5 Cara Belajar Mengenali Warna yang Menyenangkan

5 Cara Belajar Mengenali Warna yang Menyenangkan

Moms dan dads, tahukah kamu bahwa pada minggu-minggu awal kehidupan, anak hanya dapat melihat berbagai benda yang sangat kontras dengan jarak dekat. Jadi, tak heran kalau begitu banyak mainan bayi yang memiliki pola grafik serta berwarna hitam-putih. Untuk itu, mengajak anak belajar mengenali warna sedini mungkin tidak boleh dilewatkan, lho.

Sebuah penelitian dari Scientific American menyebutkan bahwa para peneliti di Jepang memantau aktivitas otak bayi ketika mereka melihat bentuk-bentuk geometris warna yang berbeda – dan menemukan mirip dengan orang dewasa yang juga dilacak.

Ketika warna berubah, peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan aktivitas di area otak yang memproses rangsangan visual. Ketika tetap konstan, maka tingkat aktivitas akan stabil. Tetapi, Si Kecil pun butuh waktu dalam belajar mengenali warna, lho.

Berikut tips belajar mengenali warna yang mudah dipahami oleh Si Kecil. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

Mengamati Lingkungan Sekitar

5 Cara Belajar Mengenali Warna yang Menyenangkan

Credit Image - id.theasianparent.com

Salah satu media pembelajaran anak adalah lingkungan sekitar. Melansir American Academy of Pediatrics (AAP) untuk merangsang kognitif anak agar belajar mengenali warna bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti berjalan-jalan dan menunjuk benda-benda asing di lingkungan.

Moms dan dads bisa mengajak Si Kecil jalan-jalan sore sambil belajar mengenal warna di sekitarnya. Misalnya, menunjuk daun yang berwarna hijau atau warna baju yang digunakan orang-orang. Agar Si Kecil tidak bingung, kamu juga bisa ajarkan warna-warna dasar yaitu merah, kuning dan biru terlebih dahulu.

 

Gunakan Alat Bantu

Cara belajar mengenali warna selanjutnya adalah melalui alat bantu, seperti origami, crayon, maupun pensil warna. Sebuah penelitian Proceedings of the 3rd International Conference on Education Innovation menunjukkan bahwa, penerapan pembelajaran dengan media origami dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal warna.

Media pembelajaran ini cukup mudah, ajak anak menggambar buah sesuai dengan warna di kertas origami dan pancing beberapa pertanyan seperti "Apel pakai kertas warna apa?" Dengan demikian moms dan dads bisa tahu apakah Si Kecil sudah mulai paham tentang warna atau masih perlu belajar lagi.

 

Bermain dengan Melibatkan Banyak Warna

5 Cara Belajar Mengenali Warna yang Menyenangkan

Credit Image - nakita.grid.id

Salah satu permainan yang bisa dijadikan belajar mengenali warna adalah finger painting, yaitu suatu teknik melukis yang menggunakan jari-jari tangan sebagai kuasnya. Kegiatan yang satu ini memang terlihat menarik, moms dan dads, kan?

Finger painting dapat meningkatkan kemampuan penglihatan, penciuman, dan sentuhan. Karena dari proses melukis tersebut anak dapat belajar bagaimana warna bekerja, menemukan tekstur baru, membaui cat, dan juga membuat ruang bangun.

Ketika melakukan permainan ini, siapkan cat yang memang aman untuk dioleskan pada kulit Si Kecil. Pastikan anak tidak memiliki alergi dengan bahan tersebut, ya!

 

Menyusun Makanan Sesuai Warna

Belajar mengenali warna dengan anak tidak harus terjadi selama bermain saja, moms dan dads juga bisa memperkenalkan warna saat di dapur. Ajak Si Kecil untuk memilah buah dan sayuran dalam kelompok warna. Kemudian, ajak mereka memotong buah atau sayuran sesuai dengan warnanya masing-masing.

Ini bisa menjadi salah satu cara cerdas untuk membuat Si Kecil belajar mengenal warna dan terbiasa mengonsumsi makanan sehat. 

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin untuk Maksimalkan Proses Belajar Si Kecil

5 Cara Belajar Mengenali Warna yang Menyenangkan

Credit Image - sehatq.com

Dalam proses belajar mengenali warna, agar kegiatan tersebut semakin maksimal, pastikan moms dan dads sudah memberikan asupan vitamin yang lengkap – karena nutrisi ini dapat membantu dalam perkembangan otak dan kecerdasannya.

Selain dengan memberi asupan makanan bernutrisi tinggi, moms dan dads dapat berikan asupan multivitamin dari Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Bagaimana, nih? Mengajari anak untuk mengenali warna tidak sesulit yang dibayangkan, kok, moms dan dads. Deretan tips di atas dapat membantu Si Kecil lebih memahami soal warna, selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – orami.co.id

 

 

 

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!