Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C merupakan salah satu jenis nutrisi yang perlu dipenuhi setiap harinya. Pada dasarnya, berbagai macam vitamin memang punya fungsi yang berbeda-beda, dalam hal ini, vitamin C membantu menjaga daya tahan tubuh – sekaligus berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, termasuk menjadi penyebab timbulnya penyakit berbahaya, seperti kanker. Untuk mendapat antioksidan, kamu bisa mengonsumsi vitamin C setiap harinya.

Namun sebenarnya, apa yang membuat vitamin C dapat menangkal radikal bebas? Berikut informasi lengkapnya!

 

 

Vitamin C: Penting Dipenuhi Setiap Harinya

Credit Image - klikdokter.com

Vitamin C – atau sering disebut juga dengan asam askorbat. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut air. Vitamin C banyak ditemukan pada berbagai buah dan sayuran seperti jeruk, lemon, pepaya, dan buah berries.

Salah satu fungsi yang paling dikenal yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam memproduksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka. Vitamin C juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

 

Apa Itu Radikal Bebas?

Dilansir Medical News Today, radikal bebas merupakan atom yang sangat reaktif atau tidak stabil karena kehilangan atom. Agar menjadi stabil, radikal bebas akan mengambil atom yang berasal dari sel. Akibatnya, radikal bebas yang berlebih dapat merusak sel. Jika kerusakan terjadi terus-menerus, maka dapat memicu berbagai penyakit dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan.

National Institutes of Health Office of Dietary Supplements melansir bahwa radikal bebas dapat terbentuk saat proses mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, kita juga bisa terpapar radikal bebas yang berasal dari lingkungan misalnya dari asap rokok, polusi udara, atau sinar ultraviolet.

 

Fungsi Vitamin C untuk Menangkal Radikal Bebas

Credit Image - sehatq.com

Adanya radikal bebas dalam jumlah berlebih dapat merusak sel-sel tubuh karena mengambil elektron dari sel. Vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh karena memiliki sifat sebagai antioksidan – yang merupakan molekul yang dapat mencegah terjadinya oksidasi dari molekul lainnya.

Antioksidan dapat menangkal radikal bebas karena dapat memberikan atau menyumbangkan elektron kepada radikal bebas sehingga radikal bebas yang semula tidak stabil menjadi stabil. Dengan begitu, antioksidan dapat mengurangi atau mencegah terjadinya kerusakan sel. Meskipun antioksidan yang telah mendonorkan elektronnya menjadi kehilangan elektron, tetapi antioksidan tetap stabil.

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Harian

Perlu diingat bahwa vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itu, ada baiknya kamu mendapat asupan yang satu ini dari beragam sumber makanan, sekaligus melengkapinya dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin secara rutin.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu, sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia.

 

Jadi, sudahkah kamu rutin memperoleh asupan vitamin C setiap harinya? Jangan sampai lewatkan nutrisi yang satu ini, karena perannya sangat penting bagi kesehatan tubuh, baik menjaga kekebalan hingga berperan sebagai antioksidan!

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – idntimes.com