Padatnya aktivitas memang terkadang membuat orang menjadi tidak sempat berolahraga di pagi maupun sore hari. Namun, bagaimana jika olahraga dilakukan di malam hari? Mengingat adanya anggapan olah fisik sebelum istirahat justru bisa membuatmu lebih sulit tidur.

Nah, olahraga di malam hari tetap boleh dilakukan, kok. Asalkan kamu masih tetap mempertimbangkan waktu, intensitas, dan jenis olahraga yang boleh dan tidak boleh dilakukan di malam hari. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Jenis Olahraga yang Boleh Dilakukan di Malam Hari

Credit Image - cantika.com

Dilansir dari Healthline, jika kamu ingin olahraga di malam hari, pilihlah jenisnya yang memiliki tingkat aktivitas ringan sampai sedang, seperti:

  • Yoga
  • Latihan peregangan
  • Jalan kaki santai
  • Berenang santai
  • Sepeda santai
  • Angkat beban dengan intensitas ringan sampai sedang

Bagi yang bertanya-tanya, olahraga malam baiknya jam berapa? Jadwal olahraga ringan di malam hari paling baik diberi jarak 1,5 jam atau 90 menit sebelum tidur. Dengan begitu, kamu bisa memetik manfaat olahraga di malam hari untuk meningkatkan relaksasi, mengurangi kecemasan, menormalkan jam biologis tubuh, sampai membantu tidur lebih nyenyak.
 

Olahraga yang Baiknya Tidak Dilakukan di Malam Hari

Segala jenis olahraga dengan tingkat aktivitas berat sebaiknya tidak dilakukan di malam hari, seperti:

  • Latihan interval intensitas tinggi – atau HIIT
  • Lari jarak jauh atau lari cepat
  • Berenang tapi mematok target beberapa putaran dalam waktu singkat
  • Lompat tali
  • Balap sepeda – atau sepeda jarak jauh
  • Angkat beban intensitas berat

Rekomendasi olahraga yang tidak boleh dilakukan di malam hari di atas bukannya dibuat tanpa alasan. Beberapa aktivitas fisik tersebut bisa merangsang sistem saraf dan meningkatkan detak jantung, sehingga kamu bisa susah tidur setelah menjalani olahraga tersebut di malam hari.

Selain itu, pastikan beri jarak waktu olahraga terakhir sekitar 1,5 jam dari jadwal tidur. Dengan begitu, detak jantung dan suhu tubuh yang meningkat selama olahraga sudah menurun serta siap untuk istirahat.
 

Cara Mengatasi Sulit Tidur Setelah Olahraga di Malam Hari

Credit Image - halodoc.com

Selain menghindari jenis olahraga yang tidak boleh dilakukan di malam hari di atas, ada cara-cara yang bisa dilakukan agar aktivitas menyehatkan ini tidak mengganggu tidurmu. Dilansir dari HarvardHealthPublishing, berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Upayakan untuk tidur teratur dengan jadwal yang sama setiap hari, termasuk setelah olahraga di malam hari
  • Mandi setelah olahraga agar tubuh lebih siap untuk tidur
  • Matikan perangkat gadget
  • Matikan lampi kamar tidur, lalu atur suhu kamar yang tidak terlalu panas maupun dingin
  • Hindari tidur siang terlalu lama, batasi maksimal 30 menit dan tidak lewat dari pukul tiga sore
  • Jika setelah 20 menit kamu tidak kunjung tertidur, coba geser tempat tidur ke ruangan lain. Lalu, lakukan aktivitas membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan sampai rasa kantuk muncul. Kemudian, kembalilah ke tempat tidur.


Yuk, Rutin Lakukan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan!

Memerhatikan jenis olahraga yang akan dilakukan di malam hari memang baik guna menghindari kamu kesulitan tidur. Jika pada akhirnya kamu kurang tidur, tentu hal ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh, kan?

Nah, selain rutin melakukan olahraga, agar kesehatan semakin terjaga, pastikan juga kamu sudah menerapkan gaya hidup sehat lainnya, termasuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Untuk melengkapi gaya hidup sehatmu, pastikan kamu sudah memaksimalkannya dengan mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral – untuk mendukung kekebalan tubuh.

Baik vitamin dan mineral bisa didapatkan dari asupan makanan sekaligus mengonsumsi suplemen multivitamin.

Untuk multivitamin, kamu direkomendasikan meminum suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jika kamu masih sering melakukan olahraga di malam hari, pastikan sudah memilih jenis aktivitas fisik yang tepat agar waktu tidurmu tidak terganggu!

 

 

Featured Image – parade.com

Source – kompas.com