Obesitas merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang mengancam masyarakat di zaman modern. Dengan banyaknya hal yang serba instan, begitu pula dalam urusan makanan, membuat kelebihan berat badan rentan dialami.

Ditambah dengan gaya hidup sedentari, maka obesitas bukanlah kondisi yang tak mungkin dialami. Jangan dianggap sepele, berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit kronis yang mengancam jiwa, lho.

Untuk mencegah obesitas, ada berbagai pola makan yang sebaiknya diterapkan. Apa saja? Berikut ini 6 di antaranya!

 

 

1. Pilih Makanan yang Lebih Sehat

Credit Image - healthbenefitstimes.com

Memilih makanan yang sehat merupakan kebiasaan makan paling dasar untuk mencegah obesitas. Makanan sehat yang dimaksud yaitu makanan yang memiliki beragam kandungan zat gizi dan cara mengolahnya pun sehat.

Nah, contoh makanan sehat yang dapat kamu nikmati yaitu sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, telur, serta daging ayam dan sapi tanpa lemak.

Kemudian, cara memasak pun harus diperhatikan, lho. Coba masak dengan minyak sedikit, tidak merebus sayur terlalu lama – dan disarankan memilih bahan pangan segar daripada yang sudah dikemas atau diolah.

 

2. Makan Secukupnya

Cara mencegah obesitas selanjutnya adalah memperhatikan porsi makanan. Porsi makan yang besar menyebabkan asupan kalori yang juga besar. Jika kalori ini tidak digunakan sebagai energi untuk beraktivitas, bisa jadi lemak di tubuh.

Kelebihan kalori ini akan menjadi timbunan lemak tubuh, membuat berat badan naik, dan meningkatkan risiko obesitas. Untuk itu, kamu sebaiknya tidak makan dalam porsi besar jika tidak diseimbangkan dengan aktivitas yang sesuai, ya!

 

3. Konsumsi Camilan Sehat

Credit Image - tastingtable.com

Untuk mencegah obesitas, kamu perlu makan sesuai dengan waktunya, bukan ketika sangat kelaparan atau saat perut masih penuh. Namun, jika kamu merasa lapar tapi belum waktunya makan siang atau malam, maka konsumsi camilan juga direkomendasikan, lho.

Makan camilan dapat menunda rasa lapar dan mengisi kembali energi pada tubuh. Hanya saja, camilan tidak boleh dimakan dalam porsi besar. Hindari pula camilan yang mengandung tinggi gula atau garam sebagai cara untuk mencegah obesitas.

Makanan camilan harus dipilih secara cermat supaya tidak membuat asupan kalorimu melebihi batasan yang direkomendasikan.

 

4. Hindari Tidur Habis Makan

Tidur setelah makan tidak hanya menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan, tapi juga menyebabkan kenaikan berat badan. Mungkin, sebagian darimu sudah mengetahui kesalahan yang satu ini, ya?

Makan setelah tidur tidak direkomendasikan karena kalori dari makanan tidak terpakai secara maksimal dan membentuk tumpukan lemak di tubuh. tetapi, tidur setelah makan sering kali terjadi jika kamu makan menjelang waktu tidur malam.

Jadi untuk menghindarinya, lakukan aktivitas selain tidur setidaknya 3 jam setelah makan atau hindari makan mendekati jam tidur malam. Di samping itu, perhatikan porsi makanannya karena kebanyakan makan bisa membuatmu lebih mudah ngantuk.

 

5. Makan Secara Perlahan

Credit Image - beritagar.id

Kebiasaan makan sehat untuk mencegah obesitas juga mencakup bagaimana cara kamu menyantap makan. Supaya lebih nikmat, kamu tentu harus fokus dengan makanan yang sudah disajikan dan makan dengan tenang.

Dengan begitu, kamu dapat mengunyah makanan lebih baik dan tahu kapan waktunya harus berhenti makan.

Sebaliknya makan sambil melakukan aktivitas, seperti menonton televisi, mengecek media sosial, atau mengobrol, bisa membuat seseorang makan lebih banyak, lho. Kok bisa? Karena, kamu makan tanpa fokus mengunyah dan menikmati makanan itu sendiri, sehingga tanpa disadari kamu bisa menambah lauk-pauk atau nasi yang ada di atas meja.

 

6. Tetap Memenuhi Asupan Vitamin dan Mineral Harian

Dalam penerapan pola makan yang sehat guna mencegah obesitas, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral juga tak kalah pentingnya, lho. Selain menjaga kesehatan, kedua nutrisi tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta membentuk energi tubuh untuk beraktivitas seharian.

Selain dari asupan makanan bergizi, termasuk sayur dan buah-buahan, kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan rutin mengonsumsi rangkaian multivitamin dari Enervon.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Bagi kamu yang punya segudang aktivitas, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon pilihan kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Wah, gimana? Sudah cukup jelas ya informasi mengenai tips mencegah obesitas yang berkaitan dengan pola makan. Mulai sekarang, yuk terapkan hal-hal di atas!

 

 

Featured Image – food.detik.com

Source – hellosehat.com