Amankah Mengonsumsi Vitamin C Dosis Tinggi? Ini Jawabannya!

Amankah Mengonsumsi Vitamin C Dosis Tinggi? Ini Jawabannya!

Sudah bukan rahasia lagi kalau vitamin C punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, apalagi menjaga sistem kekebalan. Inilah yang menjadi alasan mengapa kamu penting mendapat asupannya setiap hari.

Mendapat asupan asam askorbat dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Namun, yang menjadi pertanyaan, amankah jika mengonsumsi vitamin C dosis tinggi, apalagi jika dalam bentuk suplemen? Pasalnya, umumnya, orang mendapat vitamin ini dari buah dan sayuran.

Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Amankah Konsumsi Vitamin C Dosis Tinggi?

Amankah Mengonsumsi Vitamin C Dosis Tinggi? Ini Jawabannya!

Credit Image - healthline.com

Apakah kamu masih bingung, amankah untuk mengonsumsi vitamin C dosis tinggi dalam bentuk suplemen setiap harinya? Jawabannya, tentu saja aman, ya. Karena, vitamin ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Jadi, mendapat asupannya dari sumber makanan – dan multivitamin perlu dilakukan.

Dikutip dalam buku Vitamin C and The Common Cold menyebutkan bahwa konsumsi vitamin C dosis tinggi, sekiranya hingga 2000 mg per-hari, hal ini bisa membuat seseorang lebih bugar dan sehat. Lalu, orang yang mengonsumsi dosis vitamin tersebut dapat memperpanjang usianya sampai 30 tahun serta menghindari tubuh dari berbagai macam penyakit.

Vitamin C merupakan jenis vitamin larut air, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Kemudian, sisa zat yang tidak diperlukan akan dikeluarkan melalui urin. Jadi, jika kamu konsumsi minum suplemen vitamin C hingga 2000 mg, pastikan sudah minum air putih yang cukup agar manfaat baiknya bisa dirasakan secara optimal!

 

Manfaat Minum Vitamin C Secara Rutin

Ada beragam alasan mengapa banyak orang yang rutin mengonsumsi vitamin C, salah satu yang paling populer, yaitu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam perannya meningkatkan imunitas, vitamin ini dapat mendorong produksi sel darah putih – yang disebut limfosit dan fagosit.

Selain itu, konsumsi vitamin C dosis tinggi juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal bahaya dari radikal bebas. Menghindarimu dari berbagai masalah kesehatan, seperti batuk, pilek, maupun penyakit menular lainnya.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin C hingga 2000 mg, kemungkinan terpapar masalah kesehatan kian berkurang. Bahkan, vitamin C dapat mengurangi tingkat keparahan flu sampai 8 persen pada anak-anak = dan 14 persen pada orang dewasa, begitu informasi yang dikutip dari Hello Sehat.

Agar manfaatnya lebih terasa, kamu disarankan mengonsumsi vitamin C bersamaan dengan zinc. Vitamin dan mineral ini merupakan kombinasi terbaik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Zinc dapat membantu memaksimalkan penyerapan vitamin C. Mineral tersebut berperan untuk mengaktifkan sel T – merupakan sel yang mengendalikan respon imunitas dan menyerang sel pembawa penyakit.

 

Bagaimana dengan Pemilik Lambung Sensitif?

Amankah Mengonsumsi Vitamin C Dosis Tinggi? Ini Jawabannya!

Credit Image - blogs.insanmedika.co.id

Tidak hanya soal dosisnya, namun yang kerap dipertimbangkan dalam mengonsumsi suplemen vitamin C, yaitu amankah diminum bagi pemilik lambung sensitif? Bagi kamu yang punya permasalahan pencernaan ini, sebaiknya konsumsi jenis vitamin C yang bersifat non-acidic. Biasanya, berbentuk kalsium askorbat.

Jenis vitamin C kalsium askorbat dapat mengikat asam askorbat ke kalsium. Jadi, ini juga berfungsi untuk menetralkan keasaman. Vitamin C yang satu ini ideal untukmu yang memiliki perut ekstra sensitif, sehingga terasa lebih aman dan nyaman di lambung.

Namun, ada baiknya kamu tetap mengonsumsi vitamin C dalam keadaan perut sudah terisi, ya. Selain itu, hindari diminum bersamaan dengan makanan yang bersifat asam dan pedas. Karena, konsumsi keduanya secara bersamaan dapat memicu kenaikan asam lambung.

Jika ingin mengonsumsi buah yang mengandung asam, seperti kiwi, jeruk, maupun lemon alangkah baiknya tidak dibarengi dengan konsumsi suplemen vitamin C. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih jenis buah yang rendah asam – dan juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti alpukar, pisang, pepaya, dan jambu biji.

 

Suplemen Vitamin C yang Direkomendasikan

Untuk mencukupi asupan vitamin C dosis tinggi setiap harinya, kamu dapat mengonsumsi suplemen multivitamin yang juga dilengkapi dengan deretan vitamin dan mineral lainnya. Tentunya, minum suplemen juga lebih mudah dilakukan, apalagi bagimu yang sibuk – atau masih jarang mengonsumsi makanan bergizi.

Ada pun multivitamin yang direkomendasikan, yaitu rangkaian produk dari Enervon.

Mulai dari Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C 1000 mg yang memberimu sensasi rasa segar sepanjang hari. Mengonsumsi multivitamin ini aman dilakukan setiap hari, justru baik dilakukan agar kekebalan makin kuat!

Selain itu, multivitamin Enervon-C juga dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Tunggu apa lagi? segera dapatkan multivitamin Enervon dengan mengunjungi official store-nya di sini, ya!

 

Mengonsumsi vitamin C dosis tinggi secara rutin ternyata bisa mendatangkan manfaat baik, terutama menjaga kekebalan tubuh. Untuk itu, pastikan kamu sudah mendapatkan nutrisi ini setiap harinya.

 

 

Featured Image – health.detik.com

Source – hellosehat dan enervon.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!