Ini 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Ini 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Di kondisi serba tak menentu, sakit tenggorokan menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering menyerang. Kondis ini disebabkan karena adana peradangan di tenggorokan – dan akhirnya membuat bagian leher terasa panas, kering, nyeri, bahkan sulit untuk menelan.

Tak perlu khawatir, ada berbagai cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan yang dapat kamu lakukan dengan mudah, kok. Haruskah konsumsi obat-obatan? Tidak selalu, lho. Kamu bisa mengatasinya dengan cara yang alami, hingga mencegahnya dengan konsumsi multivitamin.

Nah, gak perlu lama-lama, berikut ini 5 cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan yang mudah dilakukan. Simak informasinya secara lengkap, ya!

 

 

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Ini 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Credit Image - health.kompas.com

Nah, sebelum memasuki bahasan cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan, ada baiknya kamu mengetahui dahulu penyebab kondisi ini. Jika sudah tahu penyebabnya, kamu pun akan lebih mudah untuk mengambil tindakan penanganan, ya.

Perlu diketahui bahwa sakit tenggorokan tidak hanya bisa disebabkan oleh satu hal saja, lho. Namun, banyak kondisi yang mampu memicu keluhan tersebut, misalnya penyakit akibat infeksi virus, bakteri, alergi, dan Covid-19 yang tengah meningkat kembali penularannya.

Berikut beberapa penyebab sakit tenggorokan saat menelan yang perlu diperhatikan.

1. Infeksi Virus

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala umum akan infeksi beberapa virus, misalnya seperti: 

  • Pilek
  • Flu
  • Mono – atau mononukleosis
  • Campak
  • Cacar air
  • Croup – yakni penyakit masa kanak-kanak umum yang ditandai dengan batuk yang keras dan menggonggong

 

2. Infeksi bakteri

Sejumlah infeksi bakteri bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan. Contoh yang paling umum adalah Streptococcus pyogenes (grup A streptococcus) yang menyebabkan radang tenggorokan – dan membuat tenggorokan sakit saat menelan.

 

3. Penyebab Lainnya

Selain infeksi virus dan bakteri, terdapat beberapa penyebab lain yang juga dapat memicu terjadinya sakit tenggorokan. Berikut adalah beberapa penyebab lain tersebut, antara lain: 

  • Alergi. Seperti alergi terhadap bulu hewan peliharaan, jamur, debu, dan serbuk sari dapat menyebabkan sakit tenggorokan
  • Udara yang kering. Udara dalam ruangan yang kering dapat membuat tenggorokan terasa kasar dan gatal, sehingga memicu sakit tenggorokan
  • Paparan bahan kimia yang mengiritasi tenggorokan. Contohnya asap rokok, alkohol, hingga polusi udara
  • Ketegangan otot (muscle tension) akibat berteriak atau berbicara dalam waktu yang lama
  • GERD
  • Tumor

 

4. Covid-19

Sakit tenggorokan di tengah pandemi Covid-19juga tak boleh dianggap remeh. Terutama jika keluhan ini tidak kunjung membaik, dan disertai oleh gejala lainnya. Misalnya seperti demam, batuk kering, hidung beringus, hingga anosmia. Pasalnya, kondisi ini bisa menandai adanya serangan virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab penyakit Covid-19.

 

5 Tips Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Ini 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Credit Image - oviahealth.com

Seperti yang sudah disebutkan bahwa peradangan yang menyebabkan rasa sakit di tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Secara umum, rasa tak nyaman tersebut bisa mereda dengan sendirinya.

Tetapi, untuk mempercepat proses pemulihan, ada cara mengatasi sakit tenggorokan saat menelan yang dapat kamu lakukan di rumah, ya. Berikut ini 5 di antaranya.

1. Air garam

Cara mengatasi sakit tenggorokan saat menelan pertama, yaitu berkumur dengan air garam. Cara ini terbuktu ampuh membantu meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan, lho.

Berkumur air garam beberapa kali sehari dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak menggumpal, serta membantu membasmi bakteri di tenggorokan. Nah, cara ini dapat membantu dapat meringankan ketidaknyamananmu saat menelan.

