Sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada satu pun orang di dunia yang bisa tahu persis sampai berapa lama dirinya hidup. Namun, tahukah kamu bahwa ada beragam cara yang dapat dilakukan supaya panjang umur dan sehat selalu?

Ya, tak perlu cara repot, ada tips panjang umur sederhana yang bisa diterapkan sedini mungkin.

Kebanyak orang berpikir faktor genetiklah yang menentukan seseorang berumur panjang. Tetapi nyatanya, faktor gaya hidup dan pola makan sehat juga tak kalah pentingnya, lho. Sebuah studi dari Johns Hopkins pada 6.200 partisipan pria dan wanita selama delapan tahun menemukan bahwa gaya hidup sehat mengurangi kemungkinan kematian dini hingga 80 persen.

Berikut ini 7 hal yang dapat kamu terapkan untuk memperpanjang usia. Yuk, simak informasi lengkapnya sampai selesai!

 

 

1. Tidur yang Cukup

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Tidur jadi aktivitas yang paling ditunggu-tunggu setelah seharian beraktivitas. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam per malam untuk menjaga kesehatan. Sudahkah kamu istirahat cukup setiap malamnya?

Sayangnya, banyak orang justru kurang tidur. Padahal, waktu tidur cukup meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan stres, sehingga kamu lebih berstamina keesokan harinya. Manfaat tidur cukup membantu supaya kamu panjang umur dan mencegah penuaan dini. Ini juga akan menjauhkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.

 

2. Rutin Berolahraga

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga rutin membantumu berumur panjang dengan cara menyehatkan jantung dan paru, menjaga daya tahan tubuh, membantu meredakan stres, serta menghindarimu dari risiko gangguan kesehatan mental.

Lantas, apa yang bisa terjadi jika kamu malas berolahraga? Lama kelamaan tubuh menjadi kurang bugar, lho. Jika kamu malas olahraga sendirian, maka coba carilah aktivitas berkelompok yang menyenangkan, seperti futsal, tenis, bulu tangkis, atau olahraga boot camp.

Selain membuat tubuh lebih fit, interaksi sosial dengan orang lain selama olahraga juga bisa menjauhkanmu dari stres, lho.

 

3. Konsumsi Makanan Pedas juga Membantu Memperpanjang Usia

Credit Image - healthline.com

Siapa yang menyangka bila salah satu tips panjang umur ialah dengan mengonsumsi makanan pedas. Manfaat makan pedas ini datang berkat kandungan capcaisin di dalamnya, lho. Hal yang satu ini pun sepertinya masih jarang diketahui banyak orang.

Studi yang diterbitkan American Heart Association menemukan bahwa orang yang suka makan cabai 26% lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dunia akibat penyakit jantung daripada orang yang tidak menyukainya.

Meski begitu, Anda tidak boleh makan secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang malah bikin sulit tidur nyenyak pada malam hari.

 

4. Menghabiskan Waktu Bersama Orang Tercinta

Manusia tidak bisa hidup tanpa sesamanya. Itulah kenapa interaksi sosial dan hubungan dekat dengan orang-orang tercinta bisa membuat kamu lebih panjang umur. Dengan alasan yang sama, meluangkan waktu untuk berakhir pekan bersama keluarga, teman, maupun pasangan tentu bisa membantumu lebih bahagia.

Cukup dengan curhat sambil menonton TV di sofa ruang keluarga, jalan-jalan di taman kota, atau sembari ngopi di kafe terdekat juga sama bermanfaatnya.

 

5. Main TTS, Puzzle, atau Sudoku

Credit Image - ph.news.yahoo.com

Apabila kamu punya banyak waktu luang, cobalah untuk bermain catur, menyusun puzzle, main sudoku, atau mengisi teka-teki silang (TTS) pada koran atau buku TTS. Berbagai permainan otak tersebut tentu membutuhkan kejelian tinggi.

Beberapa studi menyatakan bahwa permainan otak akan melatihmu untuk terus berpikir, menganalisis, meningkatkan daya ingat, hingga mempertahankan kecerdasan emosional. Karena itulah, berbagai kegiatan tersebut dinilai dapat mengurangi risiko pikun, demensia, hingga penyakit Alzheimer.

 

6. Banyak Senyum dan Tertawa

Tersenyum merupakan salah satu cara paling mudah untuk panjang umur. Saat kamu tersenyum atau tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membantu memperbaiki mood. Selain itu, hormon endorfin juga membantu melancarkan aliran darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Uniknya, manfaat ini tetap bisa diperoleh saat pura-pura tersenyum atau tertawa. Dengan memaksakan diri tersenyum, kamu telah “mengelabui” tubuh agar percaya bahwa semuanya baik-baik saja sehingga stres pun perlahan menghilang.

 

7. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian

Credit Image - chs.asu.edu

Selain menerapkan tips di atas, yang pasti untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu dalam jangka panjang, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan nutrisi yang dapat memaksimalkan fungsi organ sekaligus menguatkan daya tahan tubuh.

Tetap pertahankan kesehatan tubuh dengan mengonsumsi berbagai menu bergizi seimbang, tidur yang cukup setiap harinya, olahraga teratur, hingga mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah merasa lelah, sehingga dapat beraktivitas secara maksimal.

Untuk memaksimalkan kesehatan, dianjurkan pula mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Kamu direkomendasikan memilih rangkaian multivitamin dari Enervon yang dapat dikonsumsi segala usia!

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg yang bisa memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Yuk, segera dapatkan multivitamin dari Enervon dengan mengunjungi official store-nya, konsumsi secara rutin, dan rasakan manfaat baiknya.

 

Melakukan hal di atas dapat membantu memperpanjang usia, lho. Yuk, mulai lakukannya sedini mungkin!

 

 

Featured Image – fajarpendidikan.co.id

Source – hellosehat.com