Subvarian Omicron terbaru, yaitu BA.2.75 – atau disebut sebagai Centaurus sudah ditemukan di Indonesia. Diketahui, hingga kini, tercatat sebanyak tiga kasus di Indonesia, dua diantaranya terjadi di Jakarta dan satu lainnya di Bali.

Omicron Centaurus sendiri pertama kali terdeteksi di India pada awal Mei lalu – bahkan, subvarian disebut-sebut sebagai biang kerok lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah negara. Centaurus pun sudah masuk ke dalam kategori Variant of Concern Lineage Under Monitoring. Artinya, varian ini tengah diawasi ketat oleh WHO.

Berbicara soal subvarian Omicron Centaurus, lantas, apa saja gejala yang ditimbulkan dari subvarian ini? Berikut ulasannya.

 

 

Gejala Subvarian Omicron Centaurus

Credit Image - health.kompas.com

Sejauh ini, tiga pasien Centaurus di Indonesia dilaporkan mengalami gejala ringan – dan tidak ada gejala sedang maupun berat yang dilaporkan. Juru Bicara Kemenkes Muhammad Syahril mengatakan bahwa gejala yang muncul serupa dengan yang ditemukan pada pasien Omicron BA.4 dan BA.5.

Berikut beberapa gejala yang perlu diperhatikan:

  1. Batuk
  2. Demam
  3. Pilek
  4. Nyeri tenggorokan
  5. Sakit kepala dan pusing
  6. Mual dan muntah
  7. Sesak napas dalam infeksi yang paling parah

Kendati demikian, masyarakat diimbau untuk tak terlalu khawatir, namun tetap waspada. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan kasus yang memperlihatkan gejala Covid-19 centaurus di berbagai negara terhitung masih sedikit.

 

Centaurus Disebut Sebagai Cucu Omicron Awal

Credit Image - weather.com

Sebelumnya, sekitar 80 persen kasus Covid-19 di Amerika Serikat didominasi dari Omicron varian BA.5, Bunda. Namun, baru-baru ini para ahli mengatakan ada subvarian baru yang lebih mengkhawatirkan, yakni BA.2.75.

Varian ini merupakan subvarian lain yang diturunkan dari Omicron versi BA.2 Sementara itu, seorang Ahli Mikrobiologi dan Direktur Virologi Klinis di Mayo Clinic Minnesota, Matthew Binnicker, Ph.D, menyebut varian Omicron Centaurus sebagai cucu dari Omicron versi awal.

Para ahli mengungkapkan Omicron Centaurus sangat menular dan mungkin bisa melewati kekebalan sebelumnya. Meski begitu, memakai masker dan vaksinasi merupakan tindakan pencegahan yang baik untuk dilakukan.

 

Langkah Pencegahan yang Perlu Dilakukan

Credit Image - jambi.harianhaluan.com

Para ahli mengatakan penggunaan masker dan melakukan vaksinasi masih menjadi tindakan efektif yang bisa dilakukan. Vaksinasi memang tidak bisa melindungi diri sepenuhnya, namun bisa menurunkan gejala ketika terserang varian ini.

Selain vaksinasi, menerapkan protokol kesehatan berupa menjaga jarak, memakai masker, rutin mencuci tangan juga sangat direkomendasikan untuk dilakukan meskipun sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Lalu, menjaga kekebalan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah deretan gejala subvarian Omicron Centaurus yang penting untuk diperhatikan. Yuk, terus waspada akan risiko penularan virus!

 

 

Featured Image – health.detik.com

Source – cnnindonesia.com