5 Gerakan Olahraga yang Dapat Kuatkan Imun, Yuk, Dilakukan!

5 Gerakan Olahraga yang Dapat Kuatkan Imun, Yuk, Dilakukan!

Bagi kamu yang malas berolahraga di luar, mungkin melakukan aktivitas fisik di dalam rumah menjadi pilihan yang tepat. Kamu tim olahraga di luar atau dalam rumah, nih? Apa pun pilihanmu yang penting tetap rutin bergerak untuk menjaga kesehatan.

Tetap berolahraga dengan rutin dapat membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya. Tidak perlu aktivitas fisik yang berat – atau sulit, gerakan sederhana seperti peregangan sudah bisa membantu menjaga tubuh tetap prima, termasuk menguatkan imunitas tubuh.

Selain itu, stretching juga membantu mengaktifkan sistem getah bening untuk membuang sampah dan racun yang ada di dalam tubuh. Dengan tubuh yang bersih, sistem imunitas pun akan bekerja lebih maksimal, lho.

Berikut deretan gerakan olahraga ringan berupa stretching yang dapat kamu lakukan di rumah. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Meregangkan Leher

5 Gerakan Olahraga yang Dapat Kuatkan Imun, Yuk, Dilakukan!

Credit Image - beritagar.id

Yang satu ini sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara duduk atau berdiri. 

  • Tangan berada di sisi tubuh.
  • Turunkan dagu.
  • Lemaskan area bahu.
  • Gerakkan leher ke kiri dan ke kanan dengan lembut.
  • Putar kepala perlahan dari depan ke belakang serta sebaliknya.
  • Lakukan secara berulang dan ganti putaran agar seimbang.

 

Angkat Panggul

Selanjutnya adalah gerakan angkat panggul untuk peregangan punggung yang bisa dengan mudah kamu lakukan di rumah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Tiduran telentang di alas atau matras
  • Buka paha selebar pinggang dan tekuk kaki
  • Tangan ada di sisi tubuh
  • Angkat bokong sampai area perut lurus dengan paha.
  • Turunkan dan ulangi beberapa kali.

 

Putaran Kaki

5 Gerakan Olahraga yang Dapat Kuatkan Imun, Yuk, Dilakukan!

Credit Image - hipwee.com

Masih dengan gerakan yang melibatkan rebahan di lantai, mari lakukan gerakan selanjutnya yaitu putaran kaki. Sangat mudah dilakukan, lho!

  • Telentang di lantai dengan tangan di sisi kiri dan kanan tubuh. 
  • Luruskan kaki. 
  • Angkat salah satu kaki sampai lurus ke atas.
  • Kemudian buat gerakan kaki memutar dari kiri ke kanan dan depan ke belakang.
  • Putar gerakan seperti arah jarum jam dan lakukan sebaliknya.
  • Lakukan pada kaki satunya.

 

Menekuk Tubuh

Gerakan olahraga yang aman dan sehat berikutnya adalah gerakan yoga yang bernama uttanasana atau forward bend. Caranya bisa dilakukan dengan berdiri.

  • Berdiri dengan tegap, tangan di sisi tubuh, kaki dirapatkan.
  • Tekuk tubuh semampunya, arahkan kepala ke lutut kaki.
  • Sentuh tangan ke jari kaki, jika tidak sampai, lakukan semampunya saja.
  • Gerakkan kepala ke depan dan ke belakang secara perlahan.
  • Lakukan dengan nafas yang teratur.
  • Kembali ke posisi semula dengan perlahan
  • Ulangi beberapa kali.

 

Mengangkat Beban

5 Gerakan Olahraga yang Dapat Kuatkan Imun, Yuk, Dilakukan!

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Gerakan yang satu ini bisa dilakukan dengan apa saja. Namun usahakan gunakan beban yang ada pegangannya. Dalam contoh, adalah beban kettle. 

  • Letakkan beban di lantai, pilih beban yang cocok dengan kemampuan diri sendiri.
  • Ambil beban dengan gerakan jongkok namun usahakan dengan gerakan squat.
  • Ambil beban dan kembali berdiri. 
  • Sementara berdiri perlahan, tangan lurus sambil memegan beban. 
  • Kembali turun dan ulangi selama beberapa kali.

Melakukan olahraga yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu. Namun, agar kegiatan fisik – dan kondisi tetap prima, kamu juga disarankan menjaga stamina tubuh yang bisa dilakukan dengan memperoleh asupan vitamin serta mineral, lho. Kedua nutrisi tersebut bisa didapatkan dari asupan makanan sekaligus mengonsumsi suplemen multivitamin.

Untuk multivitamin, kamu direkomendasikan meminum suplemen dari Enervon.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, sudahkah kamu rutin melakukan olahraga? Jika belum, jangan malas lagi! Aktivitas fisik tak perlu yang berat atau sulit, lho, kamu bisa rutin lakukan gerakan di atas untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!