7 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat, Lakukan dari Sekarang!

7 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat, Lakukan dari Sekarang!

Di zaman modern, tidak sedikit orang yang lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat. Ditambah dengan pola makan yang kurang sehat, seperti lebih memilih jenis makanan cepat saji – dan kurangnya bergerak membuat tubuh menjadi rentan terserang penyakit berbahaya.

Padahal, kebiasaan hidup sehat merupakan kunci panjang umur, lho. Untuk memulai pola hidup yang baik pun tidak sulit, bahkan dapat kamu mulai dari hal sederhana yang sering dilakukan dalam keseharian.

Berikut ini 7 tips sederhana hidup sehat yang dapat kamu terapkan!

 

 

1. Hindari Stres

7 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat, Lakukan dari Sekarang!

Credit Image - zurich.co.id

Tak bisa dihindari, macetnya jalanan, banyaknya deadline tugas – kerjaan yang mencekik, keuangan tersendar, hingga masalah hidup lainnya sering membuatmu stres. Benar, kan? Jika mengalaminya, semua sistem dalam tubuh akan meresponsnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Mengatasi stres dapat kamu lakukan dengan menenangkan diri sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan. Lakukan hal tersebut berulang kali sampai merasa lebih rileks. Atau kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya yang kamu senangi, seperti membaca buku, menonton film, atau lainnya.

Jika stres sudah teratasi, maka kesehatan fisik dan mental pun ikut terjaga, lho!

 

2. Memilih Makanan dengan Bijak

Pernahkah kamu mendengar ungkapan “Apa yang kamu makan, tentu akan memengaruhi cara kerja tubuhmu”? Ya, hal ini benar adanya. Asupan makanan harian akan menentukan kondisi tubuh kamu di kemudian hari.

Untuk itu, dalam penerapan gaya hidup sehat, memerhatikan asupan makanan tidak boleh dilewatkan. Pastikan kalau makanan dalam piring memenuhi prinsip gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

Selain itu, perhatikan juga porsi makan yang membantu mencegah kegemukan serta terserang berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan stroke. Ingat, apa pun yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

Mengolah makanan dengan bijak juga harus diperhatikan, ya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. kamu bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

 

3. Berolahraga Secara Rutin

7 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat, Lakukan dari Sekarang!

Credit Image - ruparupa.com

Olahraga tak melulu harus jogging atau pergi ke gym, kok. Kamu bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang memang disukai demi menerapkan kebiasaan hidup sehat. Misalnya, kalau kamu suka bersepeda, maka lakukanlah. Kuncinya, pastikan kamu rutin melakukannya agar tubuh tetap aktif bergerak.

Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat.

Namun bagaimana kalau punya sedikit waktu untuk berolahraga? Nah, kamu bisa melakukan aktivitas fisik yang sederhana, seperti memilih naik tangga ketimbang eskalator. Atau meluangkan waktu berjalan-jalan saat sebelum dan sesudah makan siang.

Perubahan kecil dalam rutinitas harianmu ini akan membantumu lebih aktif bergerak, lho.

 

4. Kurangi Asupan Gula

Dalam penerapan gaya hidup sehat, asupan gula yang terkontrol juga tak kalah pentingnya. Jika kamu pecinta makanan manis, cobalah untuk mengurangi – atau menghindari jenis makanan dengan tinggi gula.

Pasalnya, asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Nah, jika sudah terkena diabetes, Anda akan lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis pada kemudian hari.

Mulailah kurangi gula secara perlahan. Jika biasanya kamu minum kopi dengan dua sendok gula, kini cobalah hanya satu sendok. Setelah terbiasa, kamu bisa menghilangkan asupan gula sama sekali dalam cangkir kopi yang diminum.

 

5. Banyak Minum Air Putih

7 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat, Lakukan dari Sekarang!

Credit Image - liputan6.com

Penerapan gaya hidup sehat tentu tidak luput dari meminum air putih secara cukup. Perlu kamu ketahui, setiap hari, cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urine, dan bahkan setiap kali kamu bernapas.

Itulah alasan mengapa penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan terpenuhi setiap hari supaya mencegah dehidrasi.

Bawalah botol minum sendiri ke mana pun kamu pergi. Masukkan botol tersebut ke dalam tas, sehingga kamu tidak akan lupa membawanya ke mana-mana. Selain itu, sediakan juga air putih di meja kerja atau kamar tidur.

 

6. Peroleh Tidur yang Berkualitas

Penerapan gaya hidup sehat di atas akan berujung sia-sia jika kamu tidak mendapat waktu tidur yang cukup. Menurut Cheri Mah, pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk mencapai kondisi tubuh yang prima.

Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika kebiasaan hidup sehat ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan kamu, lho. Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Jadi, pastikan kalau setiap malam tidur setidaknya 7-9 jam, ya!

 

7. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian

7 Cara Memulai Gaya Hidup Sehat, Lakukan dari Sekarang!

Credit Image - lifepack.id

Sepertinya gaya hidup sehat tak akan lengkap jika kamu kurang mendapat asupan nutrisi, seperti vitamin dan mineral, ya? Pasalnya, kedua nutrisi ini penting untuk menjaga kondisi tubuh, terutama sistem kekebalan, lho.

Umumnya, vitamin dan mineral pun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga mendapat asupan dari makanan maupun multivitamin sangat direkomendasikan.

Untuk multivitamin, kamu disarankan mengonsumsi suplemen vitamin dari Enervon scara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Wah, gimana? Penerapan gaya hidup sehat tidak sesulit itu, kan? Kamu bisa memulainya dengan langkah sederhana di atas. Yuk, mulai dilakukan sekarang juga!

 

 

Featured Image – sinergijatim.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!