Untuk membuat obat radang alami untuk mengatasi sakit tenggorokan ini, cukup mencapur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik.

Keluarkan, dan ulangi kumur air garam 3 – 4 kali dalam sehari. Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami ini sebaiknya rutin dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

2. Minum air putih yang cukup

Jika kamu mengalami radang tenggorokan bahkan sampai menyebabkan sulit menelan, kamu perlu lebih banyak minum cairan untuk mengurangi rasa sakit yang dialami. Cara ini pun tak kalah sederhana dari tips sebelumnya, lh.

Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari mengobati sakit tenggorokan akibat radang secara alami. Ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap.

Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk. Maka dari itu, kamu harus memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi agar kondisi tenggorokan tetap lembab.

Wah, cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan yang satu ini memang paling mudah untuk dilakukan, ya?

 

3. Madu dan perasan lemon

Tahukah kamu campuran keduanya bisa menjadi salah satu ramuan ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan ketika menelan?  Ya, madu memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Sementara, lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C. Lemon juga memiliki kandungan astringen yang dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Astringen yang terdapat lemon dapat meredakan pembengkakan pada tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Untuk mengolah kedua bahan alami ini menjadi obat sakit tenggorokan, kamu cukup campurkan 2 sendok madu dan perasan lemon secukupnya ke dalam secangkir air hangat atau teh.

 

4. Cuka apel dan garam

Cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan berikutnya adalah mengonsumsi campuran cuka apel dan garam. Meski terdengar campuran yang aneh, tapi keduanya memiliki peran untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, lho.

Cuka apel bersifat asam sehingga dapat menciptakan lingkungan yang menghambat virus dan bakteri untuk memperbanyak diri dan bertahan hidup.

Jika kamu tengah batuk hebat, ramuan ini dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Cukup dngan mencampur 1 sendok makan cuka apel dan 2 sendok teh garam – kemudian dilarutkan dalam segelas air hangat.

Jika diperlukan, gunakan campuran bahan ini sebagai obat kumur alami untuk mengatasi radang yang menyebabkan sakit di tenggorokan.

 

5. Kayu manis

Cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan yang terakhir, yaitu dengan menggunakan bahan dapur kayu manis.

Tidak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan atau kue saja, lho, namun kayu manis juga bisa menjadi obat alami yang manjur untuk mengatasi sakit tenggorokan termasuk yang disebabkan oleh radang.

Pasalnya, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Untuk menjadikan kayu manis sebagai obat sakit tenggorokan, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu.

Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat kamu bisa mengonsumsinya.

 

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan yang Perlu Diketahui               

Ini 5 Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Credit Image - alodokter.com

Siapa sih yang ingin sakit? Bahkan, sesimple sakit tenggorokan sekalipun, kondisi ini sudah cukup menganggu, kan? Untuk itu, ungkapan mencegah lebih baik dari mengobati memang harus diterapkan.

Cara untuk mencegah sakit tenggorokan yang paling mudah untuk diterapkan adalah menghindari kuman dan virus dengan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Hidup bersih dan sehat dapat diterapkan dengan menghindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan, mencuci tangan dengan air dan sabun secara rutin, menutup hidung dengan tisu setiap kali bersin, hingga menghindari menggunakan alat makan bergantian.

Selain itu, pastikan juga untuk menghindari bertemu orang yang sedang sakit dan membersihkan benda-benda personal dengan baik. 

Perihal gaya hidup sehat – hal ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, lho. Untuk itu, mulailah mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan cairan, istirahat yang cukup, dan mengelola stress dengan baik.

Dan, yang tak boleh dilupakan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon yang memiliki kandungan vitamin lengkap. Deretan multivitamin yang satu ini dianjurkan dikonsumsi dua kali sehari.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg yang bisa memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Jadi, untuk memaksimalkan kesehatan, yuk, segera dapatkan produk Enervon andalan di official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Nah, itulah beragam cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan yang dapat kamu coba di rumah. Jika sedang mengalaminya, segera lakukan tips di atas untuk meredakan rasa sakit tersebut!

 

 

Featured Image – honestdocs.id

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!