Kamu merasa lelah dan tidak fokus saat bekerja? Mungkin kamu sedang mengalami stress akibat beban kerja yang menumpuk. Jika hal ini tidak segera diatasi, stress bisa naik level menjadi depresi.

Kamu tidak boleh menganggap remeh stress karena penyakit ini sudah masuk kategori gangguan mental. Stress karena beban kerja bukan saja berdampak buruk bagi kamu sebagai karyawan, tapi juga bisa mengganggu bisnis. Dan kalau sudah stress, pelariannya bisa kemacam- macam, misalnya ke merokok, atau konsumsi alkohol.

Apa saja tanda- tanda stress karena beban kerja? berikut ini ulasannya.

1. Sulit berkomunikasi

Credit: dictio.id

Ketika kamu sudah stress karena beban kerja, kamu akan merasa malas sekali untuk berbincang dengan siapapun di kantor. Rasanya seperti tidak mood dalam berkomunikasi. Saat terpaksa harus ngobrol pun, kamu hanya seperlunya saja.

2. Kehilangan fokus

Credit: meramuda.com

Ciri- ciri lain stress karena beban kerja adalah kesulitan untuk berkonsentrasi. Kamu sudah kehilangan gairah untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Mungkin kamu mencoba untuk tetap menyelesaikan tugasmu, tapi pikiranmu tidak fokus. Ketika kamu sudah mengalami hal ini, produktivitas atau kinerja pun jadi terganggu, lambat, dan kemungkinan kamu bisa melakukan kesalahan saat bekerja.

3. Suka datang terlambat atau tidak masuk kantor

Credit: qerja.com

Ketika kamu mengalami stress karena beban kerja, kamu jadi malas untuk berangkat ke kantor, dan seringkali kamu tidak tiba tepat waktu. Misalnya, seharusnya kamu masuk jam 8 pagi, tetapi baru sampai kantor jam 11 siang dengan alasan ada urusan.

Kamu akan mencari berbagai alasan untuk telat. Dan jika alasan sudah habis, kamu akan menggunakan jatah izin sakit untuk tidak masuk.

4. Tidak peduli dengan kesehatan dan penampilan

Credit: liputan6.com

Namanya sudah stress karena beban kerja, ke kantor saja kamu sudah merasa malas, apalagi memikirkan soal penampilan dan kesehatan. Pakaian dan dandanan kamu pun jadi seadanya saja ke kantor. Dan sikap cuek ini bisa berdampak pada kesehatan kamu, lho.

Makan jadi tidak teratur, pikiran kemana- mana, lemas, letih, lesu sehingga memicu sakit kepala, sakit perut, mulut kering, flu dan batuk, otot kaku, kram, dan irama jantung yang berdetak lebih cepat.

5. Jadi mudah marah

Credit: hellosehat.com

Stres karena beban kerja bisa menyebabkan kamu menjadi lebih sensitif. Kalau kamu lagi bad mood karena stres dan diganggu dengan hal- hal yang tidak disenangi, maka kamu akan bereaksi berlebihan atau jadi mudah marah.

Bagi orang yang tidak mengerti kondisimu, sikap ini tentu akan memperburuk hubunganmu dengan atasan, rekan kerja, maupun klien.

 

Nah, jadi sekarang kamu sudah tau kan tanda- tanda stress karena beban kerja? kalau kamu mengalami kelima tanda tersebut, sebaiknya atasi dengan cara mengambil cuti dan pergi berlibur, bermeditasi atau olahraga, jalani hobi kamu, dan jangan lupa selalu luangkan waktu untuk me time.

 

Featured Image - http://incentiveandmotivation.com