5 Sayuran untuk Tingkatkan Imunitas, Sudah Rutin Dikonsumsi?

5 Sayuran untuk Tingkatkan Imunitas, Sudah Rutin Dikonsumsi?

font size A Ǎ

Sudah bukan rahasia lagi kalau kamu seringkali menemukan hidangan berbahan sayur-mayur di Indonesia. Diolah menjadi hidangan utama, makanan pendamping, hingga camilan ringan – membuat sayuran tidak bisa dipisahkan dalam menu harian.

Nah, tahukah kamu kalau sayuran yang dikonsumsi sehari-hari pun dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh? Ya, imunitas kuat sangat diperlukan demi melindungi tubuh dari infeksi penyakit berbahaya, termasuk Covid-19.

Berikut ini 5 jenis sayuran yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Baiknya dikonsumsi setiap hari!

 

 

1. Bayam

5 Sayuran untuk Tingkatkan Imunitas, Sudah Rutin Dikonsumsi?

Credit Image - mm49mall.com

Tanaman hijau kegemaran tokoh kartun Popeye ini bisa ditanam di mana saja dan bisa tumbuh sepanjang tahun. Bayam memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurut Keri Glassman, MS, RD, CDN, ahli nutrisi dan makanan sehat asal Amerika Serikat (AS), setiap daun bayam kecil mengandung komponen seperti klorofil dan karotenoid beta-karoten, lutein, dan zeaksantin yang dapat memperkuat penglihatan dan sistem kekebalan tubuh.

Kamu disarankan untuk makan dua cangkir sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, setiap harinya. Porsi tersebut hanya mengandung 14 kalori, menawarkan lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin A harian, kira-kira 30 persen dari jumlah folat dan vitamin C harian yang direkomendasikan, serta banyak vitamin K.

Konsumsi bayam secara teratur juga dapat membantu menghambat penuaan dini dan mencegah anemia, lho!

 

2. Sawi

Sayuran yang satu ini sepertinya kerap ditemukan di menu makanan sehari-hari, ya? Memang, tidak sedikit masakan Indonesia yang menggunakan sawi, seperti bakso, mi ayam, tumis sawi, hingga dibuat keripik sawi.

Sawi, termasuk pakcoy, termasuk sayuran hijau yang mengandung zat gizi lengkap yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan gizi. Konsumsinya yang memadai dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

 

3. Tomat

5 Sayuran untuk Tingkatkan Imunitas, Sudah Rutin Dikonsumsi?

Credit Image - kompas.com

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry tahun 2012, konsumsi tomat membantu mencegah flu dan pilek pada partisipan laki-laki. Kedua masalah kesehatan ini diyakini berakar dari kurangnya kadar karotenoid (pigmen organik pada tumbuhan), termasuk rendahnya jumlah likopen dan beta-karoten dalam tubuh kita.

Kandungan utama dalam tomat adalah likopen yang manfaatnya pada tubuh besar sekali. Di samping itu, tomat juga mengandung vitamin C dan A yang baik untuk tubuh.

Tomat bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus, saus, atau makanan lainnya. Untuk mendapatkan konsentrasi likopen yang lebih besar, kamu disarankan untuk memasak tomat terlebih dulu.

 

4. Brokoli

Tanaman hijau keluarga kubis-kubisan ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Para ibu biasa mencampurkan rebusan brokoli ke dalam makanan bayinya. Memiliki nama latin Brassica oleraceae, brokoli memiliki manfaat yang digunakan untuk pemenuhan gizi terkait dengan kesehatan tubuh.

Menurut laporan dalam Food Science and Technology International tahun 2012, konsumsi brokoli dapat meningkatkan status kesehatan, terutama karena sifat antioksidan dan antikarsinogenik. Beberapa senyawa bioaktif yang ada dalam brokoli berpengaruh positif terhadap sistem kekebalan tubuh bagi individu yang mengonsumsinya. 

Selain berperan untuk meningkatkan imunitas, brokoli juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, katarak, anemia, dan berbagai jenis kanker.

 

5. Kangkung

5 Sayuran untuk Tingkatkan Imunitas, Sudah Rutin Dikonsumsi?

Credit Image - doktersehat.com

Kangkung selalu menjadi sayur andalan yang digemari masyarakat Indonesia. Siapa sangka, kangkung yang kita konsumsi sehari-hari cukup berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal BioEksakta tahun 2019, kandung memiliki kandungan gizi yang baik dan salah satu sumber vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun dari efek buruk radikal bebas.

Selain itu, kangkung juga dikatakan merupakan sumber baik vitamin A, B, mineral, asam amino, kalsium, fosfor, karoten, dan zat besi. Kangkung juga mudah ditanam dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

 

6. Optimalkan Imunitas dengan Gaya Hidup Sehat Lainnya!

Selain mengonsumsi deretan sayuran di atas, memaksimalkan kekebalan tubuh juga dapat dioptimalkan dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dan, untuk melengkapi hidup sehatmu, optimalkan kecukupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi multivitamin dari Enervon. Ingat, asupan keduanya juga berperan penting dalam menjaga kekebalan, lho!

Konsumsi  Enervon-C memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg yang mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar selama berkegiatan seharian.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active, proses metabolisme juga semakin maksimal, berkat kandungan vitamin B kompleks yang akan mengubah makanan menjadi sumber energi untuk beraktivitas seharian penuh.

Untuk anak-anak, dapat diberikan Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Dan bagi usia lanjut, dapat diberikan multivitamin Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Untuk mendapat produk Enervon pilihamu, segera kunjungi official store-nya di sini, ya!

 

Wah, ternyata kelima jenis sayuran di atas bisa mendatangkan banyak manfaat baik bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh. Yuk, rutin konsumsi sejumlah sayur tersebut!

 

 

Featured Image – delish.com

Source – idntimes.com

 

 

 

 

 

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!