Jam kerja yang terlalu sibuk seringkali membuat pola hidup seseorang menjadi tak teratur. Akibat jam kerja yang begitu padat, banyak orang tidak disiplin dalam mengatur pola makan. Beberapa di antaranya bahkan sering lupa untuk meluangkan waktu berolahraga.

Jika ingin tetap sehat, kamu baiknya menjaga pola olahraga secara teratur. Apa saja olahraga sederhana yang mudah dilakukan sebelum bekerja? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan dicek ya!

1. Berlatih Memakai Barbel

Salah satu jenis olahraga fleksibel yang bisa kamu lakukan sebelum bekerja adalah latihan memakai barbel. Saat melakukan olahraga ini, kamu bisa menjajal beragam variasi gerakan. Contohnya seperti lunge bicep curl, squat, deadlift, serta lunge depan dan samping.

Dengan latihan mengangkat barbel, kamu bisa memperkuat jaringan otot serta menjaga kesehatan sistem peredaran darah. Aktivitas ini juga berkhasiat membakar 110 kalori dalam tubuh. Mantap sekali, bukan?

2. Jumping Jacks

Kamu bisa mengawali olahraga ini dengan berdiri tegap dan kaki rapat. Setelah itu, mulailah melompat sembari merentangkan tangan dan kaki. Jika sudah, atur kembali badan ke posisi awal dan ulangi gerakan tersebut berkali-kali. Kamu disarankan memulai gerakan ini selama satu menit agar badan sehat.

3. Melakukan Jogging

Bila mempunyai banyak waktu luang, kamu sebaiknya menjajal olahraga luar rumah seperti berjalan kaki atau jogging. Hilangkan rasa ragu untuk berjalan, lalu teruskan perjalanan dengan berlari cepat selama 30 menit. Ambilah waktu istirahat setiap 10 menit agar tubuh tidak terlalu lelah.

Melalui jogging, kamu bisa menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah secara optimal. Berlari secara rutin juga akan membakar 140 hingga 295 kalori. Jadi, jangan malas melakukan hal ini sebelum berangkat kerja ya!

4. Hip Abductor Side Lifts

Untuk mencoba olahraga ini, pertama-tama kamu harus berbaring terlebih dahulu sembari menghadapkan badan ke samping kanan. Saat itu, atur posisi tangan kanan terlipat menumpu kepala serta tangan kiri di pinggang. Kemudian, mulailah angkat kaki kiri secara perlahan dan turunkan lagi. Aktivitas ini baiknya dilakukan berulang-ulang selama 10-15 kali. Jika sudah, coba terapkan hal ini pada bagian tubuh sebelah kiri.

5. Menjajal Gerakan Cat Camel Stretch

Mulai olahraga ini dengan gerakan peregangan yang bertumpu pada kedua telapak tangan dan lutut. Setelah itu, kamu bisa melekukkan punggung hingga bagian perut terlihat. Lanjutkan aktivitas dengan meluruskan kembali punggung serta mendongakkan kepala hingag bagian punggung melengkung. Olahraga ini baiknya dilakukan sebanyak 4 – 5 kali sebelum bekerja.

6. Gerakan Yoga Dasar

Ada banyak gerakan yoga sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum berangkat kerja, salah satunya adalah pose pohon. Kamu bisa memulai pose ini dengan memasang posisi berdiri dengan satu kaki sembari mengangkat kaki lainnya. Saat mempraktekkan hal ini, atur juga kedua tangan seperti tengah bersedekap. Teruslah pasang posisi ini selama 1-2 menit. Jika sudah, ulangi gerakan ini dengan bertumpu pada kaki lainnya. Cukup mudah, bukan?

Demikian 6 olahraga sederhana yang patut dicoba sebelum bekerja. Semoga informasi di atas membantu kamu dalam menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Selamat mencoba keenam olahraga di atas ya!

Source

Feature Image - verywellfit.com