Catat! Ini 5 Kesalahan Wirausaha yang Perlu Dihindari Pemula

Catat! Ini 5 Kesalahan Wirausaha yang Perlu Dihindari Pemula

font size A Ǎ

Jika sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai apa manfaat menjadi seorang wirausaha – dan juga tips sukses dalam menjalani profesi tersebut, kini, kamu juga perlu mengetahui berbagai kesalahan dalam berwirausaha yang patut dihindari.

Tak bisa dipungkiri, dalam berbisnis, pasti ada saja kesalahan yang dapat dilakukan oleh pebisnis dan kebanyakan dari mereka pun sudah biasa dengan kegagalan, apalagi masa-masa awal merintis usaha. Ingat, jangan jadikan kegagalan menjadi ketakutanmu dalam berbisnis, ya!

Dalam menjadi wirausaha handal, semuanya tentu memerlukan kerja keras – dan tidak bisa dijalani secara singkat, mencapai kesuksesan juga butuh waktu. Namun, ada beberapa kesalahan dalam menjadi wirausaha yang penting untuk dihindari.

Berikut ini ulasannya.

 

 

Tidak Melakukan Perencanaan yang Matang

Catat! Ini 5 Kesalahan Wirausaha yang Perlu Dihindari Pemula

Credit Image - topbrand-award.com

Bisnis tanpa perencanaan yang matang ibarat tidak sedia payung dimusim hujan, tanpa perencanaan yang matang dapat menyebabkan bisnismu lebih rawan untuk gagal.

Memutuskan menjadi seorang wirausaha tanpa adanya perencanaan yang matang seperti tidak mengetahui target pasar produk atau jasa, tidak mempunyai strategi pemasaran yang tepat sasaran atau tidak mempunyai rencana cadangan ketika bisnis, justru membuatmu berhadapan dengan rintangan sulit yang berakibat melambatnya perkembangan bisnis.

Sebelum memulai bisnis, alangkah baiknya tentukan dulu perencanaan usaha. Pilih produk atau jasa yang akan ditawarkan, pilih cara penjualan dan pemasaran yang sesuai dengan ranah bisnis, kemudian lakukan penghitungan modal untuk persiapan memulai bisnis.

Dan, pastikan alur keuangan bisnis agar tetap sesuai dengan jalan bisnis dan persiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi kerugian.

 

Terlambat Masuk Pasar

Terlambat masuk pasar dan terlalu lama memutuskan untuk memulai bisnis adalah salah satu kesalahan fatal para pebisnis pemula. Terlalu lama berpikir atau merasa belum siap dapat menyebabkan gagalnya mendapat keuntungan dari peluang usaha yang akan kamu jalani.

Keterlambatan dalam memulai bisnis menjadi kesempatan bagi kompetitor untuk memulai ide bisnis yang sama lebih dulu. Ketika kamu terlambat dalam memulai bisnis, calon konsumen kemungkinan telah berpaling ke kompetitor, lho.

 

Keuangan yang Buruk

Catat! Ini 5 Kesalahan Wirausaha yang Perlu Dihindari Pemula

Credit Image - beliefnet.com

Kesalahan dalam menjadi wirausaha selanjutnya adalah memiliki pengaturan keuangan yang buruk. Meski bisnis masih tergolong kecil, bukan berarti kamu bisa acuh pada pengelolaan keuangan, lho. Sekecil atau sebesar apa pun bisnis, sangat penting bagi kalian untuk mengatur manajemen keuangan.

Dengan manajemen keuangan yang teratur, kalian akan paham terhadap kondisi keuangan bisnis, apakah keuangan bisnis berjalan kearah untung atau rugi, menentukan rencana berikutnya untuk pengambilan modal ataupun keputusan bisnis lainnya.

 

Kebutuhan Konsumen yang Tak Terpenuhi

Dalam menjadi wirausaha, sudah menjadi tugasmu dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Karena, pada kenyataannya produk dan jasa kamulah yang ada untuk konsumen, sehingga wajib mengetahui siapa – dan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka.

Nah, kamu pun bisa melihat konsumen dari kebiasaan dan perilakunya, apa yang konsumen inginkan dan tren apa yang sedang diminati saat ini. Boleh saja menghasilan produk atau jasa yang sesuai keinginanmu, namun harus tetap memerhatikan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Ingat, jangan terlalu idealis sampai-sampai konsumen tidak tertarik lagi karena produk atau jasa bisnis, karena tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Apabila konsumen sudsh tidak tertarik dengan produk atau jasa bisnis, hal ini mengakibatkan produk atau jasa bisnis tidak laris, lho!

 

Terburu-buru Ingin Sukses

Catat! Ini 5 Kesalahan Wirausaha yang Perlu Dihindari Pemula

Credit Image - liputan6.com

Kesuksesan dan keuntungan dalam berbisnis akan membutuhkan modal dan memakan waktu yang tidak sedikit. Para bisnis pemula memilikì hasrat ingin cepat sukses dan meraih keuntungan yang pada akhirnya membuat usahamu masuk ke dalam proses yang justru memberikan dampak buruk.

Contohnya, jika kamu hanya mempekerjakan sedikit karyawan kalian untuk mengerjakan banyak tugas, menghindari pajak, meningkatkan harga produk bisnis melebihi batas wajar harga pasaran dan pemilihan bahan baku yang tidak berkualitas.

Dalam menjalani bisnis, selain menghindari kesalahan wirausaha, kamu juga perlu memerhatikan aspek lainnya, termasuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas harian.

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kamu bakal lebih mudah menjalani bisnis online, apalagi yang bergerak di bidang kuliner. Biasanya bisnis makanan bakal lebih sibuk, sehingga kamu butuh tenaga ekstra.

Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Menjadi wirausaha memang bukan profesi yang mudah, lho. Agar kesuksesan bisnis dapat dicapai secara maksimal, pastikan kamu sudah menghindari deretan kesalahan di atas!

 

 

Featured Image – jakartanotebook.com

Source – suara.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!