Pernah mengalami badan gemetar dan lemas? Ya, sepertinya, kondisi ini kerap dialami secara tiba-tiba, sehingga cukup sulit untuk mengetahui apa penyebabnya. Hal tersebut pun bisa dialami siapa saja – dan dari berbagai usia, lho.

Penyebab badan gemetar pun bisa beragam, mengingat masing-masing tubuh manusia memiliki metabolisme dan daya tahan tubuh yang tidak sama. Ini pun bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang cukup serius, jadi, jangan disepelekan, ya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan jika mengalaminya? Tenang, ada berbagai cara mengatasi badan lemas dan gemetar yang mudah dilakukan. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Memenuhi Kebutuhan Asupan Makanan

Credit Image - helpguide.org

Penyebab badan gemetar dan lemas yang pertama karena asupan makanan yang tidak terpenuhi. Saat asupan tidak terpenuhi dengan baik, maka pastinya tubuh juga tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Per harinya, manusia harus mendapat nutrisi yang cukup supaya bisa beraktivitas dengan lancar. Kandungan nutrisi yang dibutuhkan berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral. Semua kandungan nutrisi ini bisa berbeda-beda kadar jumlahnya tergantung dari aktivitas yang dilakukan.

Misalnya, jika kamu memiliki aktivitas di luar ruangan yang padat, maka asupan karbohidrat dan protein sangat diperlukan, lho. Kekurangan nutrisi karena asupan makanan yang tak sepadan ini yang bisa memicu penyebab badan gemetar dan lemas.

Jika kamu mengalaminya, maka cara mengatasi badan lemas dan gemetar ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Mudahnya, kamu bisa menerapkan pedoman gizi seimbang agar kebutuhan nutrisi bisa tercukupi dengan baik.

 

Mencukupi Waktu Istirahat

Cara mengatasi badan lemas dan gemetar yang selanjutnya, yaitu mencukupi waktu istirahat.

Kurangnya waktu istirahat seperti kurang tidur sudah pasti bisa menjadi salah satu penyebab badan muda lemas, lho. Biasanya, hal ini dialami ketika siang hingga sore hari. Sebab, kondisi badan menjadi drop pada waktu-waktu tersebut jika kurang tidur.

Normalnya, orang dewasa akan membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per harinya. Jika kurang dari angka tersebut, kondisi tubuh bisa melemah. Saat tidur, maka sel-sel dalam tubuh akan beregenerasi dan memulihkan tenaga setelah seharian beraktivitas.

Kalau kamu kekurangan waktu untuk istirahat, maka sel tubuh tidak bisa memulihkan tenaga dengan maksimal sehingga tubuh bisa cepat lemas, bahkan hingga gemetaran. Dan jika kamu sudah mencukupi waktu istirahat, tubuh pun tidak mudah terserang penyakit.

 

Rutin Berolahraga

Credit Image - economictimes.indiatimes.com

Ternyata kurang berolahraga juga bisa menjadi salah satu indikasi penyebab badan gemetar dan lemas. Ketika melakukan aktivitas fisik, maka kapasitas pengantaran oksigen ke jantung bisa meningkat sehingga pendistribusian oksigen bisa semakin lancar.

Dengan pendistribusian oksigen yang lancar, maka sel-sel tubuh akan memperoleh energi untuk melakukan aktivitas seharian. Namun, jika asupan oksigen tidak bisa disalurkan dengan baik, maka tubuh menjadi mudah lelah.

Olahraga yang rutin bukan berarti harus melakukan gym atau kardio setiap harinya, kok. Kalau kamu punya waktu yang terbatas, coba lakukan jogging atau senam ringan selama 1 jam per sesi olahraga. Dan, lakukan olahraga rutin sebanyak 3-5 kali dalam seminggu, ya!

 

Mengonsumsi Makanan Penambah Darah, Jika Alami Anemia

Salah satu penyebab badan gemetar dan lemas adalah anemia – yang merupakan kondisi tubuh di mana nilai hemoglobin darah menjadi sangat rendah. Hal ini akan ditandai dengan badan yang lemas, gemetar, mengantuk, mudah lelah, dan terlihat pucat.

Akhirnya, kurang bisa berkonsentrasi dalam kegiatan sehari-harinya.

Penyebab anemia juga bisa bermacam-macam, mulai dari kekurangan zat besi, sedang haid, dan sebagainya.

Cara mengatasi badan lemas dan gemetar akibat anemia kamu dapat mengonsumsi makanan penambah darah yang tinggi zat besi dan kalsium. Di antaranya, seperti sayuran hijau, hati, kacang-kacangan, seafood, apel, dan pisang.

Namun, jika kondisi ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, ada baiknya segera periksakan diri untuk memastikan lebih lanjut serta melakukan pemeriksaan darah.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan

Credit Image - food.ndtv.com

Sering merasa gemetar dan lemas saat berada di luar ruangan atau setelah berolahraga? Penyebab gemetar dan lemas ini dikarenakan tubuh mengalami dehidrasi, lho.

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa terjadi karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Tubuh manusia hampir 70% terdiri dari cairan sehingga wajar saja kalau kita harus memenuhi asupan cairan per harinya, ya.

Cara mengatasi badan lemas dan gemetar karena dehidrasi pun mudah dilakukan. Cukupi mengonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya. Ingat, meski kamu sudah minum teh atau kopi, minuman tersebut tidak masuk hitungan, karena tubuh tetap membutuhkan asupan air putih yang cukup.

 

Cegah Tubuh Lemas, Tetap Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian!

Cara mengatasi badan lemas dan gemetar yang tak kalah pentingnya adalah mencukupi kebutuhan vitamin – yang juga berperan dalam proses metabolisme, sehingga pembentukan energi semakin maksimal.

Tidak hanya dari asupan makanan bergizi, vitamin bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg yang bisa memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Jadi, untuk memaksimalkan kesehatan, yuk, segera dapatkan produk Enervon andalan di official store-nya di Tokopedia.

 

Jika kamu mengalami kondisi yang satu ini, segera lakukan cara mengatasi badan lemas dan gemetar di atas agar aktivitas harian tidak terganggu!

 

 

Featured Image – yesdok.com

Source – orami.co.id