Bukan hanya menimbulkan masalah pada tubuh ketika sedang terinfeksi saja, namun Covid-19 juga menyebabkan gangguan kesehatan selama masa pemulihan, bahkan hingga dua sampai enam pekan setelah dinyatakan negatif. Pada kondisi ini, kesehatan anak bisa terganggu akibat MIS-C.

Dilansir dari CNN Indonesia, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia, Yogi Prawira mengatakan bahwa selama ini banyak yang mengira bahwa gejala dan masalah virus corona pada anak hanya terjadi ketika status dinyatakan positif saja.

Justru, masalah sesungguhnya datang setelah anak dinyatakan negatif. Ini dapat terjadi dalam waktu yang cukup lama – seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu selama dua sampai enam minggu setelah dinyatakan sembuh.

Adapun masalah yang muncul merupakan MIS-C – atau multisystem inflammatory syndrome in children. Kondisi ini merupakan sindrom peradangan yang terjadi di berbagai sistem organ pasca terjangkit vitus corona.

Disebutkan bahwa beberapa minggu atau bulan setelah Covid-19 dinyatakan negatif, maka ada kemungkinan terjadi peradangan hebat. Jadi bukan hanya waktu akut Covid-19, tapi setelah negatif juga bisa terjadi peradangan hebat.

Tak cuma pada anak dengan komorbid, peradangan ini juga bisa terjadi pada anak tanpa penyakit penyerta. Kebanyakan anak yang terkena MIS-C tak memiliki komorbid dan bahkan mengalami gejala Covid-19 yang ringan.

 

 

Gejala MIS-C

Credit Image - choa.org

Orangtua perlu mewaspadai masa pemulihan anak dari Covid-19, utamanya selama dua hingga enam pekan setelah dinyatakan negatif. Perhatikan jika muncul gejala-gejala berikut:

  • Demam tinggi
  • Mata merah
  • Ada pembesaran di bagian leher
  • Muntah-muntah
  • Diare

 

Hindari Si Kecil dari Penyakit Berbahaya, Lakukan Hal Ini!

Credit Image - mooimom.id

Untuk menghindari anak terinfeksi penyakit berbahaya, termasuk Covid-19 orangtua perlu mengajak anak lakukan mencuci tangan, serta menghindari kerumunan.

Lalu, jaga selalu kesehatan tubuh dan imunitas Si Kecil– dengan mengajak anak hidup sehat, seperti memberi makanan bergizi dan bernutrisi, rutin melakukan aktivitas fisik, dan istirahat yang cukup.

Optimalkan pula hidup sehat Si Kecil dengan rutin memberinya multivitamin lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan kandungan vitamin tersebut mampu menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya, memelihara kesehatan tulang dan gigi, sekaligus meningkatkan nafsu makan Si Kecil.

 

MIS-C rentan menyerang anak ketika ia sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Jika anak mengalami deretan gejala di atas, jangan ragu untuk segera mendapat pertolongan medis guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

 


Featured Image – inet.detik.com

Source – cnnindonesia.com