Networking jadi Relasi Profesional, Ini 6 Tips Jitu Lakukannya!

Networking jadi Relasi Profesional, Ini 6 Tips Jitu Lakukannya!

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, dalam dunia kerja menjalin relasi – atau networking merupakan salah satu hal yang penting. Dari sini, kamu bisa mendapat berbagai kesempatan baru, mulai dari memperoleh informasi pekerjaan, pengetahuan baru, hingga partner bisnis atau investor.

Networking sendiri dikenal sebagai salah satu cara untuk meningkatkan jenjang karir. Namun, seringkali relasi yang terjalin bukanlah dalam bentuk profesional, lho. Lalu, bagaimana cara mengubahnya menjadi networking profesional?

Berikut ini tips yang dapat kamu terapkan, simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

Bergerak Cepat

Networking jadi Relasi Profesional, Ini 6 Tips Jitu Lakukannya!

Credit Image - kassen.com.tw

Tips yang pertama, yaitu jangan berhenti di situ saja – dan segera bergerak cepat! Melansir The Muse, alasan orang gagal dalam mengubah networking jadi relasi profesional adalah terlambat untuk mengambil tindakan lanjutan.

Ketika bertemu dengan relasi baru, jangan berhenti pada berkenalan dan bertukar kontak, langsung perdalam hubungan tersebut. Tingkatkan hubungan lewat pertemuan berikutnya. Jangan hanya menunggu ajakan, tapi kamu yang harus berinisiatif untuk mengajak.

 

Yuk, Rutin Jalin Komunikasi!

Kamu pasti tahu bahwa untuk mempertahankan suatu hubungan, maka diperlukan komunikasi, begitu pula dalam urusan networking. Setuju, kan? Nah, obrolan ringan seperti bercerita mengenai rutinitas harian, akan mempererat hubungan.

Dengan begini, seseorang akan merasa lebih akrab dan nyaman ketika berkomunikasi dengan kamu.  Jika kamu tidak berkomunikasi dengan teratur, hubungan bisa menjadi renggang. Sehingga, kamu berisiko kehilangan hubungan tersebut. 

 

Menawarkan Bantuan

Networking jadi Relasi Profesional, Ini 6 Tips Jitu Lakukannya!

Credit Image - forbes.com

Menurut Forbes, jangan sungkan untuk menawarkan bantuan kepada relasi kamu. Ingatlah bahwa jangan berharap hanya dibantu saja, tetapi saat relasi sedang kesusahan, berikan bantuan yang kamu bisa. 

Selain itu, tetapp ingat kalau tanpa disadari, mungkin saja bantuan tersebut sangat berarti bagi orang lain. Sehingga ketika kamu kesulitan, mereka juga akan membantumu. Jadi, jangan lupa tetap menawarkan bantuanmu sebisa mungkin, ya!

 

Mendengarkan Pembicaraan dengan Baik

Ketika berkomunikasi dengan relasi, terkadang pembicaraan mengarah pada hal-hal di luar pekerjaan. Namun, jangan langsung meninggalkan percakapan tersebut. Bisa saja pembicaraan tersebut menjadi kunci untuk mencapai target kamu. 

Bisa juga percakapan tersebut melahirkan kesempatan lain untuk mempererat hubungan, lho. Jangan sampai karena kamu tidak bisa menjadi pendengar yang baik, lantas lawan bicaramu menjadi enggan berkomunikasi denganmu!

 

Manfaatkan Teknologi yang Tersedia

Networking jadi Relasi Profesional, Ini 6 Tips Jitu Lakukannya!

Credit Image - gramedia.com

Saat ini, komunikasi sudah sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Optimalkan media sosial untuk mendapatkan networking yang baru, misalnya dengan platform LinkedIn – atau media sosial lainnya.

Kamu hanya perlu lakukan hal yang sederhana seperti ucapan selamat atas jabatan baru atau ulang tahun untuk menjalin komunikasi awal. Sederhana, bukan?

 

Menjaga Konsentrasi untuk Membangun Networking Profesional

Nah, kamu sekarang sudah tahu ya berbagai cara membangun hubungan secara profesional? Dalam hal ini, tentu kamu membutuhkan komunikasi yang baik – dan ini tidak bisa dipisahkan dari unsur energi dan stamina tubuh, lho.

Sebab, jika tubuh sudah mendapatkan energi yang cukup, maka kamu bisa semakin fokus dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam menjalin hubungan kerja.

Jadi, dukung selalu produktivitas dan pertahankan stamina tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak heran kalau kamu makin produktif!

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya.

 

Membangun networking tidak sesulit yang kamu bayangkan, kok! Mudahnya, kamu bisa menerapkan deretan tips di atas, ya. Hal-hal tersebut bisa membantu mengembangkan karir. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – entrepreneur.com

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!