7 Manfaat Pelukan, Termasuk Meningkatkan Imunitas, Lho!

7 Manfaat Pelukan, Termasuk Meningkatkan Imunitas, Lho!

Memberikan pelukan merupakan salah satu cara sederhana untuk menunjukkan perasaan cinta dan kasih sayang kepada buah hati. Moms dan dads pasti sudah mengetahui hal yang satu ini, ya? Bahkan, manfaat pelukan pun bisa terasa bagi kesehatan anak, lho.

Si Kecil kerap meminta peluk kepada moms dan dads? Jangan langsung beranggapan bahwa ia hanya manja ya. Karena, tidak ada tempat yang paling nyaman selain dalam pelukan orangtuanya. Ketika anak merasa sedih, kecewa atau takut sekalipun, pelukan mampu meredakan segalanya.

Berikut ini 7 manfaat pelukan, baik untuk kesehatan fisik dan psikis anak. Yuk, moms dan dads, simak informasinya sampai selesai!

 

 

1. Mengurangi Produksi Hormon Kortisol

7 Manfaat Pelukan, Termasuk Meningkatkan Imunitas, Lho!

Credit Image - fimela.com

Saat stres dan merasa tertekan, tubuh akan melepaskan hormon kortisol atau hormon stres. Anak-anak belum bisa mengatur dan mengontrol emosinya dengan baik, sehingga suasana hatinya yang tidak menentu bisa meningkatkan produksi hormon ini.

Tingginya jumlah hormon kortisol dalam tubuh bisa menyebabkan anak sulit tidur, susah berkonsentrasi, mengalami kenaikan berat badan, atau menjadi tidak berenergi dan tidak bersemangat. Nah, dengan sering berpelukan dengan moms dan dads, maka Si Kecil bisa terbebas dari berbagai dampak hormon stres ini.

 

2. Mengurangi Perasaan Cemas dan Stres

Manfaat pelukan berikutnya adalah berkaitan dengan kondisi mental. Ketika anak merasa cemas dan stres, maka berpelukan dengan moms dan dads dapat membantu mengatasi perasaan buruk tersebut, lho.

Saat berpelukan, tubuh melepaskan hormon oksitosin yang bisa membuat anak merasa tenang, bahagia, dan juga nyaman. Pelukan mampu memperbaiki mood-nya serta mengurangi perasaan cemas dan stres pada anak. Manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh Si Kecil, tapi juga bisa dirasakan oleh orangtua!

 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

7 Manfaat Pelukan, Termasuk Meningkatkan Imunitas, Lho!

Credit Image - mayapadahospital.com

Saat Si Kecil berpelukan dengan moms dan dads, hormon kortisol dapat berkurang dan tingkat hormon oksitosin meningkat sehingga dapat menurunkan tekanan darah anak. Selain itu, kulit manusia juga memiliki reseptor yang aktif setelah menerima pelukan. Reseptor ini kemudian mengirimkan sinyal ke otak untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Anak-anak yang sering mendapatkan pelukan dari orang terkasih bisa memiliki tekanan darah yang stabil dan hal ini baik untuk kesehatan jantungnya.

Selain itu, berpelukan dapat membantu menetralkan detak jantung Si Kecil ketika ia merasa tegang atau ketakutan. Bahkan, pada bayi yang lahir, hal ini bahkan dapat meningkatkan kesehatan jantungnya.

 

4. Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat pelukan yang tak kalah hebatnya adalah mampu mengurangi rasa sakit. Apakah moms dan dads sudah mengetahui hal yang satu ini?

Pelukan bisa meredakan rasa sakit yang dialami anak. Oksitosin yang dilepaskan saat berpelukan dapat membantu memblokir rasa sakit. Selain itu, sering memeluk anak juga bisa membuat pernapasannya lebih lancar, sehingga sirkulasi dan suplai oksigen ke berbagai jaringan tubuhnya baik.

 

5. Meningkatkan Ikatan Orangtua dan Anak

7 Manfaat Pelukan, Termasuk Meningkatkan Imunitas, Lho!

Credit Image - berkeluarga.id

Sering memeluk anak juga bisa mempererat ikatan emosional antara orangtua dengan anak, lho. Bahkan, tidak sedikit dokter yang menganjurkan agar ibu untuk segera memeluk – atau melakukan kontak skin-to-skin dengan bayinya yang baru lahir.

Nah, dengan cara tersebut, bayi yang baru lahir dapat lebih cepat belajar menyusu, jarang rewel atau menangis, dan tidak sulit tidur.

 

6. Anak Merasa Dicintai dan Didukung

Manfaat pelukan lainnya yang dapat diterima Si Kecil adalah ia akan merasa lebih dicintai, dilindungi, dan didukung, dan diperhatikan oleh moms dan dads. Pelukan juga menjadi salah satu bahasa cinta untuk menunjukkan penghargaan kepada anak.

Sebenarnya, tidak ada anjuran seberapa banyak Bunda harus memeluk Si Kecil setiap harinya. Namun, bila moms dan dads ingin sang buah hati merasa nyaman, tidak mudah stres, dan lebih sehat, jangan ragu untuk sering-sering memeluknya, ya.

 

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

7 Manfaat Pelukan, Termasuk Meningkatkan Imunitas, Lho!

Credit Image - alodokter.com

Seperti yang sudah disebutkan manfaat pelukan pun baik untuk kesehatan tubuh, begitu pula untuk menjaga sistem kekebalan. Pasalnya, berpelukan dapat merangsang kelenjar timus yang berfungsi mengatur produksi sel darah putih untuk melawan berbagai penyakit.

Selain dari memberikan pelukan, menjaga imunitas tubuh Si Kecil juga dapat dilakukan dengan memberinya asupan nutrisi, baik dari makanan bergizi maupun dengan multivitamin kandungan lengkap.

Moms dan dads, direkomendasikan memberi multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Untuk mendapatkan produk Enervon-C Plus Sirup, moms dan dads bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Moms dan dads, meski sederhana, namun manfaat pelukan berperan besar dalam menjaga kesehatan anak, baik fisik maupun mental. Jadi, jangan ragu untuk sering memeluk Si Kecil, ya!

 

 

Featured Image – genpi.co

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!