5 Cara Mengajari Sikap Rendah Hati pada Anak

5 Cara Mengajari Sikap Rendah Hati pada Anak

Sikap rendah hati biasanya ditandai dengan sopan santun, lemah lembut, dan sederhana. Sikap yang satu ini pun baiknya ditanamkan sejak anak berusia dini, ya, moms dan dads. Dengan rendah hati, Si Kecil dapat tetap percaya diri tanpa cara yang sombong.

Sederhananya, sifat ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang memiliki kemampuan lebih, tapi tidak sombong atau memamerkannya. Nah, mengajari anak rendah hati akan membantunya memiliki sikap baik di kemudian hari.

Untuk mengajari anak bersikap rendah hati, berikut tips yang perlu moms dan dads terapkan.

 

 

Menjadi Contoh yang Baik

5 Cara Mengajari Sikap Rendah Hati pada Anak

Credit Image - kabarpasti.com

Perlu moms dan dads ketahui bahwa perilaku anak merupakan cerminan dari perilaku orangtuanya. Oleh karena itu, menanamkan sifat yang satu ini tentu perlu dimulai dari dirimu sendiri – dan juga pasanganmu sebagai orangtua.

Melansir situs The Gospel Coalition Australia, menjadi teladan merupakan cara efektif untuk mengajarkan rendah hati pada anak. Sifat rendah hati bisa diterapkan sebagai prinsip hidupmu dan keluarga sehari-hari. Dengan memulai dari lingkungan keluarga dulu, anak akan terbiasa mengikuti sifat tersebut.

 

Hindari Menyalahkan Orang Lain

Saat Si Kecil mendapatkan prestasi atau nilai yang bagus di sekolah, berikan pujian padanya. Namun, jika ia mendapat nilai jelek, jangan langsung memarahinya atau bahkan menyalahkan gurunya. Pasalnya, ketika moms dan dads menunjukkan perbuatan menyalahkan orang lain, anak dapat menirunya.

Akibatnya, ia merasa lebih benar dan lebih tinggi daripada orang tersebut. Tentunya, belajar rendah hati akan menjadi sulit diterapkan. Ketika menghadapi masalah, ajari anak untuk mengevaluasi diri dan dampingi ia untuk mencari solusi bersama-sama.

 

Ajak Si Kecil untuk Berbagi

5 Cara Mengajari Sikap Rendah Hati pada Anak

Credit Image - portalmadura.com

Melansir situs Aleteia, mengajarkan anak rendah hati juga dapat dilakukan dengan cara saling berbagi. Bimbing anak untuk beramal dan peduli terhadap sesama dengan cara berbagi barang-barang yang dimilikinya kepada orang lain.

Sebagai contoh, kamu bisa sama-sama memberikan donasi kepada anak-anak yang kurang mampu atau berbagi hadiah kepada teman sekelas. Dengan perilaku sederhana seperti ini, anak dapat menjadi sosok yang lebih baik – dan diterapkan hingga ia beranjak dewasa.

 

Belajar Sopan Santun

Sopan santun merupakan salah satu contoh sikap rendah hati. Sikap tersebut menunjukkan bahwa anak menghargai orang lain. Nah, moms dan dads bisa mengajarkan anak bersikap sikap yang satu ini dengan mengatakan “tolong” dan “terima kasih” saat berinteraksi dengan orang lain.

Agar ia terbiasa, terapkanlah lebih dulu oleh moms dan dads, misalnya dengan mengucapkan “tolong” saat ingin meminta sesuatu pada Si Kecil.

 

Ajari untuk Meminta Maaf

5 Cara Mengajari Sikap Rendah Hati pada Anak

Credit Image - parenting.co.id

Selain sopan santun, permintaan maaf yang tulus juga merupakan contoh perilaku rendah hati. Terkadang saat berbuat salah, anak takut untuk meminta maaf atau malah tidak mengakui kesalahannya.

Padahal, keberanian untuk mengakui kesalahan merupakan salah satu cara mengajarkan anak agar menjadi pribadi yang tak sombong. Agar anak tidak takut mengakui kesalahannya, sebisa mungkin hindari memarahi anak saat ia berbuat salah.

Tanyakan padanya kenapa ia melakukannya, berikan penjelasan dengan lembut, lalu dorong Si Kecil untuk meminta maaf.

Dalam proses mengajari anak untuk rendah hati, agar anak tetap fokus dan semakin memahami sikap tersebut, pastikan moms dan dads sudah memberikan asupan vitamin yang lengkap – karena nutrisi ini dapat membantu dalam perkembangan otak dan kecerdasan Si Kecil, lho.

Selain dengan memberi asupan makanan bernutrisi tinggi, moms dan dads dapat berikan asupan multivitamin dari Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Moms dan dads, mengajari anak sikap rendah hati harus dimulai sejak ia berusia dini, lho. Apakah kamu sudah mengajarinya? Kamu bisa memulainya dengan deretan tips di atas!

 

 

Featured Image – beritagar.id

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!