Tak bisa dipungkiri, setiap karyawan wajib memiliki kompetensi dasar dalam bekerja. Kompetensi adalah keterampilan dasar yang dapat membantumu mencapai prestasi dan kesuksesan dalam berkarir, lho. Hal ini pun bisa kamu asah jauh sebelum memasuki dunia kerja, misalnya ketika berada di bangku kuliah. Lebih cepat lebih baik, kan?

Umumnya, perusahaan pun akan mencari karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diperlukan. Namun di sisi lainnya, ada pula faktor yang mesti dipertimbangkan perekrut, yaitu kompetensi kepribadian.

Mungkin kamu sudah bisa memenuhi prasyarat kerja, namun belum tentu secara kemampuan sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, lho. Lantas, apa saja sih kompetensi dasar yang perlu dimiliki? Berikut ulasannya!

 

 

Apa Itu Kompetensi Dasar?

Credit Image - ujione.id

Kompetensi adalah keahlian yang dimiliki oleh setiap individu dalam melaksanakan tanggung jawab yang diberikan berdasarkan bidang tertentu, sesuai dengan posisi yang dijalankan. Beberapa ahli berpendapat bahwa kompetensi dasar meliputi keahlian, sikap, pengetahuan dan nilai yang dimiliki individu yang dicerminkan dari cara mereka berpikir dan melakukan sesuatu dengan baik.

ada 6 elemen yang terdapat dalam kompetensi dasar. Apa saja? Ada pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap, dan minat. Keenam unsur ini disederhanakan menjadi dua, yaitu kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional.

Kompetensi diri meliputi nilai, sikap, dan minat. Dengan kata lain, kompetensi kepribadian bisa disebut juga dengan soft skill. Soft skill to power skill sangat berguna dalam menunjang karir Anda. Oleh sebab itu, tidak heran jika HR selalu mengutamakan soft skill dalam merekrut karyawan.

Kompetensi profesional adalah hard skill yang bisa dipelajari dan diasah dengan berbagai cara. Hard skill meliputi pengetahuan, kemampuan dan pemahaman. Hard skill adalah bagaimana Anda menguasai semua informasi tentang bidang yang sedang kamu geluti.

Jika kamu bisa menyeimbangkan antara soft skill dan hard skill, maka kamu dapat berkontribusi lebih kepada perusahaan dan pada diri sendiri dalam karir.

 

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki

Credit Image - linovhr.com

Berikut ini beberapa kemampuan dasar yang wajib kamu dimiliki:

1. Keterampilan Komunikasi

Kemampuan komunikasi membantu mendengar, menganalisis, serta merespons apa yang dikatakan oleh orang lain. Kamu dapat mengekspresikan atau mengutarakan pendapat kamu dengan baik dan tepat jika memiliki kemampuan berkomunikasi yang handal.

Untuk itu, kamu harus bisa membedakan komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Kemudian komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, kunci komunikasi persuasif, dan komunikasi yang efektif.

 

2. Kerja Sama Tim

Di setiap perusahaan, bekerja dalam tim adalah budaya kerja yang sudah umum. kamu akan berkolaborasi dengan banyak orang untuk menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan. Bekerja dalam tim, tidak selamanya mudah.

Kamu akan menghadapi perbedaan pendapat, perbedaan performa kerja dan lainnya yang mungkin menghambat kinerja, karena persaingan di tempat kerja tak bisa dihindari. Namun, tak mengapa selama persaingannya sehat.

Nah, sebagai anggota tim, kamu harus mampu mengatasi itu semua dan berkontribusi sebagaimana mestinya dalam tim. Kerja sama tim yang solid bisa dimulai dengan memahami gaya komunikasi yang tepat, seperti komunikasi produktif, dan gaya kepemimpinan yang tidak memihak jika kamu ditunjuk sebagai ketua tim.

 

3. Keterampilan Pemecahan Masalah

Pemberi kerja tentu ingin karyawan yang mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan suatu permasalahan. Kemampuan memecahkan masalah sangat penting untuk mencegah konflik yang terjadi di dalam lingkungan pekerjaan. Konflik akan memicu menurunnya produktivitas kerja karyawan. Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki kemampuan ini agar bisa dilirik oleh perekrut.

 

4. Manajemen Diri

Manajemen diri bisa dilihat dari cara kamu mengelola waktu dan menyelesaikan tugas dengan baik. Anda mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan kerja. Bagaimana cara kamu menyeimbangkan kehidupan pribadi – dan dunia kerja juga bisa disebut dengan keterampilan manajemen diri yang baik.

 

5. Kemampuan Interpersonal

Kemampuan interpersonal meliputi bagaimana cara kamu menjaga hubungan baik sesama karyawan dan juga dengan atasan. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kode etik perusahaan. Memberikan dan menerima umpan balik dengan baik terdapat di dalamnya.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kompetensi?

Credit Image - glints.com

Memang, kompetensi bukanlah suatu hal yang dapat diraih dengan mudah. Pekerja perlu menyediakan waktu dan tetap konsisten jika ingin mengembangkan kompetensi mereka. Nah, agar bisa maksimal, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk tingkatkan kompetensimu:

  • Identifikasi area peningkatan atau keterampilan yang ingin kamu kembangkan. 
  • Bergabunglah dengan network atau komunitas yang mempelajari skill tertentu.
  • Tantang diri melalui latihan dan tindakan.
  • Mintalah umpan balik secara konsisten dari atasan.
  • Pertimbangkan setiap keadaan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri.
  • Manfaatkan dan kuasai teknologi terkini.

Agar kompetensi semakin meningkat – sekaligus menjaga produktivitas, pastikan kamu sudah memiliki asupan energi yang cukup. Jadi, kamu pun tetap merasa fokus dalam.

Memiliki energi yang cukup juga dapat mendukung produktivitas, jadi memperoleh masa depan yang sukses bukan lagi sekedar impian! Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Kompetensi adalah hal yang perlu dimiliki setiap pekerja. Pastikan kamu sudah juga mengasah sejumlah kompetensi di atas untuk membantu meningkatkan jenjang karir!

 

 

Featured Image – kantorkita.co.id

Source – qubisa.com