5 Cara Menurunkan Panas Badan dengan Nutrisi, Ini Asupannya!

5 Cara Menurunkan Panas Badan dengan Nutrisi, Ini Asupannya!

Ketika demam, asupan makanan dan minuman yang tepat ternyata merupakan salah satu cara menurunkan panas badan yang ampuh, lho. Asalkan, kamu sudah cermat dan memilih asupan nutrisi – ini berlaku baik buat diri sendiri maupun ketika merawat orang yang mengalami kondisi ini.

Sebenarnya, tidak ada pantangan makanan khusus bagi orang yang sedang demam. Cara menurunkan panas badan yang utama – dan terpenting adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mencukupi kebutuhan cairan guna mempercepat pemulihan.

Di antara beragam makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi saat demam, berikut rekomendasi terbaik yang perlu kamu ketahui. Simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

Sup Krim Ayam

5 Cara Menurunkan Panas Badan dengan Nutrisi, Ini Asupannya!

Credit Image - tasteofhome.com

Cara menurunkan panas badan dengan asupan makanan memang penting. Kamu bisa mengonsumsi sup krim ayam yang ditambahkan jagung mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak saat melawan infeksi.

Tingginya kandungan air pada makanan ini akan memberikan asupan cairan dan elektrolit sehingga bermanfaat untuk orang yang demam. Selain itu, sup krim ayam juga mengandung asam amino sistein yang dapat melawan virus dan meredakan peradangan pada tubuh.

Bagi orang yang terkena demam disertai pilek, sup ayam adalah makanan yang tepat untuk meredakan gejala penyakit ini.

Tambahan jagung dalam sup krim ayam berperan penting dalam kesehatan tubuh kamu, lho. Penelitian terbitan Journal Of Agricultural And Food Chemistry menunjukkan bahwa jagung memiliki jumlah antioksidan yang lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya yang mampu melawan radikal bebas.

 

Madu

Cara menurunkan panas badan juga dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi madu. Khasiat asupan yang satu ini memang seakan tidak ada matinya, kan? Bahan makanan alami ini mengandung zat antibakteri serta dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, menurut Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine.

Sifat antibakteri dan kemampuan madu dalam meningkatkan sistem imun amat penting dalam proses pemulihan penyakit. Ini sebabnya madu menjadi salah satu makanan yang cocok untuk orang demam. Orang yang mengalami demam dapat mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurkannya ke dalam makanan dan minuman.

Namun, pastikan kamu tidak memberikan madu kepada bayi di bawah 1 tahun karena sistem imun bayi belum sempurna.

 

Air Kelapa

5 Cara Menurunkan Panas Badan dengan Nutrisi, Ini Asupannya!

Credit Image - vogue.in

Cara menurunkan panas badan juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi air kelapa, lho. Demam bisa membuat tubuh kehilangan banyak cairan tubuh dan elektrolit sehingga risiko dehidrasi pun meningkat. Apabila kamu mengalami gejala dehidrasi, tentu demam akan semakin memburuk.

Maka dari itu, minuman yang kamu konsumsi saat demam harus bisa mengembalikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang. Dengan begitu, tubuh lebih cepat pulih dan tetap terasa nyaman meski sedang demam tinggi.

Agar elektrolit yang hilang selama demam dapat kembali lagi, minumlah minuman yang mengandung ion. Nah, kamu bisa mendapatkannya dari minuman isotonik maupun sumber alami seperti air kelapa.

Menurut sebuah penelitian dalam International Journal of Pharmaceutical Sciences And Research, air kelapa cukup ampuh untuk mengembalikan kandungan elektrolit tubuh dan menghambat produksi prostaglandin.

Prostaglandin merupakan hormon yang berperan dalam menghasilkan peradangan, peningkatan suhu tubuh, dan nyeri. Jika prostaglandin dihambat, suhu tubuh akan stabil secara perlahan.

 

Teh Hangat

Tidak ada makanan ataupun minuman yang dapat meredakan demam, atau bahkan menyembuhkan penyakit. Namun, minuman penurun panas yang diberikan untuk orang demam dapat meningkatkan fungsi imun meredakan gejala.

Teh hangat bisa menjadi pelengkap dari berbagai makanan untuk orang yang sedang demam. Pasalnya, minuman ini memiliki begitu banyak manfaat, dari memberikan asupan cairan, melegakan hidung mampet, serta meredakan peradangan pada tubuh.

Teh juga mengandung senyawa yang disebut polifenol. Diketahui dari sebuah peneltian terbitan Journal of Immunology Research, senyawa ini membantu tubuh Anda melawan infeksi virus, bakteri, serta jamur.

Berkat manfaat tersebut, teh menjadi pilihan minuman tepat bagi Anda yang mengalami demam disertai batuk dan pilek.

 

Buah-buahan

5 Cara Menurunkan Panas Badan dengan Nutrisi, Ini Asupannya!

Credit Image - brilio.net

Buah-buahan merupakan makanan sumber vitamin dan mineral terbaik saat demam. Beberapa jenis buah seperti stroberi, anggur, apel, blueberry, dan cranberry juga kaya akan senyawa antosianin yang mampu melawan virus dan meredakan peradangan.

Senyawa antosianin pada ekstrak buah mampu menghambat perlekatan bakteri dan virus pada sel tubuh. Senyawa ini pun terbukti dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa memilih buah-buahan yang kaya dengan vitamin C, vitamin E, dan vitamin A (betakaroten).

Dalam ketiga zat gizi tersebut, terkandung antioksidan yang siap memperkuat sistem kekebalan tubuh saat melawan penyakit.

Lalu, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan mineral elektrolit yang lebih banyak. Ini karena tubuh membutuhkan berbagai mineral elektrolit untuk bisa menjalankan fungsinya. Pisang bisa menjadi salah satu contohnya, mengingat kandungan kaliumnya cukup tinggi.

Kalium termasuk salah satu ion yang hilang ketika kamu demam dan dikeluarkan lewat keringat.

Selain dari buah-buahan, asupan vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Dan tentunya, kandungan vitamin B kompelsk dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi – lebih tahan lama, lho!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Mendapatkan asupan nutrisi yang tepat merupakan salah satu cara menurunkan panas badan yang jitu, lho. Jika kamu tengah alami demam, pastikan sudah memperoleh makanan bergizi seimbang!

 

 

Featured Image – pccmarkets.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!