Jika dibilang sibuk atau tidaknya, hampir semua orang pasti sibuk. Tapi, ada suatu waktu ketika pekerjaanmu sangat menumpuk, tidak peduli seberapa baiknya kamu mengatur waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, tapi tetap saja pekerjaan yang ada tidak berakhir.

Terkadang kamu memiki beban kerja yang besar, sehingga ada rasa takut ketika ingin memulai pekerjaan tersebut. Namun, tidak perlu khawatir, jika kamu merasakan hal seperti ini, kamu bisa mencoba strategi berikut agar bisa keluar dari beban kerja yang besar.

1. Sadar bahwa kemampuan manusia terbatas

Credit: cnnindonesia.com

Salah satu sifat manusia adalah tidak pernah merasa puas dan seringkali kita berpikir bahwa kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih tanpa berpikir realistis, padahal sebenarnya setiap orang memiliki batas kemampuannya masing- masing.

Jadi, jangan takut untuk mengakui bahwa kamu tidak bisa melakukan semuanya. Ini bukan berarti kamu tidak bisa mengambil sebuah tantangan, tetapi lebih kepada mencari solusi yang lebih baik.

2. Fokus pada kemampuan diri sendiri

Credit: suara.com

Semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing. Cara efektif untuk menjauhi kewalahan dari tugas yang menumpuk adalah bertanya pada diri sendiri apakah semua tugas yang ada sejalan dengan kemampuan yang kamu miliki. Jika tidak, inilah alasan mengapa kamu lambat dalam mengerjakan pekerjaan.

Jadi, ada baiknya kamu mengambil pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Asahlah kemampuanmu dengan mengerjakan sesuai yang sesuai dengan kelebihan sendiri.

3. Memiliki kerja tim yang baik

Credit: theladders.com

Cara paling sederhana untuk mengelola beban kerja adalah memiliki kerja tim yang baik. Setiap orang memang memiliki kemampuannya masing- masing, itulah mengapa kamu harus memiliki tim yang baik.

Saat kamu mendapat tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan, maka secara tidak langsung kamu sedang membuka peluang untuk anggota tim lain yang memiliki kemampuan dalam tugas tersebut. Dan kamu pun bisa sambil mempelajari sesuatu hal baru bersama teman kerja yang sudah ahli dalam bidang tersebut.

4. Membuat perencanaan matang

Credit: startupdonut.co.uk

Sebelum mengerjakan tugas, sebaiknya lakukan perencanaan terlebih dahulu secara natang. Memiliki perencanaan akan mempercepat waktu dalam menyelesaikan tugas.

Tentukan tujuan dari pekerjaan tersebut, kapan tenggat waktunya, apa saja tanggung jawab yang harus kamu lakukan, dan prediksi apa saja tantangan yang mungkin bisa kamu hadapi serta solusinya.  Hal- hal ini bisa membuat kamu jadi lebih fokus dalam mengerjakan suatu tugas.

5. Fokus pada prioritas

Credit: tenjago.com

Semua pekerjaan terkadang tidak memiliki prioritas yang sama. Tetapkan prioritas dari suatu pekerjaan, dan mulailah dari yang paling penting. Namun, jika kamu tidak dapat memyelesaikan semua pekerjaan dalam satu hari, maka jadikan sisa pekerjaan tersebut menjadi prioritas nomor satu dan selesaikan pada esok harinya.

 

Featured Image - steemit.com