Musik Sebagai Mood Booster, Dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas!

Musik Sebagai Mood Booster, Dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas!

font size A Ǎ

Ketika bekerja, mood booster adalah sesuatu hal yang sangat dibutuhkan. Bukan tidak mungkin kamu mengalami jenuh, penat, dan bosan ketika menyelesaikan pekerjaan. Nah, di sinilah tugas mood booster akan membantu mengembalikan suasana hatimu.

Selain dari konsumsi makanan tertentu, mood booster juga bisa diperoleh dengan melakukan kegiatan, termasuk mendengarkan musik, lho. Dilansir dari Inc, musik memiliki manfaat untuk memengaruhi tingkat fokus – dan produktivitas seseorang.

Lebih lanjut mengenai peran musik sebagai mood booster, berikut ulasan lengkapnya yang dapat kamu simak sampai habis!

 

 

Manfaat Musik Sebagai Mood Booster dan Meningkatkan Produktivitas

Musik Sebagai Mood Booster, Dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas!

Credit Image - doktersehat.com

Musik merupakan sarana hiburan yang paling sering didengarkan oleh banyak orang. Baik itu untuk menenangkan diri, untuk ‘lari’ dari realita yang kadang memusingkan, atau berbagai alasan lainnya yang kamu miliki.

Dilansir dari New York Times, penelitian yang dilakukan oleh Dr. Lesiuk dari University of Windsor, Canada, menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat. 

Tak hanya itu, mereka juga terbukti berhasil memberikan ide yang lebih baik, jika dibandingkan dengan orang yang tidak mendengarkan musik. Hal ini dikarenakan musik dapat menjadi mood booster seseorang, lho.

Ketika mood sedang bagus, maka kamu dapat lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dan dapat berpikir dengan lebih kreatif. Meskipun begitu, tetap gunakan earphone atau headphone selama bekerja dengan amanya.

Menurut WHO, terdapat anjuran volume jika kamu ingin mendengarkan musik melalui headphone.

Untuk volume sangat kencang yaitu 100 decibel (dB), disarankan untuk mendengarkan maksimal 15 menit per harinya. Lebih dari itu, kegiatan mendengarkan musik kamu bisa membahayakan pendengaranmu.

Jadi, jika memang harus mendengarkan lagu, usahakan atur volume serendah mungkin. Angka yang disarankan antara 5 sampai dengan 45 dB. Ketika bekerja di rumah, kamu bisa menggunakan speaker atau mendengarkan langsung dari laptop untuk mengurangi risiko kerusakan pendengaran.

 

Jenis Musik untuk Meningkatkan Produktivitas

Musik Sebagai Mood Booster, Dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas!

Credit Image - kuliahdimana.id

Selera musik setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang suka mendengarkan musik klasik untuk meningkatkan produktivitas dan fokus, ada juga yang mendengarkan musik rock.

Dilansir dari Entrepreneur, berikut ini adalah beberapa jenis musik yang dipercaya dapat meningkatkan produktivitas kerja kamu!

1. Klasik

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa musik klasik dapat meningkatkan fokus dan juga produktivitas – serta sudah pasti berperan sebagai mood booster. Dan tentunya, hal ini ternyata bukan asumsi belaka.

Sudah banyak riset yang menunjukkan bahwa musik klasik memang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Ini dikarenakan musik klasik biasanya tidak memiliki lirik. Pun jika ada, biasanya pendengar tetap akan lebih terfokus ke melodi, bukan liriknya. 

Kamu bisa mendengarkan karya-karya komposer terkenal seperti Bach, Mozart, Beethoven, dan lainnya.

 

2. Suara alam

Jenis musik lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas adalah musik dengan suara alam seperti hujan, air terjun, suara burung, dan lainnya. Beberapa orang menganggap suara dari alam memiliki efek menenangkan, sehingga mereka dapat menghapuskan distraksi di kepala dan fokus dengan pekerjaan.

 

3. Musik sinematik

Musik sinematik yang dibuat untuk beberapa film juga dapat didengarkan untuk meningkatkan produktivitas, lho. Apalagi, jika musik tersebut memang ditujukan untuk mendukung adegan yang bersemangat di dalam film.

Ketika mendengarkan musik sinematik, kamu bisa jadi merasa terinspirasi dan termotivasi untuk menyelesaikan apapun yang harus dikerjakan. Beberapa rekomendasi musik sinematik yang bisa kamu dengarkan antara lain adalah musik gubahan Hans Zimmer, John Powell, dan masih banyak lagi.

 

4. Lagu kesukaanmu

Nah, kalau ini sudah jelas dapat membantu kamu untuk menjadi lebih produktif dan fokus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika mood kamu bagus, maka pekerjaan akan terasa lebih mudah untuk diselesaikan.

Direkomendasikan untuk mendengarkan lagu yang tidak terlalu ‘berisik’, dalam artian tidak memiliki terlalu banyak lirik yang mungkin mengganggu. Kamu bisa membuat playlist khusus bekerja yang diisi dengan lagu-lagu kesukaanmu.

Dengarkan playlist tersebut di pagi hari agar lebih bersemangat sebelum ataupun saat sedang bekerja.

 

Jenis Mood Booster Lainnya yang Dapat Ditemukan

Musik Sebagai Mood Booster, Dapat Bantu Tingkatkan Produktivitas!

Credit Image - bakingbusiness.com

Selain mendengarkan musik, mood booster juga bisa kamu peroleh melalui jenis makanan tertentu, terutama yang kaya akan kandungan antioksidan, seperti cokelat hitam, pisang, buah beri, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta ikan berlemak.

Kemudian, mood booster juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin B kompleks, lho.

Vitamin B kompleks sejatinya terdiri dari 8 jenis vitamin, yaitu vitamin B1 (tiamin)vitamin B2 (riboflavin)vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Lebih spesifik – gabungan vitamin tersebut memang dapat meningkatkan suasana hati dan energi dalam tubuh. Tapi, dari kedelapan vitamin B kompleks, terdapat empat jenis vitamin yang benar- benar berpengaruh pada mood seseorang, lho.

Dimulai dari vitamin B3 atau niasin yang memiliki peran dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Kemudian, ada juga vitamin B6 yang dikenal perannya untuk fungsi tubuh, fisik, dan psikologis. Vitamin B6 sangatlah penting, karena vitamin ini juga dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi.

Vitamin B6 memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang. Sehingga, kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Kemudian, vitamin B9 juga tidak kalah pentingnya dalam produksi sel baru di dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi.

Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Yang terakhir, vitamin B12 juga berperan penting dalam meningkatkan suasana hati. Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu mendongkrak mood, sekaligus membentuk energi positif di dalam tubuh.

Untuk memperoleh sejumlah vitamin B kompleks, kamu bisa memperoleh asupan ini dari ikan salmon, daging sapi, susu, yogurt, sayuran berdaun hijau, dan telur. Selain itu, kamu juga direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta berperan sebagai mood booster.

Dan, kandungan vtamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Wah, dari penjelasan di atas, mendengarkan musik memang dapat membantu membangkitkan suasana hati sekaligus meningkatkan produktivitas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – kompasiana.com

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!