5 Jenis Pilihan Makanan Sehat, Baik Dikonsumsi Usai Olahraga

5 Jenis Pilihan Makanan Sehat, Baik Dikonsumsi Usai Olahraga

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan sehat setelah berolahraga sangat dianjurkan? Ya, karena, nutrisi dari asupan tersebut juga akan membantu mengoptimalkan manfaat olahraga sekaligus memulihkan energi tubuh.

Selain itu, asupan sehat setelah olahraga juga akan membantu pembentukan jaringan otot baru, mengembalikan cadangan glikogen, mengurangi pemecahan protein otot, mengembalikan keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh.

Idealnya, makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi setelah beraktivitas fisik adalah makanan kaya akan karbohidrat, protein, dan lemak. Tapi, jika kamu lebih memilih camilan, pastikan snack tersebut bernutrisi dan hindari camilan manis, ya!

Berikut ini 5 pilihan makanan sehat yang baik dikonsumsi setelah olahraga.

 

1. Nasi dan Dada Ayam

5 Jenis Pilihan Makanan Sehat, Baik Dikonsumsi Usai Olahraga

Credit Image - charbroil.com

Nasi dan dada ayam menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi setelah kamu berolahraga. Keduanya mengandung karbohidrat dan protein yang saling mendukung untuk mempercepat pemulihan setelah letih berolahraga, serta meningkatkan pembentukan protein otot yang baru.

Tak hanya itu, kandungan vitamin B6 dalam dada ayam juga penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tentu untuk mendapatkan beragam nutrisi, kamu bisa menambahkan sayuran yang disukai dengan porsi yang cukup.

 

2. Roti Panggang dan Telur

Roti panggang dan telur bisa menjadi pilihan makanan sehat setelah berolahraga. Telur yang menjadi sumber protein lengkap sangat bermanfaat dalam membangun dan mempertahankan otot. Sementara roti dengan kandungan karbohidrat kompleksnya bermanfaat untuk mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

Dari beragam jenis roti, kamu dianjurkan untuk memilih roti gandum utuh dibandingkan roti putih biasa. Karena selain mengandung lebih banyak nutrisi, roti gandum utuh memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

 

3. Ubi Jalar dan Salmon

5 Jenis Pilihan Makanan Sehat, Baik Dikonsumsi Usai Olahraga

Credit Image - wellbeing.com.au

Menyantap salmon dengan ubi jalar setelah berolahraga sangat berguna untuk mengembalikan tenaga setelah lelah berolahraga. Tak hanya itu, ikan yang dikenal tinggi akan protein dan omega 3 ini bahkan bermanfaat dalam membantu meringankan peradangan otot pasca-olahraga.

Kamu dapat mengolah ubi dengan cara dipanggang atau ditumbuk. Namun, ingat. Jangan gunakan mentega dan krim berkalori tinggi saat mengolah ubi jalar. Sebaiknya gunakan minyak zaitun sebagai gantinya.

 

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan camilan sehat yang bisa kamu konsumsi setelah berolahraga. Studi menyebutkan bahwa kacang mengandung lemak sehat yang terdiri dari lemak tak jenuh tunggal, ganda, serta omega 3.

Berkat kandungan tersebut, kacang-kacangan dinilai dapat membantu mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi setelah berolahraga, antara lain kacang almond, kacang hazel, atau kacang kenari.

 

5. Air Mineral atau Minuman Elektrolit

5 Jenis Pilihan Makanan Sehat, Baik Dikonsumsi Usai Olahraga

Credit Image - medicalnewstoday.com

Tidak hanya makanan, kamu juga harus mencukupi kebutuhan cairan setelah berolahraga agar tetap terhidrasi. Minum air mineral sebenarnya sudah cukup jika kamu berolahraga kurang dari 1 jam. Namun, jika kamu berolahraga lebih lama, dianjurkan untuk mengonsumsi minuman elektrolit.

Minuman elektrolit sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga karena dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat, serta dapat mengatur tekanan darah dan menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh.

Kamu boleh juga mengonsumsi minuman sehat lainnya, seperti susu cokelat rendah lemak atau smoothie berisi paduan yoghurt, susu almond, dan buah pisang atau apel.

Selain memperoleh nutrisi dari makanan sehat, agar manfaat olahraga semakin terasa – dan energi dapat dikembalikan usai beraktivitas fisik, kamu juga dianjurkan mengonsumsi multivitamin Enervon yang memiliki kandungan lengkap.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Yuk, segera dapatkan produk Enervon andalanmu di sini, konsumsi secara rutin, dan rasakan manfaat baiknya!

 

Jadi, itulah deretan makanan sehat yang baiknya dikonsumsi usai berolahraga. Jangan sembarang pilih asupan setelag beraktivitas fisik, ya!

 

 

Featured Image – eatingwell.com

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!