Mempererat hubungan orangtua dengan anak dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan menyenangkan, lho. Bagimu yang punya aktivitas padat pun, aktivitas dengan anak bisa dilaksanakan di akhir pekan.

Cobalah mengisi akhir pekan dengan kegiatan seru yang dapat membangun kedekatan, khususnya kedekatan antara ibu dan sang buah hatinya. Nah, kamu juga bisa mengagendakan sejak jauh-jauh hari, seperti apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama dengan Si Kecil.

Untukmu yang ingin mengisi waktu akhir pekan dengan kegiatan bonding dengan anak. Berikut ini rekomendasi aktivitasnya!

 

 

Memasak Bersama

Credit Image - klikdokter.com

Aktivitas paling sederhana dan menyenangkan yang bisa kamu manfaatkan bersama Si Kecil adalah dengan mengajak mereka memasak bersama. 

Dalam melakukan aktivitas ini, kamu bisa meminta anak untuk membantu mengaduk adonan, mengocok telur, mengambil dan memasukan bumbu ke dalam masakan, dan kegiatan dapur lainnya. Terdengar simple, kan?

Meski terdengar sangat sederhana, namun ini akan memberikan kesan besar bagi buah hati, lho. Mereka akan merasa diajak berkontribusi dalam membuat makanan untuk keluarga di rumah. Selain itu meningkatkan bonding, memasak bersama anak juga akan membuat mereka antusias saat menikmati makanan hasil masakan mereka sendiri. Jadi double function, ya!

 

Belanja Kebutuhan Rumah

Sebelum memasak, kamu juga bisa mengajak Si Kecil untuk belanja kebutuhan rumah yang sudah habis. Nggak perlu terlalu jauh, cukup berbelanja di minimarket dekat rumah pun nggak masalah, kok.

Selain memasak, anak juga akan suka ketika diajak pergi belanja bulanan. Meski sering kali meminta beberapa 'amunisi' andalan mereka seperti permen, cokelat, atau makanan ringan lainnya tetapi kegiatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mendekatkan diri pada anak.

Tak hanya dekat dengan anak, kamu juga bisa mengajak anak belanja sambil belajar, lho. Caranya adalah dengan mengenalkan beragam warna yang ada dari setiap barang, atau mengenalkan apa nama dan kegunaan barang-barang yang akan mereka beli nanti.

 

Membersihkan Rumah

Credit Image - kabarsiger.com

Kegiatan bonding kamu dan anak saat liburan selanjutnya adalah membersihkan rumah bersama. Jika di hari-hari biasa kamu tak sempat membersihkan rumah atau pun kamar anak, saat liburan inilah waktu yang tepat untuk melakukannya bersama.

Nah, kamu bisa memulainya dengan mengajak anak merapikan kamar tidurnya sendiri. Misalnya dimulai dari membereskan mainan yang berantakan, hingga merapikan tempat tidur yang sudah digunakan. Selain menjadi momen mendekatkan diri dengan anak, kegiatan ini juga bisa membantumu untuk melatih tanggung jawab dan kemandirian anak sedari dini.

 

Mengajak Anak Keliling Kompleks

Liburan bersama anak nggak selalu mahal dengan mengunjungi tempat-tempat di luar rumah, kok. Orangtua pun bisa memanfaatkan area sekitar komplek atau taman bermain untuk menghabiskan waktu bersama anak.

Baik di pagi atau sore hari, kamu bisa mengajak anak untuk jalan-jalan keliling komplek. Selama perjalanan, kamu dan anak bisa bertukar cerita atau mengamati lingkungan sekitar.

Selain mendapat manfaat kesehatan dengan berjalan kaki, anak pun bisa semakin terbuka dengan kamu karena agenda bertukar cerita tadi. Tak hanya itu, anak juga bisa belajar hal-hal baru yang ada di lingkungan sekitarnya. 

 

Membaca Buku Cerita

Credit Image - cnnindonesia.com

Kegiatan terakhir yang tak kalah bermanfaat adalah membacakan buku cerita. Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh saat membacakan cerita kepada Si Kecil, salah satunya membangun kedekatan antara orangtua dan anak.

Jika kamu sedang mengurangi waktu layar atau screen time anak, kegiatan satu ini bisa jadi pilihan yang tepat agar anak tetap bisa mengisi waktu liburnya dengan kegiatan yang positif.

Selain membangun bonding yang kuat, membacakan buku cerita pada anak juga akan meningkatkan kemampuan kognitif mereka lewat cerita yang dibacakan. Jadi, anak pun bisa mendapat manfaat lebih dari kegiatan satu ini!

Berakhir pekan dengan menghabiskan waktu bersama Si Kecil memang menyenangkan, ya? Tapi, biar aktivitas makin maksimal, pastikan kamu – dan Si Kecil sudah memiliki energi yang cukup.

Untuk menjaga energi, kamu disarankan mengonsumsi rangkaian multivitamin dari Enervon, lho.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Dan untuk anak-anak, bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Wah, gimana? Berakhir pekan dengan melakukan berbagai aktivitas bersama Si Kecil memang menyenangkan sekaligus menguatkan bonding, lho. Jadi, apa kegiatan yang ingin kamu lakukan bersama anak di akhir pekan nanti?

 

 

Featured Image – skandinavia.co.id

Source – popmama.com