Awas, jangan kebanyakan makan di malam hari, nanti gemuk, lho! Kalimat ini sudah tidak asing di telingamu, kan? Dengan adanya saran tersebut, wajar saja banyak yang menghindari mengonsumsi makanan terlalu larut.

Memang, dalam ilmu kesehatan, kamu tidak disarankan makan di atas pukul tujuh hingga delapan malam. Sejatinya, makan di malam hari tidak selalu menjadi penyebab angka timbangan menjadi bertambah, kok. Justru, jumlah kalori berlebih yang menjadi penyebab utamanya.

Ketika asupan makan saat sarapan, makan siang, dan malam malam sudah terpenuhi, kemudian ditambah dengan asupan larut malam – maka jumlah kalori yang masuk akan bertambah. Apalagi, setelah itu tak ada aktivitas yang bisa membakar energi.

Bagaimana kalau masih ingin ngemil larut malam lantaran tak kuat menahan lapar? Nah tenang, ada beragam pilihan camilan sehat yang tidak menggemukkan badan. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

Kacang-kacangan

Credit Image - healthline.com

Konsumsi kacangan-kacangan sebagai camilan malam akan sangat pas buat kamu, nih. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah bisa jadi pengganti biskuit atau keripik tinggi kalori yang lebih sehat.

Ada banyak pilihan kacang yang nikmat dijadikan camilan malam. Mulai dari kacang tanah, almond, walnut, chickpeas, dan lain sebagainya. Konsumsi kacang-kacangan tidak hanya rasanya yang enak tapi juga aman dijadikan camilan malam, lho!

 

Granola

Saat ini camilan sehat yang rendah kalori sangat mudah didapat, granola salah satunya. Granola adalah camilan sehat yang terbuat dari campuran oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering. Bisa juga ditambahkan dengan madu atau gula pemanis lainnya dan minyak atau butter.

Granola menjadi pilihan tepat untuk ngemil di malam hari, karena relatif aman dikonsumsi. Kandungan serat dan nutrisi pada camilan ini cukup tinggi. Jadi, mengonsumsi granola tidak hanya sekadar camilan tapi juga bisa dijadikan asupan tambahan yang bergizi.

 

Mie Shirataki

Credit Image - foodspot.co.id

Sering kali mie instan menjadi solusi saat lapar di tengah malam. Membuatnya mudah dan rasanya pun sangat lezat. Tapi sayangnya mie instan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Makanan ini juga mengandung karbohidrat sederhana yang tinggi. Mie instan juga cukup sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Sehingga mengonsumsi mie instan di malam hari sangat tidak dianjurkan.

Tapi gimana kalau lagi kepingin konsumsi mie di malam hari? Nah, cobalah menggantinya dengan mie shirataki. Camilan malam yang satu ini relatif rendah kalori, yaitu hanya 70 kcal per 100 gram. Dan kamu pun bisa membumbuinya dengan bumbu dapur yang ada di rumah. Tapi, usahakan untuk tidak menggunakan minyak atau gula berlebih saat memasak, ya!

 

Bengkuang

Tidak banyak yang menyukai bengkuang. Walaupun demikian, bengkuang bisa menjadi salah satu alternatif sebagai pengganti camilan malam yang bisa kamu konsumsi. 

Bengkuang memiliki tekstur yang renyah dan mengandung air yang cukup tinggi. Sehingga bisa menjadi pengganti camilan malam yang asyik dan terasa segar karena kandungan airnya. Kandungan kalorinya pun cukup rendah. Selain itu, kandungan pada bengkuang sangat baik bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit.

 

Buah-buahan Rendah Gula

Credit Image - eatthis.com

Berbagai jenis buah-buahan juga bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan camilan malam yang lezat, lho. Buah bisa menjadi pilihan yang paling pas karena rasanya yang manis dan segar, ditambah lagi tidak memberatkan pencernaan untuk mencerna.

Tetapi kamu harus memerhatikan jenis buah yang dikonsumsi sebagai camilan malam. Pilih jenis buah-buahan dengan kadar gula yang rendah, seperti apel, semangka, melon, nanas, jeruk, dan lain-lain. Kalau bisa, hindari buah pisang, mangga, atau durian di malam hari.

 

Ragam Sayur-sayuran yang Mudah Diolah

Yang terakhir, ada pula beragam jenis sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi sebagai camilan di malam hari. Tapi, pilihlah jenis sayur yang mudah diolah dan dikonsumsi, ya.

Ada berbagai jenis sayur-sayuran juga bisa dikonsumsi sebagai camilan malam. Sayuran adalah makanan yang sehat untuk tubuh. Kalorinya yang rendah dan mudah bagi pencernaan untuk mengolahnya jenis makanan ini.

Jadi, akan lebih baik mengganti camilan malam tinggi kalori menjadi sayur-sayuran. Jenis sayuran yang bisa jadi camilan malam yang praktis dikonsumsi antara lain timun, tomat ceri, wortel, dan lain-lain.

 

Maksimalkan Kesehatan Tubuh, Penuhi Asupan Vitamin dan Mineral!

Credit Image - everydayhealth.com

Mengonsumsi camilan sehat, seperti di atas bisa membantu menjaga kesehatan tubuhmu, bahkan memaksimalkan proses penurunan berat badan. Namun, selamat diet, kamu juga wajib mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, lho.

Ada pun multivitamin yang direkomendasikan, yaitu Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Selain menjaga kekebalan tubuh, multivitamin andalanmu ini juga dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Segera dapatkan produk multivitamin Enervon-C di sini, ya!

 

Tak perlu takut lagi, bagi kamu yang ingin ngemil di malam hari tanpa khawatir berat badan bertambah, kamu bisa mengonsumsi deretan makanan ringan di atas yang sehat – dan juga kaya akan kandungan nutrisi.

 

 

Featured Image – productnation.co

Source – popmama.com