Hari yang berat pasti akan membuatmu jadi lelah dan kamu merasa energimu terkuras. Hal ini tentu bukan sesuatu yang dialami sekali atau dua kali saja, terutama bagi kamu yang memiliki pekerjaan. Rasa penat dan stress kadang membuat kamu menjadi tidak nyaman, serta berpotensi mengganggu pekerjaanmu.

Jika kamu sedang mengalami capek kerja, jangan khawatir! Berikut ini ada 5 cara efektif untuk menghilangkan capek setelah seharian bekerja.

1. Matikan gadget setelah sampai di rumah

Credit: macworld.com

Setelah seharian bekerja dan merasa penat, seringkali kamu meluapkan rasa lelah tersebut dengan bermain ponsel atau sekedar mengutak atik sosial media yang kamu miliki. Padahal, hal ini justru akan membuat mata menjadi lebih capek dan mengakibatkan sakit kepala.

Ada baiknya kamu mematikan ponsel atau gadget yang ada sesaat setelah kamu selesai bekerja, untuk membiarkan diri beristirahat sejenak.

2. Bermain dengan hewan peliharaan

Credit: thesprucepets.com

Hewan peliharaan dapat memberikan energi positif yang akan membuat kamu menjadi lebih tenang dan senang, terutama ketika kamu sedang capek kerja.

Hewan biasanya memiliki ketulusan dalam menghibur majikannya yang sedang kelelahan setelah melalui hari yang panjang. Tingkah lucu dan menggemaskan mereka juga bisa membuat kamu merasa nyaman serta bisa menghilangkan beban pikiran.

3. Makan malam di luar

Credit: today.com

Tidak ada salahnya jika sesekali kamu memanjakan diri dengan makan malam di luar setelah capek kerja seharian. Coba luangkan waktu makan malam bersama keluarga, teman, atau pasangan. Dijamin kamu bisa terbebas dari lelahnya pikiran setelah seharian bekerja.

4. Berenang

Credit: mcburneypools.com

Meskipun berenang dapat membuatmu mengeluarkan energi yang cukup banyak, namun berenang bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak, apalagi setelah melalui hari yang melelahkan. Setelah berenang, badan akan menjadi lebih rileks dan nyaman untuk beristirahat di malam harinya.

5. Membaca buku

Credit: oprahmag.com

Membaca buku sebelum tidur bisa dibilang dapat menjadi semacam obat penenang bagi tubuh yang membuat kamu tidur lebih cepat. Cobalah untuk membaca buku yang menjadi kesukaanmu dan hndari membaca buku dengan topik yang terlalu berat.

Memaksimalkan potensi dan kemampuan yang kamu miliki memang wajib untuk dilakukan dalam bekerja. Namun, jangan sampai kamu terlalu memforsir diri untuk terus produktif selama 24 jam penuh. Karena, hal ini akan menjadi sia- sia jika kamu harus mengorbankan kesehatan diri sendiri.

 

Featured Image - globalnews.ca