Makan makanan untuk kesehatan jantung memberikan banyak manfaat, seperti menurunkan kadar kolesterol, kadar gula darah, menstabilkan tekanan darah, dan menjaga berat badan.

Diet sehat alami untuk kesehatan jantung ini terasa nikmat. Banyak diet lain yang memiliki banyak aturan tentang apa yang tidak boleh makan. Sedangkan, diet sehat alami untuk kesehatan jantung lebih baik fokus pada apa yang boleh kamu makan.

Apa saja tips diet sehat alami tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Makan lebih banyak ikan

Credit: cheatsheet.com

Ikan adalah sumber protein dan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. beberapa ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stoke.

2. Makan lebih banyak sayur, buah, kacang, dan whole grain

Credit: crackerbarrel.com

Diet sehat alami dengan mengonsumsi makanan tumbuhan sangat bermanfaat untuk melawan penyakit jantung. Kamu bisa mendapatkan nutrisi, serat, dan banyak variasi dari berbagai macam sayuran yang kamu olah dalam berbagai cara.

3. Hindari trans fat buatan

Credit: prevention.com

Lemak jenis ini dapat meningkatkan level kolesterol jahat dalam tubuh. Makanan yang mengandung trans fat termasuk makanan yang dipanggang, makanan ringan seperti popcorn, pizza beku, makanan cepat saji, mentega batang, creamer kopi, dan makanan beku siap saji.

Sebelum membeli makanan kemasaan, sebaiknya periksa daftar komposisi di dalam kemasaan makanan tersebut dan liat apakah ada bahan “partially hydrogenated oils” ini adalah trans fat.

4. Batasi kadar lemak jenuh tidak lebih dari 7% sampai 10% kalori

Credit: jawapos.com

Dalam menjalani diet sehat alami, coba cek label makananmu untuk melihat berapa banyak lemak jenuh yang terkandung dalam satu porsi mentega, margarin, saus untuk salad, makanan yang digoreng, makanan ringan, makanan manis, dan kue- kue.

5. Ketika menggunakan lemak tambahan, pastikan kamu menggunakan monosaturared atau polyunsaturated fats

Credit: kumparan.com

Seperti lemak yang terkandung dalam minyak canola, minyak zaitun, dan minyak kacang. Kamu tetap harus membatasi penggunaannya, meskipun jika itu adalah lemak yang baik, karena tetap tinggi kalori.

6. Konsumsi makanan yang mengandung protein

Credit: rd.com

Makanan yang berbahan dasar ikan, potongan daging tanpa lemak, daging unggas (tanpa kulit), olahan susu rendah lemak atau tanpa lemak, biji- bijian, kacang- kacangan, tahu, dan tumbuhan polong baik dikonsumsi untuk diet sehat alami,

7. Batasi penggunaan garam

Credit: nhs.uk

Ketika menjalani diet sehat alami untuk kesehatan jantung, sebaiknya batasi penggunaan garam dalam masakan. Hal ini akan membantumu mengontrol tekanan darah.  Banyak orang yang mengonsumsi sodium dan garam berlebih, dan kebanyakan berasal dari makanan kemasaan.

 

Featured Image - esmmweighless.com