Ketagihan Junk Food? Waspada, Ini 5 Bahaya yang Mengintai!

Ketagihan Junk Food? Waspada, Ini 5 Bahaya yang Mengintai!

Tak bisa dipungkiri, junk food adalah salah satu jenis makanan yang digemari banyak orang. Tidak hanya praktis, namun rasanya juga nikmat, bahkan tak sedikit yang ketagihan, lho. Namun, dibalik rasanya yang enak, tapi junk food adalah makanan yang memiliki banyak dampak buruk jika dikonsumsi berlebihan.

Memang, junk food adalah makanan yang bisa memanjakan lidah, tidak heran semua kalangan, mulai dari anak-anak- dari orang dewasa sangat senang akan makanan yang satu ini. Tidak hanya menyebabkan risiko jantung dan stroke, tapi ada banyak bahaya lain yang mengintai dari makanan siap saji.

Apa saja? Simak informasinya di bawah ini!

 

 

Jenis Junk Food yang Berbahaya Bagi Tubuh

Ketagihan Junk Food? Waspada, Ini 5 Bahaya yang Mengintai!

Credit Image - pitco.com

Dilansir dari Kumparan, dikutip dari buku Diet tanpa Diet karya Seth Douglass Roberts, jika diterjemahkan bebas, junk food berarti makanan sampah – atau makanan yang tidak berguna. Istilah junk food adalah sebutan yang diberikan kepada makanan yang tidak memiliki nutrisi yang baik.

Jenis makanan ini pun biasa mengandung banyak kalori, gula, garam, dan lemak yang sangat tinggi. Dan ada pun contoh makanan junk food yang tidak baik untuk kesehatan, yaitu:

  • Gorengan – yang kaya akan kandungan kalori, lemak, dan minyak yang sangat tinggi.
  • Jeroan – meski banyak kandungan gizi, namun lemak jenuh dan kolesterol pun tak kalah tingginya. Kedua kandungan ini bisa menyumbat saluran darah dan menyebabkan penyakit jantung serta stroke.
  • Makanan kaleng – karena mengandung pengawet dan kandungan nutrisi di dalamnya sudah banyak yang rusak.
  • Keripik dan kentang goreng – walaupun enak, namun kandungan senyawa acrylamides yang bersifat karsinogennik yang muncul saat dibakar dan digoreng dapat berbahaya bagi kesehatan.
  • Kue, biskuit, dan pastry dalam bentuk kemasan – karena jenis makanan ini ditambahkan tepung terigu, gula, dan mentega yang mengandung lemak jenuh.
  • Mie instan – dalam mie instan mengandung translipit yang fapat memperburuk kondisi pembuluh darah.

 

Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan

Ketagihan Junk Food? Waspada, Ini 5 Bahaya yang Mengintai!

Credit Image - alodokter.com

Junk food adalah jenis makanan yang digemari, namun sayangnya memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut ini deretan bahaya dari mengonsumsi junk food berlebihan.

1. Menambah berat badan

Makanan siap saji mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, maka jenis makanan ini dapat cepat menambah berat badan. Orang yang terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji sangat rentan mengalami obesitas dan perut buncit.

Selain itu, kandungan lemak yang tinggi pada makanan siap saji juga dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Hal inilah yang turut membuat makanan jenis ini berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

 

2. Meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2

Junk food adalah jenis makanan yang tinggi akan kandungan kalori, lemak, dan karbohidrat mampu menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh. Jika sering dikonsumsi, lama-kelamaan hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada insulin. Akibatnya, kamu akan berisiko lebih besar terkena resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

 

3. Menyebabkan Kerusakan Gigi

Selanjutnya, junk food adalah makanan yang juga dapat mengganggu kondisi kesehatan gigi. Pasalnya, makanan siap saji biasanya akan dihidangkan bersama minuman bersoda – atau minuman manis yang tinggi akan karbohidrat dan gula.

Ketika minuman ini dikonsumsi, maka bakteri yang ada di dalam mulut akan menghasilkan asam – yang pada akhirnya dapat menghancurkan lapisan pelindung atau enamel gigi, sehingga menyebabkan gigi berlubang.

 

4. Meningkatkan risiko terjadinya gangguan pernapasan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang mengonsumsi junk food setidaknya tiga kali seminggu akan berisiko terkena obesitas dan peningkatan kekambuhan gejala asma. Sedangkan untuk orang dewasa, obesitas yang mengintai dapat mengarah pada sesak napas, mengi, serta sleep apnea.

 

5. Meningkatkan Risiko Kanker

Berbagai riset kesehatan menemukan fakta bahwa pola makan tidak sehat dan kurang olahraga turut berkontribusi dalam meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Pola makan yang dimaksud adalah pola makan tinggi kalori dan lemak serta rendah serat, termasuk makanan siap saji.

Selain beberapa gangguan kesehatan di atas, terlalu banyak mengonsumsi junk food  yang mengandung tinggi garam dan lemak juga dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi dan perut kembung.

 

Yuk, Kurangi Asupan Junk Food Mulai Sekarang!

Ketagihan Junk Food? Waspada, Ini 5 Bahaya yang Mengintai!

Credit Image - manilashopper.com

Bagi kamu yang masih kebiasaan sering mengonsumsi junk food, yuk, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi asupan yang satu ini. Jika pun ingin makan makanan cepat saji, ada baiknya kamu tetap teliti dan cermat terlebih dahulu, ya.

Alih-alih makan junk food keseringan, kamu direkomendasikan menerapkan pola makan sehat yang tentu baik buat kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Alternatifnya, kamu pun bisa mengganti makanan siap saji, seperti kentang goreng dan pizza menjadi salad dengan saus rendah lemak atau semangkuk buah segar serta yogurt.

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Tapi, untuk memaksimalkan pemenuhan kebutuhan keduanya, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin setiap harinya.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C dan Enervon Active yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Dan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Junk food adalah jenis makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Yuk, batasi asupan makanan cepat saji – dan terapkan gaya hidup sehat!

 

 

Featured Image – aarogyavriksha.com

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!