Punya jadwal padat, bukan alasan untuk tak olahraga, lho!

Meski di tengah sibuknya pekerjaan, penting sekalimu untuk tetap mengatur jadwal olahraga rutin. Memang, deadline kantor kerap membuatmu mudah stres – untuk mengatasinya, olahraga bisa menjadi solusi tepat guna menyegarkan pikiran.

Sibuk bekerja seharian penuh dan pulang di malam hari, sebisa mungkin tetap luangkan sedikit waktu berolahraga, ya. Ibarat pelepas stres, aktivitas fisik ini memiliki manfaat untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Saat olahraga, peningkatan produksi hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa cemas dan stres, sehingga kamu pun menjadi rileks dan bahagia.

Lalu, bagaimana mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan? Kamu bisa menerapkan 6 tips berikut, yuk, simak di bawah ini!

 

 

1. Mengubah Gaya Hidup

Credit Image - workitdaily.com

Tips pertama ini merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum mengatur jadwal rutin untuk olahraga. Ya, mengubah gaya hidup agar rencana olahraga bisa berjalan dengan baik. Kamu tentu membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai kesibukan dan olahraga. Itu sebabnya, memperoleh waktu tidur yang cukup sangat diperlukan.

Selain itu, cobalah untuk tidur di waktu yang sama setiap harinya. Dan, kurangilah asupan kafein agar tubuh tetap bugar ketika bangun di pagi hari.

Menanamkan pikiran positif untuk dapat berolahraga juga bisa membantu meningkatkan motivasimu untuk rutin menjalankan kegiatan ini. Dengan begitu, kamu lebih siap untuk mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan, baik di pagi hari, di sela-sela jam kerja, maupun di malam hari.

 

2. Menggunakan Aplikasi Olahraga

Siasat pintar mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan adalah dengan mengunduh aplikasi olahraga. Cara ini dapat dilakukan untuk mencatat dan memantau keberhasilanmu dalam berolahraga.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa aplikasi olahraga dapat menarik minat olahraga, sehingga seseorang dapat meningkatkan kemampuan olahraganya melalui fitur-fitur yang tersedia.

Bahkan aplikasi olahraga yang ada kini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkanmu berolahraga. Atau, kamu bisa menentukan lokasi yang tepat beserta jadwal yang sesuai. Dan, bisa juga memilih pelatih pribadi dengan mudah lewat aplikasi.

 

3. Mengikuti Kelas Olahraga

Credit Image - healthdigest.com

Ingin mengikuti olahraga di malam hari? Jika iya, maka cobalah mengikuti kelas olahraga, karena ini merupakan salah satu cara membantumu berkomintmen dalam mengatur waktu aktivitas fisik di tengah kesibukan.

Olahraga setelah bekerja pasti menjadi waktu yang tepat untuk melepaskan stres setelah melalui berbagai kesibukan di hari itu. Nah, ketika tergabung di kelas olahraga, kamu pun akan lebih termotivasi untuk melakukannya, misalnya mengikuti kelas Zumba.

Jenis olahraga Zumba melibatkan pergerakan seluruh anggota tubuh mulai dari bahu hingga kaki. Irama musik dan atmosfer enerjik di kelas zumba ampuh membuatmu jadi lebih semangat berolahraga. Selain itu, rutin melakukan Zumba juga dapat menstabilkan tekanan darah dan peredaran darah ke jantung.

Tak hanya zumba, olahraga lain seperti yoga dan kickboxing juga bermanfaat bagi kebugaran tubuh. tapi intinya, pilihlah olahraga yang paling sesuai dan disenangi sehingga akan membuatmu lebih bersemangat mengikutinya.

 

4. Sediakan Waktu Olahraga di Mana Saja

Selalu ada cara untuk mengatur jadwal olahraga, meskipun waktu kamu dipadati dengan kesibukan. Salah satunya membiasakan diri untuk berjalan kaki di mana saja.

Contohnya, kamu bisa melakukan olahraga sederhana ini ketika hendak pergi-pulang kantor atau sedang berada di kantor. Seperti, menggunakan transportasi publik dan berjalan dari stasiun atau halte bus ke kantor. Jika memungkinkan, menggunakan tangga daripada lift juga disarankan, ya.

Berjalan kaki 30 menit sehari dapat menurunkan lemak dan meningkatkan kekuatan otot tubuh. Manfaat tambahan dari jalan kaki di antaranya menurunkan risiko gangguan jantung, stroke, dan memperkuat tulang.

 

5. Olahraga di Rumah Sembari Menonton Televisi

Credit Image - mufit.id

Kalau kamu beranggapan bahwa olahraga harus pergi ke gym, ini hal yang salah, lho. Kamu bisa melakukan olahraga di rumah, seperti lunges sembari menonton televisi. Kegiatan ini tentu jauh dari kata bosan, kan?

Caranya pun cukup mudah. Pertama-tama, lebarkanlah kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang. Tekuk lutut kiri hingga menyentuh lantai dan tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Lakukan 10 kali dalam 3 set, secara bergantian.

Setelahnya kamu bisa melakukan 20 kali push up 3 set, squats 20 kali dalam 3 set, maupun angkat barbel 3 set dalam 12 kali pengulangan. Dengan begitu, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam dan menghabiskan waktu di jalan hanya untuk berolahraga.

 

6. Jangan Lupa, Konsumsi Multivitamin untuk Boost Energi Tubuh!

Menyempatkan diri untuk berolahraga baik di pagi hari – sebelum beraktivitas, atau pulang kerja memang disarankan guna menjaga kesehatan dan meningkatkan energi tubuh.

Untuk meningkatkan energi, tak hanya berolahraga, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, apalagi yang berkaitan dengan vitamin B kompleks. Selain dari makanan, kedua nutrisi ini bisa diperoleh dengan konsumsi multivitamin, lho.

Direkomendasikan untuk meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, mari jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia.

 

Punya aktivitas padat? Jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk ogah berolahraga. Kamu masih bisa mengatur jadwal harian, lho. Silahkan terapkan di atas, ya!

 

 

Featured Image – muslimahdaily.com

Source – hellosehat.com