terlebih dahulu, kemudian orang lain akan menghargai kita.

 

Membuat Kesalahan? Siapa Takut!

Hal yang bisa kamu lakukan pada saat kamu memastikan untuk memulai pekerjaan di hari pertama penting untuk berfikir bahwa kamu tidak takus membuat kesalahan. Hal yang manusiawi ketika seseorang membuat kesalahan.

Tidak hanya kamu sebagai pegawai baru, bahkan pegawai yang sudah lama bekerja di perusahaan yang sama dengan kamu juga bisa berbuat kesalahan.  Ketakutan kamu akan berbuat kesalahan hanya akan menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Tidak akan ada yang namanya bos atau pimpinan ketika setiap orang yang bekerja tidak membuat kesalahan. Oleh karena itu, stop berfikir bahwa kamu takut berbuat kesalahan. Hal ini pun akan membantumu meningkatkan kepercayaan diri, lho!

 

Mengatasi Kelemahan dengan Baik

Credit Image - kitalulus.com

Tak bisa dipungkiri, setiap orang setidaknya memiliki satu kelemahan dari sekian banyak kelebihan yang ada. Terkadang, kelemahan yang sedikit itu bisa memengaruhi kinerja kamu dan membuat rasa tidak percaya diri muncul.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengatasi atau mengurangi kelemahan tersebut sedikit demi sedikit. Misalnya, jika kamu terlalu malu untuk menyampaikan pendapat di depan banyak orang, tantanglah diri untuk berani berbicara. Sekali saja berhasil melewati ketakutan tersebut, tentunya percaya diri pun bisa meningkat.

 

Mau Mencari Tahu

Kamu bisa mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada beberapa orang di kantor untuk membantu kamu memahami kondisi dan situasi tempat kamu bekerja. Kamu bisa mengajukan pertanyaan mengenai, “Bagaimana sifat atasan kamu terhadap pekerjanya?”.

Selain itu, juga bisa mengajukan pertanyaan untuk menyakinkan kamu kembali tugas- tugas kamu di kantor apa saja. Kamu membutuhkan banyak informasi yang bisa membantu pekerjaan kamu nantinya.

Ajukan pertanyaan apapun yang ingin kamu ketahui dari lingkungan tempat kamu bekerja. Keingin tahuan kamu bisa membuat kamu lebih merasa percaya diri ketika melakukan pekerjaan kamu.

Kamu juga bisa mempelajari hal- hal baru dengan melihat dan bertanya atas hasil observasi yang kamu lakukan. Kamu bisa mengobservasi bagaimana cara pimpinan kamu bekerja sehingga kamu dapat memahami apa dan bagaimana kamu harus bekerja sesuai yang diinginkan atasan kamu.

 

Tetap Menjaga Stamina Tubuh

Credit Image - klikdokter.com

Menjaga kepercayaan diri bisa membantu meningkatkan produktivitas – dan semangat dalam menyelesaikan pekerjaan. Nah, agar stamina dan produktivitas terjaga, kamu dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Bisa disimpulkan bahwa rasa percaya diri adalah suatu hal yang bisa dibangun secara perlahan, termasuk dengan deretan tips di atas. Yuk, selamat mencoba, ya!

 

 

Credit Image – klikdokter.com

Source – glints.com