Saat ini, subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 masih terus menyebabkan lonjakan kasus positif Covid-19. Di tengah kondisi tersebut, masyarakat kembali dikhawatirkan dengan adanya tiga keturunan baru varian BA.2 yang sudah terdeteksi di India. Ketiga varian BA.2 ini, yaitu BA.2.74, BA.2.75, dan BA.2.76.

Ketiga subvarian tersebut pun disebut-sebut lebih menular dan lebih kuat dibanding dengan subvarian BA.5 – yang juga sudah terdeteksi di Indonesia. Kasus ini muncul setidaknya di lima negara, dengan paling diidentifikasi di India. Kasus tersebut juga sudah ditemukan di Inggris, Jerman, Selandia Baru, dan Kanada.

Berikut informasi lengkapnya.

 

 

Ada Subvarian Terbaru, Keturunan dari BA.2

Credit Image - cnnindonesia.com

Diberi nama BA.2.75, karena merupakan generasi kedua dari varian BA.2 yang menyebabkan gelombang peningkatkan pasien di Inggris sejak akhir Maret. Menutip dari iNews UK, Badan Keamanan Kesehatan Inggris diketahui sudah mengidentifikasi varian tersebut, tetapi itu hanya salah satu dari sejumlah jenis baru yang sedang dipantau – dan saat ini, belum ada yang mengkhawatirkan.

Para ilmuwan mengawasi varian baru Covid yang diturunkan dari Omicron yang memiliki sembilan mutasi yang tidak biasa pada proteinnya. Varian baru ini juga sudah telah menyebar ke negara-negara di seluruh dunia dengan cepat.

Varian baru, diidentifikasi sebagai BA.2.75, pertama kali ditemukan dalam urutan yang diambil di India pada awal Juni.Sejak itu, varian tersebut telah terlihat di Australia, Kanada, Jepang, Jerman, Selandia Baru, Inggris, dan AS. Hanya dalam hitungan minggu, varian tersebut telah terdeteksi di lebih dari 80 rangkaian di seluruh dunia.

Mengutip Jerusalem Post, Shay Fleishon dari Laboratorium Virologi Pusat di Pusat Medis Sheba di Tel Hashomer menyebut subvarian tersebut sebagai sub varian mengkhawatirkan. Hanya saja ditekankan pula bahwa masih terlalu dini untuk bisa mengatakan apakah ini akan jadi varian dominan berikutnya di dunia atau tidak.

Fleishon menjelaskan dalam utas Twitter bahwa beberapa bulan terakhir telah melihat tren varian berdasarkan garis keturunan Omicron dengan mutasi di bagian S1 dari protein lonjakan dan secara khusus di bagian protein lonjakan yang digunakan virus untuk terhubung dan masuk ke dalam sel.

Bloom Lab di lembaga penelitian Fred Hutch mengatakan bahwa varian ini "layak dilacak" karena "perubahan antigenik yang cukup besar" dibandingkan dengan induknya, BA.2.Laboratorium menunjuk dua mutasi sebagai kunci: G446S dan R493Q.

G446S adalah mutasi yang dapat membantu virus lolos dari antibodi yang ditimbulkan oleh vaksin saat ini yang masih efektif melawan BA.2.Sisi baiknya, tampaknya mereka yang telah terinfeksi BA.1 tidak akan berisiko terinfeksi kembali oleh BA.2.75.Mutasi R493Q, sementara itu, tampaknya meningkatkan kemampuan virus untuk menempel pada ACE2, protein yang digunakan virus corona untuk memasuki sel.

N460K, mutasi lain pada varian BA.2.75, juga meningkatkan kemampuan virus untuk menempel pada ACE2.

 

Varian Virus Masih Terus Bermunculan, Ini Alasannya!

Credit Image - nbcchicago.com

Berdasarkan penjelasan dari dokter Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso Adria Rusli mengatakan varian tersebut muncul, karena sifat virus yang memiliki keinginan untuk bertahan hidup. Sejumlah virus ini mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan terutama dengan manusia sebagai inangnya.

Perlu diketahui, virus terus bermutasi lantaran kebutuhannya sebagai makhluk hidup. Jadi, mutasi ini biasa, karena hal tersebut merupakan sifat alami dari makhluk hidup. Manusia memang memberi pengaruh paling besar berkaitan dengan kemunculan varian-varian baru dari Covid-19. Sifat virus yang tidak bisa hidup tanpa inang ini akan terus menyesuaikan diri sesuai kondisi dari manusia yang dihinggapi.

Jika manusia hidup “seenaknya”, seperti tidak mendapat dosis vaksin – atau minum obat yang tidak sesuai anjuran, maka antibodi yang terbentuk jadi tidak sempurna. Kondisi inilah yang membuat virus lebih mudah bermutasi di dalam tubuh.

Selain itu, vaksinasi yang dilakukan juga memengaruhi kemunculan subvarian baru ini, meski secara tidak langsung. Bukan membuat varian baru muncul, namun vaksinasi membuat virus yang berkembang semakin lemah.


Langkah Utama dalam Mencegah Penularan Virus

Credit Image - jovee.id

Langkah paling efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan beragam mutasi virus, termasuk Omicron – dan turunannya, yakni dengan rutin mencuci tangan, hingga membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi dan menghindari tempat yang ramai.

Selain itu, mendapatkan vaksinasi secara lengkap sekaligus booster juga tak kalah pentingnya. Nantinya, setelah vaksin, kamu juga masih disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

Menjaga kekebalan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Dengan terus ditemukannya subvarian virus corona, kamu diharapkan dapat terus menerapkan langkah pencegahan, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit!
 

 

Featured Image – newsbytesapp.com

Source – cnnindonesia.com