5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh, Yuk, Rajin Dikonsumsi!

5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh, Yuk, Rajin Dikonsumsi!

font size A Ǎ

Memperoleh asupan vitamin dan mineral, baik dari sumber makanan maupun suplemen penting dilakukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Nah, informasi mengenai makanan untuk meningkatkan imun tubuh di bawah ini tak boleh dilewatkan, lho!

Selain mencukupi asupan nutrisi, menjaga kekebalan tubuh juga perlu dimaksimalkan dengan tidur yang cukup, rutin berolahraga, dan mengelola stres dengan baik. Dengan serangkaian gaya hidup sehat ini, imunitas bisa meningkat – dan kamu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berikut 5 jenis makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang dapat rutin dikonsumsi.

 

 

1. Makanan Laut dengan Kandungan Asam Lemak Omega-3

5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh, Yuk, Rajin Dikonsumsi!

Credit Image - healthline.com

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang pertama adalah makanan laut yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada beberapa jenis ikan laut seperti salmon, sarden, dan makarel, terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurut Erin Palinski-Wade, RD, CDCES, seorang konsultan di Swisse Wellness dan penulis buku berjudul “2 Day Diabetes Diet”.

Beliau juga menambahkan bahwa DNA (sejenis omega-3), dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih yang selanjutnya bisa membantu tubuh memperkuat sistem kekebalan. Bahkan menurut sebuah penelitian, efek ini berlangsung lebih cepat, yaitu dalam waktu seminggu setelah kamu mengonsumsinya.

 

2. Makanan Tinggi Protein untuk Mendukung Sel Darah Putih Melawan Penyakit

National Institute of Health, mencatat bahwa kandungan mineral seng yang berlimpah dalam tiram, unggas, makanan laut, daging sapi, dan domba, akan bekerja dengan protein dalam daging untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jenis sel kekebalan tertentu termasuk sel darah putih, umumnya tidak dapat berfungsi tanpa adanya mineral seng, menurut ulasan yang diterbitkan pada Desember tahun 2016 di Archives of Biochemistry and Biophysics.

Jumlah protein harian yang direkomendasikan adalah 0,8 gram per kilogram berat badan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan tinggi protein setiap kali makan, untuk meningkatkan imun tubuh. Protein, baik itu yang berasal dari daging tanpa lemak atau makanan vegan seperti tahu dan tempe, keduanya bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk meningkatkan imun tubuh, lho.

Namun pilihlah protein tanpa lemak untuk menyehatkan jantung ya. Karena protein tanpa lemak memiliki 55 kalori, serta 2 hingga 3 gram lemak per porsi, demikian seperti dilansir dari National Heart, Lung, and Blood Institute.

 

3. Makanan Kaya akan Magnesium untuk Menguatkan Antibodi

5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh, Yuk, Rajin Dikonsumsi!

Credit Image - healthdigest.com

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh berikutnya adalah sumber asupan yang kaya akan kandungan magnesium.

Seperti diketahui, vitamin dan mineral berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Tapi yang paling menonjol adalah magnesium, seperti dilansir dari sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2017 di Molecular, Genetic, and Nutritional Aspect of Major and Trace Minerals.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari banyak komponen seperti antibodi, limfosit, dan makrofag, dimana semua ini bekerja sama untuk mengusir penyerang antibodi tubuh seperti virus. Magnesium memainkan peran penting dengan meningkatkan fungsi dari masing-masing komponen tersebut.

Ada beberapa jenis makanan kaya magnesium yang bisa kamu konsumsi, diantaranya biji labu, bayam, alpukat dan beras merah, seperti dilansir dari Cleveland Clinic. Namun menurut U.S Departement of Agriculture, cokelat hitam juga termasuk ke dalam makanan kaya magnesium. Ini karena dalam 100 gram cokelat hitam, mengandung sekitar 65 mg magnesium.

Tapi, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya ya. Karena dalam 100 gram cokelat hitam mengandung 170 kalori.

 

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian yang Mengandung Vitamin E

Dilansir dari National Institute of Health, salah satu camilan yang mengenyangkan dan bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh kamu adalah kacang-kacangan atau biji-bijian. Selain kaya magnesium, kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan vitamin E, antioksidan yang telah terbukti meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri dan virus.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu tak perlu mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Karena dalam satu pak kacang Brazil, sudah bisa memenuhi lebih dari 100% kebutuhan selenium harian kamu.

Selenium merupakan mineral penting yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Sebuah studi yang diterbitkan pada September 2018 di Nutrients mencatat bahwa, selenium memainkan peran penting dalam respon imun karena mikronutrien di dalamnya membantu mengatur fungsi sel kekebalan tubuh, serta menurunkan peradangan.

Tapi perlu diingat ya, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Karena meskipun sehat untuk tubuh, makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang satu ini juga padat akan kalori, lho. Jadi, jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak, maka bisa berdampak pada peningkatan berat badan.

 

5. Makanan yang Mengandung Vitamin C

5 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh, Yuk, Rajin Dikonsumsi!

Credit Image - iwmbuzz.com

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang terakhir, yaitu vitamin C. Seperti diketahui, vitamin C memiliki manfaat dalam menguatkan kekebalan tubuh, serta melindunginya dari stres oksidatif. Tentunya ini sangat bermanfaat ya, apalagi di musim dengan cuaca yang tidak menentu sekarang ini.

Menurut penelitian, stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antioksidan sehat dan zat berbahaya yang disebut radikal bebas dalam tubuh kita. Stres oksidatif ini dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan, diantaranya stroke, kanker, dan diabetes.

Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti lemon, stroberi, blueberry, tomat, brokoli, paprika, serta sayuran hijau, seperti dilansir dari National Institute of Health.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin C juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi multivitamin kandungan lengkap, seperti rangkaian multivitamin dari Enervon.

Pastikan kamu sudah rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet – yang punya kandungan 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, gimana? Kini, kamu sudah mengetahui berbagai makanan untuk meningkatkan imun tubuh, kan? Jadi, mulai sekarang kamu bisa mengonsumsi sejumlah asupan di atas agar risiko terkena penyakit dapat semakin menurun!

 

 

Featured Image – eatingwell.com

Source – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!