Aktivitas perkuliahan sebenarnya sangat memungkinkan untuk dilakukan berbarengan dengan bekerja. Buktinya, saat ini tidak sedikit mahasiswa yang sudah mulai mendapatkan penghasilan dari jerih payahnya sendiri.

Nah, untuk kamu yang sedang kerja sambil kuliah, atau berniat untuk menjalani keduanya tapi masih ragu- ragu, simak keuntungan berikut ini yang bisa kamu dapatkan saat kerja sambil kuliah.

1. Menjadi sosok yang disiplin

Credit: maxmanroe.com

Jika kamu menjalankan kedua tanggung jawab ini secara professional, itu artinya kamu sudah menjadi sosok yang disiplin. Karena, tidak mudah untuk bekerja sekaligus kuliah. Masuk dan pulang kuliah harus tepat waktu, biar urusan pekerjaan tidak keteteran. Dan kalau diberi tugas oleh dosen, jangan lupa untuk langsung dikerjakan agar tidak mengganggu pekerjaan.

2. Lebih bisa menghargai waktu

Credit: thewomensroomblog.com

Kerja sekaligus kuliah bisa membuatmu lebih menghargai waktu. Ketika kamu sedang ada janji dengan orang lain, kamu akan datang tepat waktu karena kamu berpikir bahwa mungkin saja orang tersebut punya urusan penting setelahnya.

Di waktu luang, kamu juga lebih bisa menghargai ‘me- time’ atau ‘quality time’ dengan keluarga atau teman, karena waktumu yang habis untuk melakukan rutinitas.

3. Kamu lebih berusaha menghargai jerih payahmu

Credit: glassdoor.co.in

Kerja sambil kuliah akan membuatmu lebih menghargai jerih payahmu sendiri. Walaupun penghasilan belum seberapa, tapi rasa Bahagia akan membuatmu semakin bersyukur dari hasil kerjamu selama ini.

4. Belajar tanggung jawab

Credit: awards.sg

Kedua hal ini akan menuntut kamu untuk bisa berbagi tanggung jawab. Tugas kuliah harus diselesaikan, tapi tugas di tempat kerja sudah menanti. Orang yang kerja sambil kuliah umumnya adalah orang yang bertanggung jawab karena mereka dapat menyelesaikan dua tugas dalam waktu bersamaan.

5. Punya keterampilan akademis dan non- teknis

Credit: hipwee.com

Perkuliahan akan mengasah keterampilanmu di bidang akademis, tapi pergaulanmu di luar kelas (kantor) akan membantumu menumbuhkan kemampuan non teknis (soft skill). Kemampuan non teknis ini tidak kalah pentingnya dengan kemampuan akademis.

6. Punya banyak pengalaman

Credit: studylondon.co.uk

Kerja sambil kuliah akan menambah deretan pengalaman berharga untukmu. Pengalaman ini bisa berupa caramu mengatur waktu, menyesuaikan ritme kerja dan kuliah, serta belajar bertanggung jawab terhadap pilihan hidup.

 

Featured Image - feedster.com