B Kompleks: Vitamin Anak 1 Tahun yang Membantu Tumbuh Kembang Si Kecil

B Kompleks: Vitamin Anak 1 Tahun yang Membantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Sudah bukan rahasia lagi, kebutuhan nutrisi yang terpenuhi dengan baik merupakan salah satu kunci tumbuh kembang Si Kecil. Apalagi, di masa emas anak, termasuk di usia 1 tahun, kecukupan nutrisi, termasuk vitamin anak 1 tahun tak boleh dilewatkan, ya, moms dan dads.

Dari sekian banyaknya vitamin anak 1 tahun, vitamin B kompleks menjadi salah satu jenis nutrisi yang bermanfaat baik untuk tubuh, khususnya bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil – termasuk dalam mengatur selera makan anak hingga proses metabolisme.

Vitamin anak 1 tahun yang satu ini, merupakan vitamin yang tergolong dalam kategori larut dalam air. Meski tidak banyak disimpan dalam tubuh, vitamin B kompleks mengalir ke seluruh tubuh dan membantu mengeluarkan racun melalui urin.

Lantas, apa saja manfaat dari vitamin anak 1 tahun berupa vitamin B kompleks ini? Berikut informasi lengkapnya!

 

 

Vitamin B1 untuk Menambah Energi

B Kompleks: Vitamin Anak 1 Tahun yang Membantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Credit Image - klikdokter.com

Biasa menyebutnya sebagai thiamin, tubuh anak juga membutuhkan asupan vitamin B1 untuk memproses serta mengubah glukosa menjadi energi. Tak hanya itu saja, vitamin B1 pun mempunyai peran dalam perkembangan organ seperti otak serta jantung.

Lalu, manfaat vitamin B1 untuk anak juga dapat membantu melindungi sistem saraf dari kerusakan sehingga tubuh tetap berfungsi dengan seharusnya.

Berdasarkan National Institutes of Health, setidaknya anak perlu mendapatkan asupan harian thiamin sekitar 1 – 2 mg. Berikut adalah sumber vitamin B1 atau thiamin yang berasal dari makanan, yaitu:

  • Ikan
  • Kacang-kacangan
  • Biji bunga matahari
  • Sereal gandum
  • Kacang polong
  • Kacang hitam

 

Vitamin B2 untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Vitamin untuk anak 1 tahun berikutnya adalah vitamin B2. Tubuh anak membutuhkan vitamin B2 untuk membantu memecah karbohidrat, protein, dan juga lemak sehingga memaksimalkan kinerja oksigen dalam tubuh.

Ada beberapa manfaat riboflavin atau vitamin B2 untuk kesehatan anak. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan juga sistem saraf. Setidaknya, anak mendapatkan asupan harian riboflavin sekitar 0,5 – 1 mg yang berasal dari jenis makanan seperti susu, yogurt, putih telur, daging, keju, sayuran hijau, dan jeroan – atau hati.

 

Vitamin B3 untuk Menjaga Metabolisme

B Kompleks: Vitamin Anak 1 Tahun yang Membantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Credit Image - lifestyle.sindonews.com

Peran vitamin B3 atau biasa juga disebut sebagai niasin sebagai salah satu dari vitamin B kompleks adalah juga untuk mengubah makanan menjadi energi. Lalu, manfaat lainnya dari vitamin B3 untuk anak adalah menjaga kesehatan kulit, mendukung sistem saraf, serta memastikan metabolisme berjalan dengan baik.

Berbeda dengan jenis vitamin B lainnya, niasin tergolong tahan dengan suhu panas sehingga anak mudah mendapatkannya. Anak membutuhkan asupan niasin sekitar 2 – 16 mg per hari. Berikut adalah sumber makanan yang mempunyai kandungan vitamin B3, di antaranya adalah:

  • Ikan
  • Ayam
  • Daging
  • Roti gandum
  • Susu
  • Telur
  • Jamur

 

Vitamin B5 untuk Produksi Sel Darah Merah

Vitamin anak 1 tahun selanjutnya adalah vitamin B5 – atau disebut juga sebagai asam pantotenat yang berperan untuk memproduksi  koenzim, protein, dan juga lemak baru.

