Hingga saat ini, penularan virus corona masih kembali meningkat imbas dari munculnya beragam subvarian terbaru, yaitu Omicron BA.4, BA.4, dan BA.2.75 – atau Centaurus yang teranyar. Infeksi virus ini pun menyebabkan berbagai gejala yang penting diperhatikan.

Meski kebanyakan gejala Covid-19 berkaitan dengan saluran napas, namun ada pula pasien yang justru mengeluh sulit tidur. Apalagi, infeksi virus corona membuat pasiennya menjadi lebih mudah lelah. Lantas, mengapa hal ini dapat dialami pasien?

Dilansir dari Times of India, sejumlah penelitian menyebut durasi dan kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh durasi infeksi virus. Studi menyebutkan, rhinovirus bisa menyebabkan penurunan waktu tidur pasien hingga 23 menit. Selain itu, efisiensi tidur juga berkurang sampai rata-rata 5 persen selama virus masih aktif di dalam tubuh.

Sedangkan, pada kasus Covid-19 studi di tahun 2021 menyebut pasien berpotensi mengalami sulit tidur tiga kali – atau bahkan lebih dalam seminggu. Padahal, diketahui, tidur berkualitas merupakan cara penyembuhan alami. Tidur yang berkualitas pun berperan penting dalam mengatasi gejala berkepanjangan.

Di sisi lainnya, Covid-19 juga dapat membuat pasien mudah lelah dan tidak bisa memperoleh cukup tidur. Masalah ini dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental pasien. Hal inilah yang sering memicu gangguan fungsi kognitif pada pasien yang mengalami gejala berkepanjangan. Efeknya, pasien rentan frustasi – dan mengalami masalah dalam berkomunikasi.

Selain masalah susah tidur, gejala Covid-19 lainnya dapat berupa demam – atau kedinginan, pilek, sakit kepala, lelah, sesak nafas, muntah, rambut rontok, kulit kering, suhu tubuh tinggi di atas 38 derajat Celcius, diare, ruam kulit, hingga kehilangan kemampuan mencium bau alias anosmia.

 

 

Hal yang Perlu Dilakukan untuk Hindari Paparan Virus

Credit Image - alodokter.com

Langkah paling efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona hingga beragam mutasinya, termasuk Omicron – dan turunannya, yakni dengan rutin mencuci tangan, hingga membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi dan menghindari tempat yang ramai.

Selain itu, mendapatkan vaksinasi secara lengkap sekaligus booster juga tak kalah pentingnya. Nantinya, setelah vaksin, kamu juga masih disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

Menjaga kekebalan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Infeksi virus corona dapat menyebabkan gejala sulit tidur – dan para pasien pun kerap mengalami kondisi ini. Untuk menghindari berbagai dampak buruk dari Covid-19, terus lakukan protokol kesehatan dan jaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

 

 

Featured Image – depok.pikiran-rakyat.com

Source – detik.com