Pandemi belum juga berakhir, masyarakat kembali dikhawatirkan dengan kehadiran varian virus terbaru yang merupaan keturunan dari Omicron, yaitu BA.4 dan BA.5. Keduanya pun menyebabkan angka kasus kembali melejit naik.

Pada dasarnya, diare, dan sakit perut.

Pada individu tertentu Covid-19 memang bisa menyebabkan gejala pencernaan, meski tidak umum namun hal ini memang benar adanya. Ahli penyakit menular, William Schaffner mengatakan bahwa Omicron dapat dideteksi di feses dan dapat berkembang biak di selaput lendir yang melapisi saluran usus.

Gejala sakit perut ini tidak terlalu serius – kamu tak perlu khawatir berlebihan. Gejala ini cenderung datang dan pergi ketika seseorang terinfeksi omicron. Selain sakit perut, ada gejala lainnya yang bisa disebabkan Omicron, yaitu:

  • Batuk
  • Pilek – atau hidung tersumbat
  • Kelelehan
  • Sakit kepala dan pusing
  • Demam

 

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - health.detik.com

Jika kamu dinyatakan positif Covid-19 dan mengalami sakit perut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut diantaranya.

1. Konsumsi makanan ringan

Yang pertama, kamu untuk menghindari makanan berat dan berminyak seperti piza dan gorengan. Pilihlah makanan yang lebih lembut di perut seperti pisang, roti panggang, dan lainnya.



2. Terhidrasi

Kedua adalah tetap terhidrasi. Konsumsi banyak air untuk menghilangkan racun dari saluran pencernaan. Asupan air sangat penting, apalagi bagi kamu yang juga mengalami gejala diare. Diare membuat tubuh kehilangan banyak cairan dan bisa memicu dehidrasi.

 

3. Mencoba obat herbal

Masalah pencernaan seperti sakit perut dan mual bisa diatasi dengan obat-obatan alami. Misalnya saja teh peppermint atau minuman jahe hangat.

 

Yuk, Hindari Infeksi Virus, Terapkan Hal Ini!

Credit Image - tribunnews.com

Langkah paling efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan beragam mutasi virus, termasuk Omicron – dan turunannya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan berupa menjaga jarak, memakai masker, rutin mencuci tangan, hingga membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi dan menghindari tempat yang ramai.

Selain itu, mendapatkan vaksinasi secara lengkap sekaligus booster juga tak kalah pentingnya. Nantinya, setelah vaksin, kamu juga masih disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

Menjaga kekebalan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Omicron BA.4 dan BA.5 disebut bisa menyebabkan gejala pada saluran pencernaan. Jika kamu terinfeksi varian ini – dan mengalami gejala tersebut, maka coba atasi dengan berbagai cara di atas!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – cnnindonesia.com