Serangan jantung sekarang ini sudah tidak pandang umur. Kamu yang masih muda pun bisa terkena serangan mematikan itu. Sudah banyak data yang melaporkan di umur-umur produktif, mereka juga rentan terkenal serangan tersebut.

Namun, tentu ada beberapa tindakan preventifnya. Selain rajin berolahraga dan rutin memeriksa kondisi tubuh ke dokter, kamu bisa juga menyikapinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, termasuk konsumsi vitamin c yang cukup.

Mengutip CNN Indonesia, berikut makanan yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari serangan mematikan tersebut.

Sayuran Hijau

7 Makanan Ampuh Untuk Hindari Kamu dari Serangan Jantung! credit: medicalnewstoday.com

Bayam, kangkung, sawi adalah deretan sayuran hijau yang cukup terkenal di kalangan anak muda untuk menghindari serangan jantung. Mengkonsumsi deretan sayur tersebut bisa memaksimalkan kebutuhan vitamin, mineral dan antioksidan.

Sayuran tersebut juga mengandung nitrat yang terbukti ampuh menurunkan tekanan darah, melemaskan arteri yang kaku, serta meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Gandum Utuh

7 Makanan Ampuh Untuk Hindari Kamu dari Serangan Jantung! credit: papua.antaranews.com

Walau rasanya yang tidak begitu enak, namun gandum utuh atau sejenisnya seperti beras merah, gandum hitam, dan quinoa adalah deretan bahan makanan yang ampuh untuk menghindarkan diri kamu dari resiko penyakit jantung.

Serat yang melimpah di deret bahan makanan tersebut bisa mengurangi kolesterol buruk yang ada di dalam tubuh, sehingga kamu bisa terhindar dari penyakit serta serangan jantung itu.

Beri

7 Makanan Ampuh Untuk Hindari Kamu dari Serangan Jantung! credit: hopkinsmedicine.org

Buah-buahan beri adalah deret buah yang bisa juga membantu menjaga kesehatan jantung kamu. Buah beri diketahui kaya akan antioksidan yang menjaga tubuh dari stress oksidatif serta meredam peradangan yang bisa mengakibatkan perkembangan penyakit jantung.

Alpukat

7 Makanan Ampuh Untuk Hindari Kamu dari Serangan Jantung! credit: metro.co.uk

Menjadi salah satu sumber lemak tak jenuh, alpukat adalah salah satu buah yang cukup bagus untuk dikonsumsi agar kamu terhindar dari penyakit serta serangan jantung.

Alpukat juga ampuh untuk menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan sehingga buah ini menjadi salah satu buah-buahan yang mesti dikonsumsi ketika kamu sedang melakukan diet.

Ikan Berlemak dan Minyak Ikan

7 Makanan Ampuh Untuk Hindari Kamu dari Serangan Jantung! credit: nearsay.com

Salmon, makarel, sarden dan tuna adalah deret ikan yang sangat bagus untuk dikonsumsi agar terhindar dari serangan dan penyakit jantung. Asam lemak serta omega tiga dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Kacang Kenari

7 Makanan Ampuh Untuk Hindari Kamu dari Serangan Jantung! credit: dailymail.co.uk

Mengandung serat serta mikronutrien seperti magnesium, zync serta mangan adalah deret kandungan yang bagus sekali menjaga tubuh kamu dari penyakit jantung. Dari penelitian yang ada, kacang kenari bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 16%.

Cokelat Hitam

7 Makanan Ampuh Untuk Hindari Kamu dari Serangan Jantung! credit: drsinatra.com

Siapa yang tidak suka dengan dark chocolate? Kaya akan antioksidan seperti flavonoid – mengkonsumsi cokelat hitam bisa menekan lebih dari 57% dari resiko terkena serangan serta penyakit jantung. Namun, perlu diingat, cokelat hitam ini mempunyai rasa yang cukup pahit jika dibandingkan dengan olahan cokelat lainnya.

Nah, dari tujuh jenis bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghindarkan kamu dari serangan jantung, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan vitamin c kamu dengan minum suplemen yang sudah terpercaya ampuh ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image - lifestyle.kompas.com