6 Cara Membangun Kredibilitas di Lingkungan Kerja, Kamu Patut Tahu!

6 Cara Membangun Kredibilitas di Lingkungan Kerja, Kamu Patut Tahu!

Siapa sih yang tidak tahu kredibilitas? Ya, nyatanya, ini adalah suatu sikap yang perlu dimiliki setiap orang, apalagi bagi kamu yang sudah memasuki dunia kerja, lho. Sikap yang satu ini pun memiliki kaitan erat dengan rasa percaya terhadap seseorang maupun lembaga tertentu.

Kredibilitas merupakan suatu kapasitas – atau kemampuan, kualitas, atau kekuatan yang dapat menciptakan rasa kepercayaan. Membangun kredbilitas juga bukan perkara mudah, tentu ada waktu dan usaha yang maksimal dalam membentuk kredibilitas diri.

Nah, karena kredibilitas adalah sikap yang perlu dimiliki dalam urusan pekerjaan, berikut ini 5 tips membangun kredibilitas yang baik di lingkungan kerja. Yuk, simak informasinya sampai habis!

 

 

1. Saling Menghormati Satu Sama Lain

6 Cara Membangun Kredibilitas di Lingkungan Kerja, Kamu Patut Tahu!

Credit Image - topcareer.id

Kredibilitas adalah sikap berkaitan dengan rasa kepercayaan. Namun sebuah kepercayaan tidak akan terbentuk ketika kamu maupun orang lainnya tidak mendapat kepercayaan satu sama lain. Saling menghormati adalah hal yang sangat esensial dalam membangun kredibilitas di kantor, lho.

Perlakukan semua orang di kantor dengan baik, tidak peduli apapun jabatan dan posisi mereka di kantor, mereka adalah individu yang berhak mendapatkan rasa hormat dari kita. Sikap menghormati orang lain adalah sikap sopan santun yang perlu dimiliki oleh setiap orang. 

Lalu, kamu perlu selalu ingat bahwa “Orang lain mungkin akan melupakan apa yang kamu katakan. Orang lain juga akan melupakan apa yang pernah kamuperbuat kepada mereka. Namun, orang lain tidak akan pernah lupa bagaimana kamu membuat mereka merasakan sesuatu”.

Jadi, buatlah orang lain selalu merasa bahwa kamu menghormati mereka, sehingga akan lebih mudah membangun kredibilitas di lingkungan kerja.

 

2. Membuka Diri untuk Belajar

Dalam membangun kredibilitas, membuka diri untuk belajar juga tidak boleh dilupakan, lho. Kamu harus menanamkan prinsip dalam hati, seperti, “Jika aku adalah seorang yang pintar, maka akan ada seseorang yang jauh lebih pintar dan lebih cerdas daripada diriku”.

Nah, dengan menanamkan prinsip tersebut, kamu akan terus membuka diri untuk terus belajar dan melatih keterampilan baru. Coba cari tahu hal-hal apa saja yang belum kita ketahui, kenali kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. 

Ketika rekan-rekan kerja, bos atau mungkin klien menilai bahwa kamu adalah pribadi yang gesit dan suka untuk mempelajari hal-hal yang baru, maka mereka akan lebih tertarik untuk bekerjasama dan berkolaborasi denganmu.

Sikap seperti itulah yang akan membantumu dalam membangun kredibilitas diri dengan mudah, karena orang-orang di kantor percaya meskipun kamu belum bisa melakukan suatu hal, namun kamu akan berusaha untuk mempelajarinya. 

 

3. Berkomunikasi dengan Orang Lain

6 Cara Membangun Kredibilitas di Lingkungan Kerja, Kamu Patut Tahu!

Credit Image - sleekr.co

Membangun kredbilitas juga dapat dilakukan dengan menjalin komunikasi yang efektif dengan orang lain. Ini diterapkan dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan, klien, pelanggan, hingga mitra bisnis secara efektif.

Dalam hal ini, kamu perlu melatih diri menjadi seorang pendengar yang baik, bersikap empati dan menjaga perkataan ketika menyampaikan sesuatu atau menjawab apa yang orang lain tanyakan. 

Ketika kamu memiliki pandangan atau opini yang berbeda dengan orang lain, jangan langsung menyanggah mereka atau membuat mereka merasa terpojok dengan kata-kata yang kamu lontarkan. Namun, cobalah untuk mendengarkan perspektif mereka terlebih dahulu dan mencoba memahaminya lebih dalam.

Selain itu, diperlukan juga untuk menyampaikan kata-kata yang baik, positif dan sopan. Ini adalah salah satu cara membangun kredibilitas dalam pesan persuasi. Melalui perkataan yang baik, orang lain akan lebih suka mendengarkan dan mengikuti apa yang kita ucapkan. 

 

4. Terapkan Manajemen Waktu yang Baik

Kredibilitas akan sulit untuk dibangun oleh orang-orang yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Bagaimana kamu bisa menepati janji dengan orang lain, jika diri tidak bisa mengatur waktu dengan baik? Pengaturan waktu yang buruk akan menimbulkan rasa tidak percaya pada rekan-rekan kerja, bos dan klien terhadap kinerjamu.

Oleh karena itu, untuk membangun kredibilitas yang baik kamu perlu memiliki manajemen waktu yang baik dan teratur. Selesaikan tugas-tugas kerja dengan tepat waktu, selalu menepati janji, meningkatkan produktivitas, dan lain sebagainya. 

 

5. Berani Mengambil Risiko

6 Cara Membangun Kredibilitas di Lingkungan Kerja, Kamu Patut Tahu!

Credit Image - glints.com

Orang-orang yang berani mengambil risiko dan keluar dari zona nyaman mereka akan lebih mudah membangun kepercayaan di lingkungan kerja. Untuk itu, mulai sekarang kamu harus memberanikan diri untuk mengeksplorasi hal-hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Jika hal tersebut memang baik untuk perkembangan dirimu, kenapa tidak? 

Pertumbuhan dan kesuksesan berawal dari rasa ingin tahu dan rasa ingin terus belajar. Orang-orang yang telah berhasil membangun kredibilitas mereka di kantor adalah para individu yang sudah berhasil melewati semua ini. 

 

6. Menjaga Stamina Tubuh

Membangun kredibilitas akan semakin maksimal jika kamu dapat menyelesaikan pekerjaan – atau melakukan aktivitas lainnya dengan baik. Ini tentu perlu didukung dengan energi yang baik, sehingga produktivitas pun terjaga.

Nah, agar stamina dan produktivitas terjaga, kamu dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Kredibilitas adalah sikap yang penting dimiliki oleh setiap pekerja. Apakah kamu sudah memilikinya? Jika belum, yuk, coba bangun kredbilitasmu dengan tips di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – hot.liputan6.com

Source – studilmu.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!