6 Cara Bekerja Efektif dan Efisien, Yuk, Diterapkan!

6 Cara Bekerja Efektif dan Efisien, Yuk, Diterapkan!

Dalam pekerjaan yang dilakukan, tentu ada beragam aspek yang dapat membantu agar kamu maksimal dalam menyelesaikannya. Ya, efektif dan efisien adalah kedua parameter yang sering digunakan. Kedua hal inilah yang juga dapat membuatmu lebih produktif dalam bekerja, lho.

Efektif dan efisien adalah kunci utama untuk berkembang dalam profesi yang tengah dijalani. Tentunya, harus diimbangi dengan produktivitas yang baik. Sayangnya, kebanyakan darimu menganggap produktivitas hanya sekedar mencoret to-do list yang dibuat. Tapi, lebih dari itu, produktivitas adalah tentang melakukan hal-hal yang penting.

Lantas, apakah kamu masih sering bingung, bagaimana cara bekerja lebih efektif dan efisien? Berikut tips yang dapat diterapkan!

 

 

Delegasikan Tugas

6 Cara Bekerja Efektif dan Efisien, Yuk, Diterapkan!

Credit Image - lokerbandung.id

Hal pertama yang perlu kamu lakukan, yaitu mendelegasikan semua tugasmu. Ini merupakan langkah utama dalam penerapan cara bekerja yang efektif dan efisien. Selain itu, agar mampu menyelesaikan semua tugas di kantor kamu juga mesti bisa meminta tolong, lho.

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk meminta tolong dalam hal pekerjaan. Dua hal yang harus dimiliki untuk bisa melakukan hal tersebut adalah komunikasi dan kepercayaan. Jadilah seorang team player yang tahu kapan harus meminta bantuan dari rekan-rekan satu tim. Beritahu rekan kerjamu mengenai deadline dari setiap pekerjaan yang kamu delegasikan kepadanya.

 

Tetap Berkomunikasi

Cara bekerja efektif dan efisien berikutnya adalah menjaga komunikasi dengan rekan kerja. Ingat, kolaborasi adalah sesuatu yang tak dapat terhindarkan dari pekerjaan. Oleh karena itu, kamu harus mengerti bagaimana caranya bekerja secara efektif dengan orang lain untuk bisa menyelesaikan pekerjaan bersama secara maksimal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pekerjaan yang tidak perlu dan menghemat waktu adalah dengan mengeliminasi semua kesalahpahaman. Pastikan semua anggota tim memahami brief dari tugas masing-masing di awal pekerjaan.

 

Rencanakan Kegiatan Esok Hari

6 Cara Bekerja Efektif dan Efisien, Yuk, Diterapkan!

Credit Image - stunningmotivation.com

Efektif dan efisien adalah hal yang perlu diterapkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Dalam hal ini, kamu juga disarankan merencanakan kegiatan untuk keesokan harinya.

Pada malam hari buatlah daftar singkat tugas-tugas yang harus kamu selesaikan besok. Hal ini penting kamu lakukan untuk memastikan kamu bekerja dengan efektif dan efisien seharian. Kamu bisa memasukkan minimal satu tugas yang menantang dalam daftar tersebut.

Perlu diketahui, otak akan merasa lebih mudah masuk dalam flow kerja yang efektif dan efisien ketika kita mengerjakan pekerjaan yang menantang secara maksimal. Situasi ini terjadi ketika tantangan yang tinggi bertemu dengan kemampuan yang cukup. Jika tugas yang dikerjakan kurang menantang, kamu akan merasa bosan. Namun sebaliknya, jika terlalu menantang, kamu akan merasa khawatir dan stres.

 

Menentukan Prioritas

Belajarlah untuk menolak dan berkata ‘tidak’. Temukan hal yang benar-benar penting untuk kamu kerjakan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan bertanya pada diri sendiri: “Tugas apa yang benar-benar mengara pada tujuan utama saya?”, “Pekerjaan yang mana yang memberi dampak terbesar pada hidup saya?”. Setelah kamu menentukan prioritas, jangan ragu-ragu menyingkirkan tugas yang tidak penting.

Agar kamu semakin yakin dalam menentukan prioritas kerja, gunakan teknik seperti OKR (objectives and key results). Teknik ini penting agar apa yang kamu kerjakan sehari-hari benar-benar mengarah pada tujuan besarmu, sehingga kamu bisa lebih efektif dan efisien dalam bekerja.

 

Hentikan Kebiasaan Buruk

6 Cara Bekerja Efektif dan Efisien, Yuk, Diterapkan!

Credit Image - mightygadget.co.uk

Jangan terlalu banyak memaparkan diri pada distraksi. Tidak hanya berpengaruh pada produktivitas, IQ-mu akan menurun karena banyaknya gangguan yang kamu terima saat bekerja. Oleh karena itu, buatlah batasan yang jelas dan sederhana untuk tetap membuatmu fokus.

Salah satu distraksi yang paling sering mengganggu adalah ponsel. Kebiasaan untuk selalu mengecek notifikasi ponsel seringkali mengakibatkan pada menurunnya produktivitas.

Nah, kamu bisa mengantisipasi distraksi ini dengan menaruh ponsel di dalam laci meja kerja dan menyimpan kunci laci di tempat lain. Atau, kamu juga bisa menitipkan kunci laci tersebut kepada orang lain.

 

Tetap Menjaga Stamina Tubuh

Cara bekerja efektif dan efisien yang terakhir, pastikan kamu sudah menjaga energi tubuh dengan baik. Tentu energi tubuh berperan penting dalam produktivitas, karena jika tubuh sudah berstamina, maka kegiatan sehari-hari bisa dilakukan secara maksimal.

Nah, agar stamina dan produktivitas terjaga, kamu dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Efektif dan efisien adalah kedua aspek yang penting diterapkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Apakah kamu sudah bekerja secara efektif dan efisien? Jika belum, kamu bisa menerapkan tips di atas, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – alvawater.co.id

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!