Manfaat vitamin B5 untuk anak adalah untuk membantu proses penyerapan karbohidrat serta memproduksi sel darah merah. Lalu, sel darah merah membawa vitamin B5 ke seluruh tubuh untuk mempermudah proses nutrisi.

Setidaknya, anak mendapatkan asupan harian 3 – 4 mg vitamin B5 yang juga bisa orangtua berikan melalui jenis makanan seperti hati, daging, susu, telur, kacang tanah, alpukat, dan juga jamur shitake.

 

Vitamin B6 untuk Membantu Perkembangan Otak

B Kompleks: Vitamin Anak 1 Tahun yang Membantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Credit Image - jovee.id

Tubuh Si Kecil pun juga memerlukan asupan vitamin untuk anak 1 tahun yang satu ini. Vitamin B6 – atau disebut juga sebagai piridoksin bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah serta menjaga sistem pencernaan.

Tak hanya itu saja, manfaat lainnya dari vitamin B6 juga dapat memengaruhi sistem saraf dan perkembangan otak sehingga membantu tahapan kognitif anak.

Beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin B6 untuk anak, di antaranya adalah:

  • Ikan
  • Kentang
  • Kacang-kacangan
  • Pisang
  • Kacang kedelai
  • Sayuran hijau
  • Hati

 

Vitamin B7 untuk Menjaga Kadar Gula

Vitamin anak 1 tahun ini juga menjadi nutrisi yang sangat penting untuk proses metabolisme lemak – dan juga karbohidrat. Vitamin B7 atau biotin mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf anak. Ditambah, ada pula manfaat untuk mengontrol kadar gula darah bagi anak yang mengalami diabetes tipe 2.

Pada pertumbuhan anak, setidaknya ia membutuhkan asupan vitamin B7 sekitar 12 – 40 mcg setiap harinya yang berasal barley, jamur, kembang kol, kuning telur, ayam, alpukat, bayam, dan juga jagung.

 

Vitamin B9 untuk Mencegah Anemia

B Kompleks: Vitamin Anak 1 Tahun yang Membantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Credit Image - alodokter.com

Selain untuk program hamil, vitamin B9 atau folat juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada anak. Hal ini karena manfaat vitamin B9 untuk anak adalah memproduksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Sumber vitamin B9 yang dapat orangtua berikan sebagai asupan anak, di antaranya adalah:

  • Brokoli – atau sayuran hijau lainnya
  • Biji-bijian
  • Telur
  • Sereal
  • Buah citrus
  • Alpukat
  • Pepaya

 

Vitamin B12 untuk Menjaga Kesehatan Sel Saraf

Folat dari vitamin B9 dapat bekerjasama dengan vitamin B12 untuk meningkatkan sistem imun anak. Anda perlu berhati-hati karena kurangnya asupan kedua vitamin ini dapat memicu malnutrisi.

Manfaat utama dari vitamin B12 atau kobalamin adalah membantu memproduksi dan memelihara mielin yang mengelilingi sel saraf anak. Nah, ini juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pernapasan seperti asma pada anak.

Dalam memenuhi asupan 2 mcg vitamin B12 harian, orangtua dapat memberikan sumber makanan seperti susu, keju, telur, ikan, kerang, dan daging.

Selain dari sumber makanan di atas, vitamin anak 1 tahun yang satu ini juga bisa dipenuhi dengan memberi Si Kecil multivitamin tambahan seperti, Enervon-C Plus Sirup, lho. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Moms dan dads, jadi, itulah deretan manfaat vitamin B kompleks yang juga termasuk vitamin anak 1 tahun untuk membantu tumbuh kembangnya. Pastikan sang buah hati sudah mencukupi kebutuhan nutrisi yang satu ini!

 

 

Featured Image – andik.my.id

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!