Jika sebagian orang ingin mengurangi keinginan untuk makan, namun ada pula justru yang ingin menambahnya, lho. Tapi ingat, ada berbagai cara menambah nafsu makan yang baiknya diterapkan agar pada akhirnya kamu tidak makan berlebihan.

Ada banyak faktor yang bisa mengurangi – atau menambah nafsu makan, seperti kondisi fisik dan psikologis. Misalnya, ketika sedang sakit atau stres, maka kamu cenderung tidak berselera untuk menyantap makanan.

Untukmu yang ingin menambah nafsu makan, berikut ada berbagai cara menambah nafsu makan sehat yang penting untuk diterapkan, sehingga kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Apa saja tips tersebut? Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Tetap Rajin Berolahraga

Credit Image - cnnindonesia.com

Cara menambah nafsu makan yang pertama, yaitu tetap rajin melakukan aktivitas fisik.

Perlu diketahui bahwa olahraga dapat menambah nafsu makan. Hal ini karena aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membakar kalori dan menguras energi, sehingga tubuh akan merasa lapar dan butuh makan.

Olahraga juga membantu tubuh melepaskan zat kimia di otak yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan merangsang nafsu makan. Cobalah berjalan kaki santai atau melakukan olahraga ringan lain seperti yoga, 60 menit sebelum waktu makan.

 

Makan Lebih Sering dengan Porsi Kecil

Makanan dengan porsi besar cenderung membuat seseorang tidak selera, terlebih orang yang sedang tidak nafsu makan. Untuk menyiasatinya, coba bagi porsi 3 kali makan besar menjadi 6–7 porsi kecil dalam sehari dan jangan melewatkan sarapan pagi untuk menambah nafsu makan.

 

Hindari Minum Banyak Air Sebelum atau Ketika Makan

Credit Image - rey.id

Cara menambah nafsu makan yang sehat juga bisa dilakukan dengan menghindari meminum banyak air sebelum atau saat makan.

Minum air sebelum makan atau di sela-sela makan dapat membuat perut terasa penuh, sehingga nafsu makan berkurang. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk membatasi konsumsi air paling tidak 30 menit sebelum makan.

 

Sediakan Makanan Kesukaanmu

Cara ini merupakan yang paling mudah dilakukan untuk menambah nafsu makan. Sediakan stok makanan kesukaan kamu di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau agar lebih tergoda untuk memakannya.

Trik lainnya, cobalah melihat foto atau video makanan dan masakan. Cara ini bisa menggugah dan menambah nafsu makan juga. Untuk menambah nafsu makan, coba buat makananmu terlihat lebih menarik. Contohnya, makanan yang berwarna-warni bisa membuatmu menjadi ingin makan, meskipun tidak merasa lapar.

 

Konsumsi Suplemen Vitamin juga Disarankan

Credit Image - honestdocs.id

Cara menambah nafsu makan terakhir, yaitu mengonsumsi suplemen yang kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Kekurangan kedua asupan tersebut juga dapat menurunkan nafsu makan, lho. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis suplemen penambah nafsu makan, seperti zinc dan multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia.

 

Jadi, itulah cara menambah nafsu makan yang sehat – jika kamu ingin menambah keinginan untuk makan, silahkan coba deretan tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – jovee.id

Source –alodokter.com